Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Tentang Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Download Kitab Tentang Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban - Pernah dengar malam Nisfu Sya'ban? Malam yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Malam pertengahan bulan ke-delapan dalam kelender Hijriyah

Sebelumnya telah kami jelaskan tentang alasan keutamaan bulan Sya'ban, dan kali ini akan kami bahas tentang keutamaan malam Nisfu Sya'ban.

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban


Banyak sekali keutamaan pada malam ini, hal itu dapat dilihat dari julukannya. apa saja julukan untuk malam ini? maka jawabannya banyak.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini Galeri Kitab Kuning, mengetengahkan sebuah kitab yang sangat bermanfaat, Kitab yang menyingkap dan menjelaskan keutamaan-keutamaan Malam Nisfu Sya'ban.

Kitab tersebut berjudul Risalah al-Kasyfi wa al-Bayan 'An Fadhail Lailah Nishfi Sya'ban [Tulisan tentang menyingkap tabir dan menjelaskan tentang keutamaan-keutamaan Malam Sepaeuh Bulan Sya'ban]

Nama-Nama Malam Nisfu Sya'ban

Dan salah satu pembahasan di dalamnya, antara lain nama-nama atau julukan untuk malam yang satu ini. Antara lain :

1. Malam Penuh Berkah

Diriwayatkan dari Abu al-Abbas bin 'Atha', Malam Nisfu Sya'ban penuh berkah karena bersanding dengan para Malaikat dan karena dekat dengannya.

Bahkan diceritakan, bahwa keberkahan malam Nisfu Sya'ban ini dpat dilihat pada sumber air zamzam yang semakin besar.

2. Malam Penetapan Anugerah dan Pahala

Terdapat sebuah riwayat dari 'Atha' bin Yasar, dia berkata "Jika telah tiba malam separuh bulan Sya'ban, Malaikat menetapkan amal perbuatan seluruh manusia, dari bulan Sya'ban sampai bulan Sya'ban berikutnya. Seseorang akan menjadi dzalim, menjadi jahat, akan menikahi wanita, akan mengelola persawahan [semua ditetapkan pada malam ini], dan tidak ada malam yang lebih utama dibandingkan malam ini [Nisfu Sya'ban]

3. Malam Pelebur Dosa

Diriwayatkan dari Imam al-Subki dalam kitab tafsirnya "[pahal ibadah] Malam Nisfu Sya'ban dapat menhapus dosa dalam setahun, sementara malam Jum'at dapat melebur dosa dalam seminggu, dan Malam Lailatul Kadar, dapat mengapus dosa seumur hidup"

4. Malam Dikabulkannya Doa 

Terdapat beberapa riwayat yang menegaskan hal ini, diantaranya riwayat dari Ibnu Umar ra "Ada lima malam yang mana doa tidak akan ditolak, yakni malam jumat, awal malam bulan rajab, malam separuh bulan sya'ban dan dua malam Idul Fitri dan idul Adha"

5. Malam Kehidupan

Diceritakan dari Isha bin Rahwaihi dengan sanadnya sendiri kepada Wahab bin Munabbah, berkata "Jika malam Nisfu Sya'ban telah tiba, maka [jarang] ada orang yang meninggal, lantaran para malaikat kematian sedang sibuk menerima catatan-catatan dari Allah swt.

6. Malam Hari Raya Malaikat

Diriwayatkan dari Abu Abdillah Tahir bin Muhammad bin Ahmad al-Haddad berkata dalam kitabnya 'Unwan al-Majalis, Sesungguhnya para malaikat di langit memiliki dua hari raya seperti dua hari raya penduduk bumi. Pertama malam Nisfu Sya'ban, dan yang kedua pada Lailatul Kadar

7. Malam Pertolongan

Terdapat sebuah riwayat dari Aisyah ra. Suatu ketika Rasulullah sedang duduk pada malam Nisfu Sya'ban, kemudian didatangi Malaikat Jibril dan berkata "Sesungguhnya Allah swt. telah membebaskan dan memberi pertolongan kadapa separuh umatmu"

8. Malam Pembebasan

Disebut malam pembebasan lantaran Allah swt. membebaskan siksa terhadap umat Rasulullah saw.

kitab tentang keutamaan malam nisfu syaban
Cover Kitab tentang
keutamaan malam nisfu syaban


Itulah beberpa pembahasan yang terdapat dalam kitab Risalah al-Kasyfi wa al-Bayan 'An Fadhail Lailah Nishfi Sya'ban. dan saya yakin anda tertarik memilikinya, karena masih banyak pembahasan didalam kitab tersebut.

Dan jika anda ingin mengetahui doa para ulama pada malam Nisfu Sya'ban, silahkan baca tulisan kami : Doa Ulama Pada Malam Nisfu Sya'ban

عنوان الكتاب : رسالة الكشف والبيان عن فضائل ليلة النصف من شعبان
المؤلف : الشسخ سالم السنهوري المالكي
Name : Risalah al-Kasyfi wa al-Bayan 'An Fadhail Lailah Nishfi Sya'ban
Author : Syaikh Salim al-Sanhuri al-Maliki
File : PDF
Size : 2.2 MB
Pages : 34
Published : Dar Jawami' al-Kalim - Kairo - Mesir
Uploaded By : Abdurrohim Rhasya
Download from : archive.org


4 komentar untuk "Download Kitab Tentang Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban"

  1. KItab karangan ibnu hajar tentang nisfu ayaban gx da ??

    BalasHapus
  2. link downloadnya g bs min,,,tolong diperbaiki lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kang.. coba lagi, atau perhatikan koneksi internetnya

      Hapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini