Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Baca Buku Di Smartphone

Cara Baca Buku Di Smartphone

Baca Buku Di Smartphone - Bagi sebagian pihak yang menggunakan smartphone hanya untuk keperluan komunikasi belaka. Padahal yang namanya smartphone, tentu memiliki banyak fasilitas yang ditawarkan, baik untuk komunikasi, penyimpanan file, jepret foto, dengarkan musik. Dan fasilitas yang istimewa menurut kami, dia bisa berfungsi untuk Baca Buku. Berkenaan dengan hal tersebut, Galeri Kitab Kuning kali ini akan membahas Baca Buku Di Smartphone. Simak Ulasannya berikut ini.

Pengertian Smartphone

Smartphone secara bahasa terdiri dari dua kata, yaitu Smart dan Phone. Smart merupakan kata sifat, yang diambil dari bahasa Inggris, yang berarti cerdas. Sementara Phone, memiliki makna dasar Telephone, merupakan sebuah perangkat dan alat untuk berkomuniasi. Sehingga kalau digabungkan, maknanya menjadi demikian :

"Smartphone adalah sebuah perangkat alat komunikasi yang memiliki fitur dan fungsi lebih"

Dari pengertian ini, pasti sahabat banyak yang sudah memiliki Smartphone, misalnya berupa android. Maka jika kita perhatikan, smartphone tersebut memiliki fitur yang sangat banyak. Selain memiliki fungsi Utama, yaitu alat komunikasi, bisa dengan non visual, audio bahkan juga visual. Selain fungsi tersebut, ada juga fungsi sebagai alat perekam gambar, audio dan video. bahkan menjadi sumber informasi, dengan fasilitas connect ke jaringan Internet.

Manfaat Membaca Buku Di Smartphone

Pemilik Smartphone kadangkala tidak memiliki pengetahuan untuk memaksimalkan apa yang dimiliki. Banyak yang hanya menggunakan fasilitas utamanya, yakni digunakan untuk komunikasi. Nah, mungkin yang lebih parah ada yang punya smartphone bagus, namun hanya mengikuti tren saja. atau hp bagus tapi tak ada pulsa, makin parah deh. Artinya, Smartphone memiliki banyak manfaat yang didapat dari fungsi serta fitur yang dimiliki. salah satunya bisa dijadikan media membaca buku. 

Membaca buku di Smartphone setidak memiliki dua jenis. tergantung jenis dan format file yang digunakan. Ada yang buku berbentuk software, atau applikasi, sehingga buku tersebut terpasang pada smartphone, dan mungkin saja bisa di upgrade. dan tampilannya pun dinamis, tergantung pegebang dari buku tersebut. Dan yang kedua, Buku Versi PDF.  Untuk yang kedua ini, memiliki beberapa keunggulan. Lantaran File PDF seringkali berbentuk buku aslinya, sehingga tidak ada bedanya membaca buku asli dengan PDF nya. Seru kan? Selain itu, dibanyak perguruan tinggi, mahasiswa tidak pelu khawatir, karena buku versi PDF, yag dihasilkan dari scan buku aslinya, sah untuk dijadikan rujukan penelitian.

Aplikasi Untuk Membaca Buku Di Smartphone

Anda punya smartphone saja, dan ingin baca buku versi PDF, tentu tidak cukup, anda membutuhkan beberapa aplikasi untuk membukanya. Nah, aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membuka file format PDF? jawabannya, sangat banyak. Kali ini kami informasikan sebagian saja:

1. Adobe Acrobat Reader

Mungkin ini yang paling terkenal, jika anda jalan-jalan ke playstor, anda klik saja kata "PDF", pada pencarian, maka aplikasi ini kayaknya selalu mentereng diatas. apa saja keunggunlannya? Memang sepertinya aplikasi ini hanya untuk membuka file PDF, namun ternyata tidak. Aplikasi memiliki banyak keunggulan, antara lain sebagai PDF Converter. Aplikasi ini bisa mengubah file PDF ke word ataupun Excel. Selain ringan, juga Free. [Pasti suka yang gratisan], dan kapasitasnya hanya 11 MB.  Berminat? langsung saja download di Google Play

2. Google PDF Viewer

Aplikasi ini juga tidak kalah dengan, sebagai aplikasi yang bisa membuka file PDF, Google PDF viewer, sesuai dengan namanya walaupun tidak memiliki fitur convert, namun tetap direkomendasikan, selain kapasitasnya yang tidak terlalu besar, yakni hanya sekitar 6 MB, pasalnya sampai saat ini sudah sekitar satu juta pengguna. Dan yang perlu dicatat, aplikasi ini tetap memiliki fitru find text, yang memungkinkan penggunanya dalam mencari teks, serta bagi PDF yang tidak dikunci, bisa di ambil teksnya.

3. PDF Viewer

Lebih ringan dari dua aplikasi sebelumnya, ada PDF viewer yakni hanya 3 MB, tentu ini sangat menguntungkan karena tidak membebani memory dan RAM smartphone. Mungkin lantaran aplikasi ini open source atau free, dan ringan, akhirnya termasuk yang sangat diminati. Saat ini saja, aplikasi PDF Viewer ini telah didownload 31 ribu kali. Dan yang menarik, ketika telah terinstal, aplikasi ini mampu membaca berbagai file PDF yang tersimpan di smartphone dalam bentuk loker. Seperti ini tampilannya :

Tampilan PDF Viewer

4. WPS Office + PDF

Nah untuk aplikasi yang satu ini termasuk yang istimewa, bagaimana tidak selain dapat membuka file PDF, aplikasi ini menyuguhkan beberapa fitur lain, semisal bisa membuka dan membuat file word, excel, powerpoint dan lain sebagainya. Beberapa Smartphone baru, terkadang aplikasi ini sudah metenteng dan terinstal dengan baik, jadi tidak perlu download lagi. Namun, dengan banyaknya fitur yang dimiliki tentu kapasitasnya lumayan besar, sekitar 23 MB. Akan tetapi peminatnya juga tidak kalah dengan sebelumnya, bahkan hingga tulisan ini dibuat, aplikasi WPS Office + PDF ini telah digunakan dan di download sebanyak 944.000 kali.

Demikian beberapa aplikasi untuk membuka PDF yang bisa dibagikan, sebagai catatan sebelum anda menginstal beberapa aplikasi tersebut, perhatikan kapasitas smartphonenya. khawatir memorynya tidak cukup, sehingga membuat performa smartphone anda akan lemot. Semoga tulisan ini bisa membuat anda bisa leluasa dan merasa nyaman untuk Baca Buku Di Smartphone. Semoga bermanfaat.

17 komentar untuk "Cara Baca Buku Di Smartphone"

  1. Berkembangnya teknologi telefon saat ini memang lebih memudahkan orang untuk beraktifitas dan salah satunya adalah menyimpan berbagai dokumen yang bisa kita baca.

    Namun kadang semua itu juga bisa menjadi kelemahan manusia itu sendiri, karena kadang jadi tergantung pada benda yg namanya smartphone.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kang, sering kali smartphone memang kustru membuat manusia males. nah kiranya jika mengetahui fitur dan fungsinya dengan baik, khususnya membaca buku pdf di smartphone, bisa tetap semangat untuk membaca

      Hapus
  2. zaman hampir gak laku tuh buku dan kitab, bahkan alquran jika semua serba pake layar

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja tulisan ini bisa membantu, agar kita tidak terlena, dan tetap semangat belajar

      Hapus
  3. moga tetep mengalir barokahnya dan diamalkan juga. masih mending digunakan untuk hal yang positif, daripada hanya chatting-an fb-an bbm-an dll

    BalasHapus
  4. teknologi memang luar biasa sebagai alat memenuhi kebutuhan manusia,.apasih yang tidak bisa sekarang di HP... semoga kehadiran teknologio yang semakin maju ini akan membawa kita ke hal-hal yang lebih positif lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kang admin bos. betul sekali penggunaan smarthpne pada hal-hal positif itu harapan kita

      Hapus
    2. kang admin bos. betul sekali penggunaan smarthpne pada hal-hal positif itu harapan kita

      Hapus
  5. Kayaknya adminnya pernah ngaji di Ponpes nih! Keren kang!

    BalasHapus
  6. Teknologi jaman sekarang memang TPO BGT Kang :D dengan adanya teknologi seperti ini membaca al-qur'an juga bisa lebih mudah ya kang wis keren deh pokoknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, smartphone bisa menjadi alternatif untuk tetap hobi membaca "bukan hanya membaca status, plus membaca sms tentunya" hehe

      Hapus
  7. saya mau instal pdf di ponsel ga bisa2
    padahal, banyak file berformat pdf yang sayanngya ga bisa kebaca mas...

    *hik hik hik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang, Kayaknya tulisan tentang "Cara Baca Buku Di Smartphone" bisa jadi tips kang hehehe

      Hapus
  8. Kalau saya mengandalkan adobe pdf reader dan wps office soalnya udah termasuk pdf reader, word reader, excel reader dan lainnya dalam satu paket.

    Apalagi kesukaan saya baca buku, maklumlah karena saya sendiri penulis mas.

    Coba deh mas cari di google play buku dengan mengetikkan nama muhammad adam hussein pasti deh keluar judul buku-bukunya. Bukunya murah dan ada yang gratis yang pasti bermanfaat dan menginspirasi dan memotivasi.

    :)

    BalasHapus
  9. hihihi makasih mas, ya aplikasi yang pean sebutlan itu wps office memang ngetrend bagi pecinta file pdf. disisi lain ada yang mengeluh karena kapasitasnya lumayan besar untuk ukuran RAM kecil.

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini