Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Haji Dan Umrah Yang Baik dan Benar Menurut Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari

Galeri Kitab Kuning ~ Sebentar lagi tiba saatnya pelaksanaan ibadah haji, sekaligus menjadi penyempurna rukun Islam yang ke-Lima

Tata Cara Haji Dan Umrah Yang Baik dan Benar Menurut Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari


Jutaan Umat Islam, dari seluruh dunia akan berkumpul dipadang arafah, tepatnya pada tanggal 9 Dzul Hijjah tahun ini, guna bersama-sama melaksanakan Ibadah Haji.

Disisi lain masih banyak umat Islam, termasuk dari Indonesia yang belum mengetahui tatacara Ibadah Haji yang baik dan benar.

Oleh karena itu, sanak saudara kita yang kebetulan memiliki kesempatan untuk melaksanakan Ibadah Haji dan Umrah, akan diberikan bimbingan oleh Departemen Agama, melalui Kelompok Ibadah Haji [KBIH] dimana ia mendaftarkan diri.

Berkenaan dengan proses pelaksanaan Ibadah Haji ataupun Umrah ini, kali ini akan dibagikan pengetahuan penting berkenaan dengan Tata Cara Ibadah Haji dan Umrah Yang Baik dan Benar Menurut Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari.

Banyak yang sering mendengar salah satu tokoh kharismatik ini ketika disebutkan. Ya benar, KH Hasyim Asy'ari dikenal sebagai pencetus Organisasi Islam terbesar di Indonesia, atau bahkan di Dunia saat ini, yakni Nahdhatul Ulama.

Beliau selain memiliki dedikasi yang tinggi dibidang organisasi [seorang organisatoris], ketinggian ilmu agamanya juga tidak bisa diragukan lagi.

Berguru kepada salah satu ulama ternama asal Madura, yaitu Syaikhona Kholil Bangkalan, barokah ilmunya mengalir deras kepada KH. Hasyim Asy'ari, sehingga beliau disegani oleh para ulama Nusantara ini.

Kedalaman ilmu pengetahuan agama yang dimiliki oleh KH Hasyim Asy'ari ini, banyak kita lihat dari hasil karya beliau diantaranya, Pendidikan Karakter Ala Pesantren, sebuah buku yang diterjemahkan oleh Dr. Rosidin dari karya KH. Hasyim Asy'ari dengan judul asli " Adabul Alim wal Muta'allim.

Terdapat juga buku terjemah dari karya beliau, yang mengupas tuntas tentang perayaan maulid Nabi. Silahkan baca dalam tulisan berikut ini : Terjemah Kitab Karya Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari Tentang Perayaan Maulid Nabi

Nah, satu lagi tulisan beliau yang menjelaskan Tata-cara Haji dan Umrah Yang Benar, yang tertuang dalam kitab beliau yang berjudul al-Manasik al-Shughra Li Qashid Umm al-Qura. Berikut penjelasannya.

Dalam buku yang juga diterjemahkan oleh Dr. Rosidin tersebut, KH. Hasyim Asy'ari membagi pembahasannya dalam 12 Pasal, yaitu :

  1. Syarat-syarat Wajib Haji dan Umrah
  2. Tingkatan-tingkatan Haji dan Umrah
  3. Rukun-rukun Haji
  4. Rukun-rukun Umrah
  5. Kewajiban-kewajiban dalam Haji
  6. Kewajiban-kewajiban dalam Umrah
  7. Tata cara Pelaksanaan Haji dan Umrah
  8. Hal-hal yang diharamkan sebab Ihram
  9. Berhubungan Badan dapat menyebabkan Haji dan Umrah Batal, serta Dam / sanksi yang harus dilakukan.
  10. Pembahasan dan pengertian Towaf Wada'
  11. Macam-macam Dam / Sanksi yang diwajibkan atas orang yang beribadah Haji ataupun Umrah
  12. Pembahasan Tahallul, baik untuk Haji maupun Umrah


Keduabelas pasal tersebut diatas, merupakan pembahasan yang sangat urgen bagi umat Islam yang hendak melaksanakan haji.

Dengan penjelasan yang lugas, singkat dan cepat dipahami, maka umat Islam khususnya masyarakat Indonesia sangat dianjurkan untuk membaca buku ini.

Nah, apakah anda tertarik memiliki, membaca buku ini? silahkan menuju tulisan selanjutnya : Beli Sekarang !! Buku Tata Cara Haji dan Umrah Menurut KH. Hasyim Asy'ari

Demikian informasi tentang Tata Cara Haji dan Umrah Yang Baik dan Benar Menurut KH. Hasyim Asy'ari, semoga bisa menambah wawasan.

Posting Komentar untuk "Tata Cara Haji Dan Umrah Yang Baik dan Benar Menurut Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari"

close
Banner iklan disini