Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

Hasil Percobaan Menaikkan Traffic Dengan Meta Tag Pada Blogger

Menaikkan Traffic Dengan Meta Tag Pada Blogger

Jujur saja, topik ini saya angkat lantaran rasa penasaran saya pada si "meta". dan saya tulis dengan alur cerita saja, Hasil Percobaan Menaikkan Traffic Dengan Meta Tag Pada Blogger. terserah sahabat mau percayaatau tidak, yang jelas cerita saya ini berawal ketika blog saya ini Galeri Kitab Kuning, awalnya sempat memiliki pengunjung sekitar 200-400 an perhari.

Kemudia beberapa teman, plus guru blog, salah satunya kang Mas Teguh, pemiliki blog www.maseteguh.com menyarankan saya untuk menulis blog dengan menggunakan kata kunci, atau biasa dikenal dengan riset kata kunci  riset keyword. Nah, pada waktu itu saya bingung, bagaimana cara riset keyword itu. Kemudian saya menemukan diberbagai blog, menyarankan pakai google keyword planner, ini situsnya : https://adwords.google.com/KeywordPlanner

Jedder, alhamdulillah pengunjung meningkat hamipr 100 %, keren kan? tapi saya tidak langsung percaya, karena dibeberapa forum ada peringatan jika blog tiba-tiba membludak, mungkin saja sedang terkena bom click  kalau gak salah sih begitu, intinya tidak baik deh.

Beberapa hari kemudian, traffic blog mulai menurun sedikit, pada saat itu saya kitra penurunnya cukup normal, lantaran bertabrakan dengan hari libur, biasanya masyarakat meluangkan waktu untuk berlibur.

Tapi anehnya, beberapa hari kmudian, pengunjung meluncur drastis alias traffic tambah dawn. Saat itulah saya mulai curiga. Kebetulan saya sejak awal memang ingin mulai merubah template, tepatnya miliknya kang mousir, ini dia blognya : http://kang-mousir.blogspot.com/
  1. Nah, kenapa saya ganti template? setidaknya ada beberapa alasan :
  2. Pengunjung blog turun. dari hasil penelusuran diberbagai sumber, bahwa blog yang responsive, mobile friendly, plus seo friendly, mampu meningkatkan traffic
  3. Tampilan Blog. Dulu, saya fikir tampilan blog seperti apapun tidak masalah, yang penting ada kontennya yang bermanfaat.
  4. Memperbaiki Navoigasi. Karena baju blog saya dulu navigasnya tidak berfungsi, saya sampai pernah minta Khullatur Rosyidah, lulusan Teknik Informatika disalah satu perguruan tinggi negeri i Malang untuk memperbaiki Navigasi blog saya, tapi tidak bisa. Mungkin karena template blog saya saat itu pernah saya edit agar lebih kenceng. tapi nyatanya justru bayak fungsi blog yang error.

Apa yang terjadi? ternyata trafficnya malah tambah menurun. Saya yakin, penurunan pengunjung pada blog, setelah mengganti template ini bukan karena faktor templatenya. Trus apa?

Saya pun berfkir, dan mencoba browsing mencari berbagai informasi. Akhirnya saya curiga pada salah satu hal, yaitu "meta". Ya, jujur saya pada template sebelumnya memang sempat edit meta (walapun tidak paham apa itu meta).

Definisi Meta

Saya pun mulai buka tuh blogger.com, langsung meluncur pada perbaikan template dari segi meta. Apa itu meta? diambil dari beberapa sumber, Meta itu bukan istilah dalam bahasa manusia, tapi dalam bahasa HTML, yang memiliki fungsi untuk memberikan keterangan blog dalam bentu metadata. bingung?

Gini, Misalnya kamu punya blog, namanya Blog Keren, dengan domain blogkeren-dot-net, kemudian dengan tampilan deskripsinya "blognya orang keren" (simple sekali). Nah, SEO (search Engine Optimation) tidak dapat membaca blog tersebut dengan baik, kalau tidak dibubuhi dengan meta yang baik pula. Tentu tujuannya agar blog keren itu bisa dibaca baik oleh si mbah google.

Bahkan ternyata meta bukan hanya bisa memberikan gambaran pada deskripsi dan kata kunci, melainkan juga bisa memberikan informasi tentang author (penulis blog), verifikasi data blog di bing atau webmastertools, dan alexa. 

Sehingga, blog keren tadi yang sudah dibumbuhi dengan meta, akan semakin terang benerang dimata google, dan otomatis akan mudah ditaruh di halaman depan google, atau biasa diistilahkan dengan page-one. Jika sudah begitu, tentu Meningkatkan traffic dengan Meta Tag bisa dilakukan.

Sejujurnya, apa yang saya lakukan dengan mengedit kembali meta tag yang berada di blog ini, sedikit banyak membantu peningkatan traffic, walaupun tidak signifikan. berikut ini penampakannya :

Meta Tag Bisa Menaikkan Pengunjung Blog

Keterangan Gambar :
1. Pada tahapan ini, pengunjung blog normal
2. Nomor dua ini, sedang proses pergantian template atau baju
3. Membubuhi meta tag.

Jenis Meta Tag

Nah, mungkin teman-teman ada yang bertanya, bagaimana cara pasang dan edit meta tag itu. Sebelumnya perlu diketahui, jenis meta. Kalau di wikipedia, ada dua jenis, yaitu:
  1. Meta Description : Berisi informasi umum tentang blog, Contoh Nama blog, Blog Keren, dengan deskripsi, "Menyediakan informasi orang-orang keren, ganteng, kaya dan sukses"
  2. Meta Keyword : Berisi kata kunci utama dalam blog. Contoh, "Info orang ganten, orang keren, kaya, kiat sukses dan lain sebagainya.

Dan sebenarnya meta juga bisa ditambah dengan author, meta dari webmastertools, Bing, dan Alexa. Bahkan juga ada penambahan ID google+ dari pemilik blog.

Meta Tag Seo Friendly

Lantas Meta Tag apa yang jitu untuk menaikkan traffic? Ada banyak meta tag yang bisa anda pakai. Salah satu contohnya  Meta Tag Seo Friendly, silahkan download scriptnya DISINI, dan taruh dibawah kode <head> di blog anda.

Catatan, Ganti tulisan :
  • Tulis Disini Deskripsi Blog Kami sesuai keterangan Singkat blog anda
  • Tulis Juga Deskripsi Blog Kamu Disini , sesuaikan juga dengan deskripsi blog anda, agak panjang, tapi usahakan tidak lebih dari 80 karakter
  • Kata Kunci Utama Blog Kamu, dengan kata kunci yang ada dalam blog anda.
  • Tulis Disini Nama Pemilik atau Penulis Blog, dengan Nama pemilik blog, kalau bisa sesuaikan dengan google+
Untuk mengecek apakah meta tag anda sudah berhasil atau belu, silahkan cek dibeberapa situ penyedia. Biasanya, teman-teman blogger menggunakan chkme.com

Agar anda bisa melihat buktinya, blog ini telah saya edit menggunakan meta tag tersebut diatas, ini dia hasilnya :
bukti menaikkan traffic dengan meta tag pada blog


Bagaimana? apakah anda percaya bahwa Menaikkan Traffic Dengan Meta Tag Pada Blogger cukup manjur? Tidak ada salahnya jika anda mencoba tips ini. Dan jika sukses, jangan lupa kembali kesini, dan kasih kabar. Kalau tidak berhasil, cari saja tips lain ya :D

Tag : Tips Blogger
7 Komentar untuk "Hasil Percobaan Menaikkan Traffic Dengan Meta Tag Pada Blogger"

ok kang, saya coba dulu. makasih infonya kang admin

meta tag di blog saya sudah otomatis kok mas, bawaan template nya :D

sama-sama kang arif, semangat

Saya belum pasang edit meta di blog. Terima kasih akan saya coba. Mudah mudahan berhasil. Amiin. Semoga ilmunya tambah berkah. Amiin. Salam kenal

Bisa dicoba kang, selamat mencoba memasang meta tag, dan semoga berhasil bisa meningkatkan traffict

KANG MAU TANYA, JIKA KAEWORD NYA LEBIH DARI SATU,, APA DI PISAH PAKEK KOMA (,)..?

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top