Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Download Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari Lengkap

Download Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari Lengkap

Galeri Kitab Kuning - Berbicara tentang hadits berarti kita membicarakan sumber hukum ke-dua setelah al-Quran. Keberadaan hadits sebagai penjelas bagi al-Quran, disisi lain juga sebagai pembatas terhadap cakupan hukum dalam al-Quran. Kajian demi kajian senantiasa berkembang dari abad-keabad, seperti halnya al-Quran sebagai sumber hukum Islam yang pertama.

Ketika Rasulullah saw. masih hidup, memang penulisan hadits dilarang, hal ini sebagai upaya untuk menjaga keotentikan al-Quran, agar tidak terkontaminasi dengan selainnya. Namun, bukan berarti hadits tidak mendapatkan tempat istimewa dalam diri sahabat. Banyak diantara mereka yang tetap menghafal sejumlah besar hadits Rasulullah saw. 

Khalifah Umar bin Abdul Aziz, sebagai salah satu Khalifah pada dinasti Umayyah, diyakini sebagai pelopor penulisan dan kodifikasi hadits pertama kali. Walaupun penulisan hadits tersebut beluam dilakukan filter terhadap hadits Shahih dan Dhoif, namun jasa beliau tidak dapat diragukan lagi, sebagai sumbangsih besar atas keberlangsungan ajaran Islam. 

Selanjutnya pada abad berikutnya muncullah para ahli kodifikasi hadits, seperti Imam Bukhari dan Imam Muslim dengan kitab mereka masing-masing yang sngat terkenal. Serta dilanjutkan beberapa ulama yang mengikuti jejak langkah Bukhari dan Muslim, hingga akhirnya kumpulan kitab matan hadits tersebut biasa disebut dengan Kutubu al-Sittah (Enam Kitab Matan Hadits). 

Apakah anda berminat untuk mendapatkan keenam kitab tersebut? silahkan kunjungi Download Kutub Sittah [Enam Kitab Hadits] Gratis

Namun umat Islam ada saat itu tentu tidak cukup hanya memahami hadits dari makna secara kebahasaan belaka, hingga akhirnya muncullah sejumlah ulama yang menulis berkenaan dengan penjelasn hadits yang dimuat kitab tersebut. Salah satunya adalah kitab Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari yang ditulis oleh Ibnu Hajar al-'Asqalani.

Biografi Singkat Ibnu Hajar al-'Asqalani
Mungkin sebagian kita sering mendengar nama Ibnu Hajar al-'Asqalani, namun beluam tentu kita mengetahui lebih jauh siapa beliau sebenarnya. betul kan? Ibnu Hajar al'Asqalani, merupakan ulama besar bermadzhab Syafi'i, seorang mufti mesir. Beliau memiliki nama asli Ahmad bin Ali bin Hajar al-'Asqalani, beliau lahir pada 773 H, dan wafat pada 852 H. Beberapa gelar kehormatan yang disandang oleh beliau antara lain Syaikhul Islam, al-Hafidz al-Muthlaq, dan Amirul Mukminin dibidang hadits. Adapun julukan yang terkenal antara lain, Syihabuddin, dengan alam kunyah berupa Abu al-Hasan.

Kehidupan Ibnu Hajar al-'Asqalani di Mesir, secara tidak langsung membantu dalam pembentukan struktur keilmuannya. Mesir yang pada saat itu menjadi salah satu kota rujukan keilmuan para ulama [dan kota syam di daerah lainnya], setelah runtuhnya Baghdad pasca penyerangan bangsa Tartar. Kecerdasan dan keluasan ilmu Ibnu Hajar khususnya dibidang hadits, memiliki tempat tersendiri dikalangan para ulama, dan termasuk kategori ulama yang sangat disegani.

Sinopsis Singkat Kitab Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari
Kitab Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari, mungkin salah satu karya monumental Ibnu Hajar al-'Asqalani yang sangat terkenal. Kitab ini sebegai penjelas dari kitab Matan Hadits Shahih Bukhari. Walaupun terdapat kitab lain yang menjadi syarah  Shahih Bukhari, namun kitab ini terhitung istimewa. Selain penggunaan bahasa yang lugas dan mudah dipahami, analisa yang dipaparkan oleh pengarangnya mencakup berbagai aspek. Mulai dari segi kebahasaan atau gramatika, sampai pandangan para ulama fuqaha' dan Ahli Kalam, juga tidak luput dari tulisan dan kutipannya. Dan yang menarik adalah, seringkali Ibnu Hajar tidak memposisikan diri pada satu pendapat, namun beliau lebih memilih mengeksplor pendapat-pndapat yang ada.

Berkenaan dengan Kitab Shahih Bukhari, jika para pembaca ingin mendownloadnya, silahkan menuju link berikut ini : Download Kitab Shahih Bukhari PDF

Selain juga menuliskan perawi dari hadist secara lengkap, dibeberapa kesempatan beliau juga menilai sebuah hadits, Shahih atau tidak. Dengan menyadur beberapa riwayat lain dari kitab selain Shahih Bukhari sebagai endukung argumentasinya.

Hemat penulis, sepertinya apa yang dilakukan oleh Ibnu Hajar al-'Asqalani ini menjadi salah satu inspirasi bagi Imam Nawawi, beliau juga memilikikitab syarah salah satu matan Hadits yang enam, yakni hadits Shahih Muslim, dengan karyanya al-Minhaj Syarah Shahih Muslim.

Jika para pembaca ingin memiliki kitab al-Minhaj ini, silahkan menuju ada link  berikut : Download al-Minhaj Syarah Shahih Muslim Karya Imam Nawawi


Selain Kitab Fathul Bari ini, beliau juga memiliki karya lainnya, antara lain :



Keterangan Tentang Kitab  Fathul Bari

عنوان الكتاب : فتح الباري بشرح صحيح البخاري
المؤلف : الحافظ أحمد بن علي بن حجر العسقلاني
Name : Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari
Auhtor : Ahmad bin Ali bin Hajar al-'Asqalani
File : PDF
Size : 269 MB (Lengkap 17 Jilid)
Pages : ---
Year : ---
Published : ---
Publihser : Dar al-Thayyibah
Uploaded By : Abdurrohim Rhasya
Download From : archive.org

DOWNLOAD

Tag : Hadits
4 Komentar untuk "Download Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari Lengkap"

iZIN DOWNLOAD KANG,, HATUR NUHUN SMOGA AMAL IBADAHNYA DITERIMA ALLAH SWT

amin, semoga kitab fathul bari ini bermanfaat

Jazaakumullah semoga menjadi sedekah jariyah akang

Amin, terimakasih doanya, semoga terkabulkan

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top