Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

Cara Jitu Dapat Uang Dari Blogger, (Hasil Pengalaman)

Cara Jitu Dapat Uang Dari Blogger ~ Apakah anda seorang blogger? apa yang anda dapatkan dari hasil nge-blog selama ini? Ok lah, mungkin sebagian anda sudah puas kalau sudah nulis di blog, atau berbagai informasi. Itu saja.

Cara Jitu Dapat Uang Dari Blogger

Tapi Tahukah anda kalau blog [dalam pembahasan ini adalah blogger], bisa meraup jutaan Rupiah perbulan bahkan Puluhan juta? Eit, jangan ijo dulu, Sebelumnya telah saya jelaskan, jika anda ingin kaya dari blog, mending anda baca tips ditulisan itu dulu.

Dalam tulisan itu, saya juga paparkan beberapa Blogger luar negeri, dan dalam blogger dalam negeri yang memiliki banyak penghasilan dari hasil nge-blog mereka.

Sebelum saya lanjutkan pada topik utama, sebenarnya tulisan ini hendak menjawab pertanyaan mendasar, yang sering ditulis oleh para blogger pemula. beberapa pertanyaan mendasar tersebut antara lain :

Pertanyaan Dasar
  • Bisakah  Mendapatkan Uang dari Blog?
  • Apakah Blog bisa menghasilkan Uang?
Pertanyaan Strategis
  • Bagaimana Cara mendapatkan uang dari blog?
  • Apa Cara Jitu Dapat Uang Dari Blogger?
Pada tulisan kali ini, saya ingin menjawab pada tataran strategis saja, kenapa? agar anda tidak mumet. jadi langsung ke topik inti, to the point.

Cara Jitu Dapat Uang Dari Blogger

Selain prasyarat utama yang harus anda penuhi, yaitu memiliki sebuah blog. Anda juga tentu harus memahami cara kerja blog agar mendapatkan uang. 

Untuk membuat blogger, saya sudah paparkan secara gamblang dan lengkap, silahkan saja baca Cara Membuat Blogger Dari Awal Sampai Selesai

Untuk memahami cara kerja blog, saya akan mencoba membuat percontohan. Blog itu semacam rumah, atau toko. Ketika kita punya blog, maka kita punya rumah, tempa tinggal atau toko.

Jika anda ingin mendapatkan hasil dari rumah atau toko itu, tentu salah satunya anda harus berjualan. betul?

Apakah cukup berjualan? ya tentu tidak, ada banyak hal yang harus anda kerjakan, misalnya bersih-bersih toko, mengect toko itu, pokoknya sekiranya toko anda bisa menarik para pembeli.

Jika anda sudah memahami ini, kita langsung saja ketopik :

1. To Be Publisher Of Advertiser

Artinya anda menjadi orang yang memasarkan produk orang lain. Caranya tentu anda harus melamar menjadi agennya. 

Menjadi penayang iklan, sebenarnya gampang-gampang susah. Gampangnya, kalau sudah jadi resmi jadi penanyang iklan, kita tinggal konsistensi saja untuk mendapat hasil.

Nah, susahnya kalau belum, banyak para blogger yang pontang-panting untuk mendapatkan pengakuan remsi sebagai agen iklan. [jujur saya sendiri mengalami hal itu]

Dalam dunia blogger, saat ini yang mungkin banyak di gandrungi adalah menjadi penayang iklan bagi google adsense.

Tapi jangan khawatir, pasalnya tidak hanya GA saja yang "katanya sulit untuk mendaftarkan", beberapa Advertiser juga ada yang menawarkan, dengan keuntungan yang lumayan.

Misalnya,  berbasis CPM  ada Revenuehits, PopCash atau PopAds, dan yang berbasis PPC bisa pakai AdsOptimal atau Infolink.

Anda juga bisa ikut Program Affiliate

Lantas apa perbedaan antara CPM dan PPC? Insya Allah pada tulisan selanjutnya akan saya bahas. Tapi yang jelas, jika anda gagal menjadi penayang iklan salah satu advertiser, anda bisa mencoba yang lain.

Sebagai salah satu bukti Galeri Kitab Kuning, sendiri saat ini menggunakan salah satu pilihan diatas. 

2. Selling products

Nah, ini termasuk tips berikutnya. Jika pada point pertama, kita hampir tak memerlukan modal. Tapi beda jika anda ingin menjual produk anda sendiri. Maka anda mungkin harus mengeluarkan modal.

Jangan Bermodel kalau tak punya Modal
Pada poin ini yang terpenting untuk diperhatikan adalah :

a. Kualitas Produk

Prinsipnya, semua pembeli tidak mungkin ingin barang dengan kualitas rendah, maka usahakan produk yang anda jual memiliki kualitas yang baik.

b. Kualitas Layanan

Jadilah seorang penjual yang memiliki basic profesional  services , ketika anda menjual sesuatu anda harus melayani pembeli dengan baik.

Banyak kasus dua toko yang sama, dengan jualan yang sama, namun yang satunya lebih unggul, dikarenakan layanannya yang baik.

Berkaitan dengan blog, maka anda harus memasang kontak yang mudah dihubungi oleh para konsumen.

Saran saya jangan gunakan email sebagai kontak. Jujur, saya sendiri enggan berhubungan sengan pembeli yang menggunakan Email, kenapa? karena terkesan lambat dibalas. catatat itu.

c. Harga Bersaing

Jika anda ingin produk yang anda jual bisa diperhitungkan, jangan menjual produk lebih mahal dari biasanya, Atau juga jangan lebih murah.

Alasannya, kalau lebih mahal, maka kemungkinan besar jualan anda tidak laku. Dan kalau lebih murah, bisa jadi anda yng rugi. mau untung apa rugi?

Ketiga hal ini, juga saya terapkan dalam blog ini. Oleh karenanya saya juga menyediakan Pembelian Buku dan Kitab

Dalam proses ini, saya sarankan anda memperhatikan transaksi belanja online menurut pandangan Islam, apakah anda hanya menjual produk atau juga jasa.

3. Promotion Of Blog's Branding

Toko anda sepi? apa kira-kira yang membuat toko anda sepi? mungkin salah satu faktornya anda kurang promosi. betul?

Nah, Promosikan Branding Blog anda, agar para pembeli bisa senantiasa mengingat blog anda untuk dijadikan rujukan kebutuhan mereka. 

Bisa menggunakan Media Sosial, seperti Fancepage di Facebook. Twitter, Linkedin, dan lain sebagainya. 

Sebagai salah satu bukti, Fanspage Galeri Kitab Kuning pada facebook, saat ini telah memiliki likers hampir menembus angka 6000. 

Anda bisa juga menggunakan Media Chatting, seperti Whatsapp, Line, BBM dan lain sebagainya. 

4. Increase Blog traffic

Naikkan pengunjung traffic blog anda. Sebenarnya poin terakhir ini banyak anda tipsnya di blog-blog lain. 

Hanya saja saya akan memberikan tips jitu dari segi tulisan, apa itu?

a. Lakukan keyword research

Melakukan analisa ata kunci pada tulisan menjadi sangat penting. Sebab, dari hasil ujicoba para master SEO, penggunaan kata kunci yang tepat pada sebuah tulisan, menjadi penentu dominan pada mesin pencari.

b. Unique and Hight Quality Content 

Buat Tulisan Yang Berkualitas dan tentunya unik. Berkualitas, artinya, tulisan itu memiliki nilai lebih dibandingkan tulisan yang lain. 

Sementara unik, artinya informasi yang ada pada tulisan tersebut, tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Ada Tiga manfaat ketika kedua hal diatas anda lakukan :

a. Manfaat yang kembali pada blogger, 

Maksudnya penulis blog semakin serius membuat tulisan, dan otomatis bisa mengembangkan tulisannya.

b. Manfaat yang diraih oleh pengunjung, 

Pengunjung blog akan betah dan bahkan ingin kembali ke blog anda. dan yang terpenting pula adalah manfaat ketiga

c. Manfaat bagi blog di mata Seach Engine

Mesin pencarian, semacam Google. Bing atau yahoo, akan lebih mudah mengidentifikasi ketika tulisannya menerapkan kata kunci dan kualitas konten tersebut.

Sebagai bonus saja, saya juga pernah mencoba menaikkan pengunjung blog dengan memperbaiki metatag. silahkan baca : Hasil Percobaan Menaikkan Traffic Dengan Meta Tag Pada Blogger

Kesimpulan

Tulisan Cara Jitu Dapat Uang Dari Blogger, sebagai salah satu jawaban urgen dari pertanyaan strategis, bahwa setidaknya ada dua cara urgen yang harus dilakukan jika ingin mendapat uang dari Blogger. Bisa menjadi penayang iklan, bisa pula menjual produk, baik barang maupun jasa.

Sudah itu saja, jika ada komentar segera tulis ya, sebagai masukan.
Tag : Tips Blogger
43 Komentar untuk "Cara Jitu Dapat Uang Dari Blogger, (Hasil Pengalaman)"

Dan tidak segampang yang di bayangkan, perlu perjuangan dan kesabaran

Lengkap bgt penjelasan kang rohim...
wih keren kang rohim udh dpt dollar prbulannya smpe berjuta-juta.. sedaappp
saya jd semangat kang oim, maacciih ya kang ^.^

Mantap mas.. artikelnya bisa jadi masukkan untuk siapa aja yang pengen seriusin ngeblog. Saya juga pengen nyobain daftar adsense.. tapi masih tahap baikin konten dan yang lainnya. maklum pemula.. sukses mas..

Dapat uang dari blog bukan cuma omong kosong itu fakta hanya prosesnya tidak secepat mencari uang secara offline

sepertinya memang itu kuncinya kang

hedeh mbak rahayu ndak baca semua, ndak sampe segitu kok mbak.... saya juga sambil belajar

semoga berhasil ya kang? semangat kang...

betul kang, saya setuju orang yang mengatakan ngeblog itu adalah proses, bukan masalah dapat uang atau enggak

Saya juga menjabarkan Blog sebagai toko dimana saya menawar beberapa produk dalam tulisan . selain itu juga saya selalu menjawab pertanyaan dari konsumen serta mengecet toko saya dengan cara memakai template yang menarik agar dapat menarik hati para konsumen :)

Wah mantab kang efendi, kayaknya anda berpeluang besar untuk mendapatkan uang dari ngeblog ya

Paham si, tapi masih bingung cara praktek penggunAanya kang. Jarang buka blog juga. Pengen padhal

Jika hanya pegen malah ndak bisa kang, saya awalnya hanya pengan saja, akhirnya saya mulai, dan alhamdulillah banyak pengalaman, terutama setelah banyak berinteraksi di forum-forum

Saya masih berjuang untuk mendapat pengakuan sebagai Buruh GA kang...

Sejauh ini saya hanya fokus menulis artikel dulu, maklum baru memulai lagi setelah lama vakum, jadi enjoy aja sambil berharap "lamaran" saya untuk menjadi buruh GA segera di terima.

Iya betul kang ternyata blog itu bisa jadi sumber pencaharian juga ya tidak hanya menjadi publiser tapi juga bisa lewat penawaran produk yang dibuat di blog untuk itu sepertinya blog mulai bisa dilirik juga ya kang karena bisa cepat berinteraksi dengan pengunjungnya juga.

Kalau Say sendiri lagi coba - coba untuk jual produk sendiri,, tapi masih dalam persiapan,,,hehehe.. mungkin bulan - bulan besok siap untuk luncurin dagangan di blog :D

Betul kang Nurul Iman, yang penting konsisten dan meiliki pelayanan yang bagus, maka kita bisa dapat uang dari blogger

Ahmad zaelani, wah sip kang kayaknya saya akan menunggu produk anda mas

Sip kang selamat berjuang kang

konsisten kang, itu penting, karena blog bukan persoalan dapat uang dan tidak tapi lebih kepada prosesnya

Iya betul, salah satunya jadi penayang iklan, misalnya publisher google adsense, tapi blog saya, udah dua bulan jadi penayang belum cair uangnya, baru dapat, dua puluh ribu rupiah lebih... kudu kerja keras dan banyak berdoa hehehehehehehehehe :D

Kang Diar nurhakim, sekdar ngasih bocoran agar cepat nambah, silahkan riste kata kunci kang...

Kemaren-kemaren udah menikmati hasilnya gan, cuman karena ada sesuatu hal akhirnya di banned hehe, tapi itu pengalaman buat ane hehe

Semangat kang, dan terus berjuang.nanti kalau sudah sukses bagi-bagi tipsnya ya kang

bahas popcash lebih detail dong kang :D eh atau sudah?

Mbak Ninda, semua yang saya tulis diatas, saya lakukan, nah untuk yang popcash, ada di blog sebelah... saya sengaja tidak jelasin karena kepanjangan, insyaAllah akan menyusul mbak

semua bergantung pada traffik blog ya mas .. semakin banyak traffik maka blog kita akan semakin berpeluang besar untuk mendapatkan uang :D

tapi jangan hanya uang mas, nanti bisa-bisa stres hehehe

Kang Oim, jangan lupa upetinya, ya... Saya tunggu di depan rumah deh. Gak usah banyak2. Cukup 2,5% saja... :)

Iya juga ya kang blog itu bisa menghasilkan juga, dan semua itu akan dirasakan umumnya setelah menjadi publiser kang jadi kalau untuk blog pemula pasti akan prustasi deh bagaimana caranya menjadi publiser kalau, tapi kalau menurut saya blog itu cukup enak juga ya kang karena kita hanya tinggal berbekal niat dan kemauan saja.

betul, happy blogging terimakasih kunjungannya

Nah, info-info seperti ini yang penting saya baca. Soalnya, saya bener-bener awam dan jahil murokkab tentang hak beginian, Kang. hehe

sudah saya persiapkan untuk pondok pesantren kang hehehe

Wah jangan gitu kang irham, saya awalnya juga ndak tahu kang, ini hanya share pengalaman saja.

Wah jangan jahil murokkab dong, nanti malah jadi mufid dan wadho', itu kan definisinya kalam dalam nahwu hehe

saya juga mau dong dapat uang sampingan dari blogger :)

Amin kang :) Senoga saja seperti yang saya harapkan kang. hhe

asyiik ... bisa dapat penghasilan.

cocok nih buat saya yang kesehariannya nguplek aja di rumah.
terimakasih kang Abdurrohim ilmu dan sarannya ... hidup bloggers !

Kang yono, sampun banyak tuh penghasilannya hehehe

Sama-sama gan... happy blogging

Kalo saya sedang dalam tahap pengembangan mas. Susah ternyata mas :(

Sabar mas, semua berproses mas...

Pak, carax gimana to langkah2 nya. Saya awam di internet. Tpi ane udahpunya blog.
Bwat settingannya kok ada yg bisa bantu saya gag ya mngkin secara pribadi lewat email ato apa... pleasseee...

Tekuni saja mas, banyak-banyak masuk forum, dan bertanya... ok? semangat mas

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top