Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Kitab Tafsir al-Thabari PDF

Kitab Tafsir al-Thabari PDF

Galeri Kitab Kuning – Sebagaimana dimaklumi Al-Quran sebagai sumber utama dalam Islam, memuat ajaran Islam yang sangat lengkap, disamping itu juga diyakini dapat menjawab segala macam problematika umat. Namun disisi lain, al-Quran tidak dapat dipahai secara harfiyah [laterlek] begitu saja, dibutuhkan semacam penjelas makna yang terkandung didalamnya. Dalam hal ini, Tafsir sebagai salah disiplin Ilmu senantiasa berkembang, kitab-kitab hadts dengan berbagai macam metode silih berganti bermunculan. 

Dinamika tersebut sebenarnya telah ada beradab-abad tahun yang lalu, dan sampai saat ini al-Quran masih terus dikaji dengan berbagai pendekatan. Sehingga muncullah Kitab Tafsir Klasik dan Tafsir Kontemporer.  Berkenaan dengan hal ini, kali ini kami akan memberikan informasi berkenaan dengan salah satu Tafsir yang terkenal dan sering dijadikan rujukan diberbagai forum pendidikan. Kitab Tafsir yang dimaksud adalah Tafsir al-Thabari.

Biografi Singkat Pengarang Tafsir al-Thabari
Mungki banyak diantara kita yang mendengar tentang kitab Tafsir al-Thabari, namun juga tidak menutup kemungkinan tidak mengenal bahkan tidak mengetahui siapa pengarangnya. 
Nama Pengarang Tafsir al-Thabari adalah  Muhammad bin Jarir Ibn Yazid Ibn Ghalib al-Thabari al-Amuli, yang memiliki alam kunyah Abu Ja’far. Beliau lahir pada tahun 225 H / 839 M di Iran, tepatnya di kota Amul, sebagai Ibukota Thabaristan, Dan wafat pada tahun 311 H atau sekitar tahun 923 M.

Al-Thabari yang diketahui telah hafal al-Quran sejak berumur 7 tahun ini memulai karir pendidikannya dari kampong halamannya sendiri, yakni Amul. Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya diberbagai negara, antara lain Rayy, Bashrah, Kufah Syiria hingga mesir. Selain situasi politik yang kondusif, lantaran hidup pada masa kejayaan Islam, beliau juga berada dalam keluarga yang memiliki nuansa pendidikan agama yang sangat baik.

Sinopsis Singkat Tafsir al-Thabari
Kitab Tafsir al-Thabari dikarang pada sekitar paruh abad ketiga Hijriyah. Dalam penulisan Tafsir al-Thabari yang memiliki nama asli Jami' al-Bayan 'An Ta'wil Ayi al-Quran ini selain memuat aspek Tafsir, beliau juga memberikn ulasan sejarah dan fiqih. Dan ditinjau dari kebahasaan, sepertinya beliau tidak jauh berbeda dengan Tafsir al-Qurthubi yang menyertakan berbagai macam syair-syair. Hal ini bertujua untuk memperkuat makna yang akan dipilih untuk dianalisa.

Ingin tahu tentang Tasfir al-Qurthubi? Silahkan baca Download Kitab Tafsir al-Qurthubi PDF

Disisi beliau seringkali mengenyampingkan pembahasan aspek gramatika [Nahwu], dan justru lebih menekankan analisi qira’ah, dan menjelaskan berbagai macam kecendrungan pemahaman diakibatkan berbagai macam qira’ah yang berbeda. Selain itu, al-Thabari juga seringkali memaparkan riwayat-riwayat ataupun pendapat dari kalangan sahabat, maupun tabi’in dan tabi’  tabi’in. 

Dalam aspek Fiqih, al-Thabari lebih memilih keluar dari perdebatan panjang para ahli fiqih. Al-Thabari memposisikan dirinya sebagai Mufassir yang tidak terikat pada madzhab fiqih tertentu, namun beliau tetap membahas dan acapkali memberikan penilaian atas dasar analisa yang ditemukan.
Semantara itu, dalam aspek tauhid atau ilmu kalam, al-Thabari seringkali ikut dalam diskusi dan pembahasan yang panjang. Apalagi ketika beliau harus memilah antara Ahlussunnah wa al-Jama’ah dengan pemahaman kaum Mu’tazilah.
Dari segi metode penafsian, Kitab Tafsir al-Thabari ini tergolong dalam tafsir bi al-Ma’tsur, dengan tahapan penafsirannya sebagai berikut :

Mula-mula beliau membahas ayat al-Quran dengan memaparkan makna terminologinya, dan terkadang juga menyinggung I’rab. Dan ketika tidak memiliki penguat pemahaman sebuah makna dai riwayat hadits, beliau menyadur berbagai macam syair-syair, untuk selanjutnya dibahas sesuai aspeknya.
Jika kebetulan anda ingin Download Kitab Tafsir al-Thabari, silahkan klik pada link berikut ini, sesuai dengan juz yang diinginkan.

Keterangan Kitab Tafsir al-Thabari
عنوان الكتاب : تفسير الطبري من كتابه جامع البيان عن تأويل آي القرآن

المؤلف : الشيخ محمد بن جرير الطبري
Name : Tafsir al-Thabari "Jami' al-Bayan 'An Ta'wil Ayi al-Quran"
Author : Muhammad bin Jarir al-Thabari
Editor : Dr. Basyar 'Awad Ma'ruf, Isham Faris al-Harsani
File : PDF
Size : 64.4 MB
Pages : ---
Year : 1994
Published / Cetakan : First (Pertama)
Publisher : Mu'assasah al-Risalah / Resalah Publisher - Beirut - Lebanon
Uploaded By : Abdurrohim Rhasya
Download From : archive.org
DOWNLOAD

Tag : Tafsir
7 Komentar untuk "Kitab Tafsir al-Thabari PDF"

benar2 sangat bermanfaat, terimakasih.. jazakallah ahsanal jaza'...^_^

Amin semoga kedepan Galeri Kitab Kuning semakin bermanfaat. terimakasih atas kunjungannya, dan semoga kitab tafsir al-Thabari ini juga bermanfaat

mas saya minta izin mau mendonwload kitab-kitab mas

Silahkan download dengan senang hati.. semoga kitab tafsir thobari ini bermanfaat untuk umat islam

Mohon maaf sebelum ny,,,, saya lihat jilid 1 itu isi ny jilid 4 mas,,,, mungkin ada kesalahan atau saya yang salah,,,,
Yg jelas ini benar2 bermanfaat,,,,
Terimakasih

Terimakasih atas masukannya mas, akan saya perbaiki, dan harap dimaklumi, sebab proses uploadnya juga manual

Sudah saya cek, jilid satu sesuai dengan isinya...

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top