Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beli Buku Pendidikan Karakter Ala Pesantren, Terjemah Kitab Karya Hadratus Syaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari

Beli Buku Pendidikan Karakter Ala Pesantren ~ Pendidikan Karakter sebenarnya bukan hanya sebuah konsep yang hanya saja dipelajari, Namun yang terpenting adalah implementasi dan penerapannya.

Adab, etika, akhlak merupakan sekian nilai yang harus menjadi karakter pribadi pelajar. Proses internalisasi nilai tersebut masuk pada ranah membangun jiwa berdasarkan konsep keimanan.



Sehingga untuk membangun konsep pendidikan karakter ini tidaklah mudah, karena dibutuhkan usaha-usaha dari seluruh pihak, khususnya pendidikan itu sendiri.

Pendidikan dituntut untuk mengarahkan filosofinya juga pada pembangunan jiwa individu peserta didik. Bukan hanya pada pengembangan intelektual saja.

Ironis, jika sebuah bangsa memiliki banyak lulusan dibidang hukum, namun akhirnya berujung di hukuman, lulusan ekonomi, namun tingkat kesejahteraan masyarakatnya masih rendah. bukankah begitu?

Saat ini memang sudah banyak Buku dan Kitab Pendidikan, namun tidak semuanya menekankan pada ranah pendidikan karakter. 

Nah, Buku yang berjudul Pendidikan Karakter Ala Pesantren, diharapkan menjadi salah satu pengetahuan baru di Dunia pendidikan untuk menciptakan peserta didik yang unggul, begitu juga gurunya.
Seperti apakah buku tersebut? berikut ini akan kami uraikan secara singkat.

Pendidikan Karakter Ala Pesantren, ini sejatinya merupakan buku terjemahan dari kitab Adabu al-Alim wa al-Muta'allim, karya Hadratus Syaikh KH. Muhammad Hasyim Asy'ari.

Diterjemahkan oleh DR. Rosidin M.Pd.I, dengan membagi pembahasannya dalam delapan bab. 
  • BAB I, Berisi pemaparan dalil-dalil al-Quran, maupun hadith, sekaligus dilengkapi dengan berbagai macam kata mutiara, yang menjelaskan keagungan mencari ilmu dan seorang pelajar.
  • BAB II, III dan IV, lebih fokus terhadap pembinaan karakter seorang pelajar atau murid. Yang mana terdapat tiga karakter yang perlu dimiliki oleh seorang pelajar, yaitu : 
    • Karakter yang baik  pada diri sendiri
    • Karakter yang baik  pada guru atau pendidik
    • Karakter yang baik ketika dalam proses belajar / menuntut Ilmu
  • BAB  V, VI dan VII, Khusus membahas tentang karakter sebagai guru atau seorang pendidik. yang pada intinya, seorang pendidik diharapkan memiliki karakter yang baik, dan sebagai tauladan bagi para peserta didiknya, baik ketika dalam proses belajar maupun diluar hal itu.
  • BAB VIII, Menekankan pembahasan pada Pendidikan Karakter Ala Pesantren, melalui media pembelajaran seperti Kitab Kuning dan lain sebagainya.
Dari pemaparan diatas, kiranya buku ini sangat direkomendasikan khusunya bagi para pendidik untuk menambah wawasan dan pengetahuan dibidang pendidikan. 


Pendidikan Karakter Ala Pesantren, Terjemah Kitab Karya Hadratus Syaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari
Cover Buku
Pendidikan Karakter Ala Pesantren

Nama Buku : Pendidikan Karakter Ala Pesantren 
Penerjemah : DR. Rosidin M.Pd.I
Nama Kitab Asli : Kitab Adabu al-Alim wa al-Muta'allim, Karya Hadratus Syaikh KH. Muhammad Hasyim Asy'ari
Penerbit : Litera Ulul Albab; LINI PENERBITAN UIN-MALIKI PRESS -  Malang
Halaman : 179
Harga : Rp. 35.000,- Ditambah Ongkos Kirim
Stok : 1

Jika anda berminat membeli Buku Pendidikan Karakter Ala Pesantren ini silahkan anda hubungi kami di KONTAK. Semoga bermanfaat.

12 komentar untuk "Beli Buku Pendidikan Karakter Ala Pesantren, Terjemah Kitab Karya Hadratus Syaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari"

  1. Buku yang bagus untuk menumbuhkan karakter yang sesuai degnan nilai nilai keimanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kang, saya sudah baca didalamnya memang cocok dijadikan salah satu panduan buku pendidikan karakter

      Hapus
  2. Daripada beli buku komic animasi mending beli buku kaya gini ya kang banyak ilmu yang dapat di pelajari serta harganya juga terjangkau untuk semua orang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. HEHEHE ya kang, apalagi sekarang pendidikan kita kayaknya krisis dengan akhlak.

      Hapus
  3. Harganya pun cukup murah ya kang :)

    BalasHapus
  4. Kitab yang bertemakan adab-adab mendidik dan belajar ternyata banyak sekali, ya, Kang. Menunjukkan betapa pentingnya penanaman nilai dan pengkristalan etika dlm pendidikan.
    Selain karya Hadlratusy-Syaikh Hasyim Asy'ari, sepertinya ada judul yang sama dikarang oleh Imam Nawawi & Dr Yahya Murod. Judulnya sama persis, cuma beda judul panjangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul kang, sementara untuk yang memiliki stok saya punya buku ini kang

      Hapus
  5. sangat di rekomendasikan nih, terutama menyimpan berbagai karakter adab serta keagamaan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kang, terutama untuk akang yang namanya Cara Bimbingan hehehe

      Hapus
  6. Sepertinya buku ini diperlukan deh kang untuk dijadikan buku pelajaran di sekolah karena kalau saya lihat anak sekolah jaman sekarang itu seperti tidak punya ahlak dan sopan santun saja bayangkan coba setiap saya main jalan jalan dan saya melihat banyak sekali anak anak smp dan sma itu pada merokok di pinggir jalan, hmm sungguh penomena yang sangat memprihatinkan ya pendidikan yang ada di indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kang iman, oleh karenanya hemat saya buku Buku Pendidikan Karakter Ala Pesantren, sepertinya memang direkomendasikan banget kang. makasih atas kunjungannya ya kang

      Hapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini