Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Cara Menampilkan Iklan Google Adsense Di HomePage, Tidak Di Halaman Dan Sebaliknya

Cara Pasang Iklan Google AdSense di Blog | Ketemu lagi dengan kami Galeri Kitab Kuning, yang kali ini akan memandu kalian yang baru bergabung menjadi publisher Google Adsense dan kebingungan cara penempatan Iklan di Blogspot. Tentu cara menempatkan Iklan di beberapa bagian sudah saya jlentrehkan sejelas-jelasnya pada tulisan sebelumnya.

cara variasi iklan google adsense pada halaman tertentu di blog


Misalnya, kalian ingin memasang Iklan pada bagian widget/ gadget di blogger, atau Cara Pasang Iklan di beberapa bagian tertentu di Postingan.

Nah, kali ini saya akan memberikan panduan untuk Memasang Iklan Google Adsense di HomPage, Tidak di Postingan, dan sebaliknya. intinya membuat variasi tampilan Iklan Google, pada halaman tertentu sesuai keinginan kita.
Mungkin kalian bingung dengan judul ini. Ya kan? maksudnya adalah, penampilkan Iklan Google Adsense ketika kita masuk pada halaman utama Blogspot, dan iklan itu tidak tampil ketika kita membuka bagian postingan.

Dan sebaliknya, ketika kita buka bagian postingan Iklan itu justru muncul, namun tidak muncul ketika kita buka pada bagian HomePage.

Biasanya, Iklan yang ditempatkan di bagian widget/. gadget, baik itu dibagian header, bawah header, sidebar atau footer, tentu akan tampil baik ketika kita buka bagian HomPage Blogspot ataupun saat kita buka bagian postingan.

Nah tutorial kali ini sedikit berbeda, karena kita akan mengatur tampilan Iklan Google Adsense muncul di sebuah Widget saat kita buka HomePage, namun iklan tersebut tidak muncul, atau muncul dibagian lain saat kita buka bagian postingan.

Sebelum dilanjutkan panduan ini, alangkah baiknya jika saya jelaskan terlebih dahulu beberapa halaman yang ada dalam blog.

1. Halaman Utama / HomePage

Halaman utama adalah beranda bagian depan saat membuka blog, URL yang ditampilkan dibagian kolom browser berupa alamat situs utama. misalnya Galeri Kitab Kuning, URL nya  "http://galerikitabkuning.blogspot.com"

Jika anda membuka alamat URL utama tersebut, maka yang tampil adalah halaman utama blog, atau beranda blog

2. Halaman Statis

Halaman Statis, merupakan halaman yang tersedia disebuah blog yang sifatnya bersifat diam, tidak bergerak, tidak aktif, tidak berubah keadaannya, tetap (Lihat KBBI)

Artinya halaman yang kita buat, tidak seperti halaman posting yang bisa berubah dan bergerak ketika ada halaman postingan terbaru.

Halaman statis juga secara default tidak ditampilkan dibagian depan blog, serta tidak memiliki tanggal, bentuk permalink "URL", tak sama dengan halaman posting, biasanya seperti ini : http://galerikitabkuning.blogspot.co.id/p/how-to-download.html

Selain itu halaman statis (biasa disebut laman) lebih sering digunakan untuk contact, disclaimer, privacy, daftar isi dan lain sebagainya, sebagai navigasi pelengkap blog.

3. Halaman Posting

Halaman posting adalah halaman yang menayangkan konten yang dipublish secara berkala, sehingga temaptnya-pun berada dibagian depan blog.

Permalink untuk postingan tentu berbeda dengan halaman statis, biasanya halaman posting memiliki URL seperti ini : http://galerikitabkuning.blogspot.co.id/2016/05/cara-membuat-blogger-dengan-lengkap.html

Saya anggap anda sudah paham perbedaan ketiga halaman tersebut, agar nantinya anda tidak bingung untuk membuat variasi Iklan google adsense pada halaman tertentu.

kembali ke topik awal, jika anda kebetulan ingin membuat variasi Ikaln Google AdSense pada bagian halaman yang telah disebutkan diatas, silahkan iktu cara-cara berikut ini :


  • 1) Masuk ke Blog anda, pilih tataletak, dan tambah gadget / widget baru, pilih HTML, dan beri judul, misalnya "Advertiser", dan masukkan kode iklan Google AdSense anda pada bagian konten, klik simpan dan tentukan peletakannya .header, sidebar, atau footer, terserah anda.
  • 2) Cari kode Widget yang telah dibuat sebelumnya pada HMTL template, caranya, langsung menuju ke template,  pilih edit HTML, cari kode dibawah  ini, ( tekan ctrl+F, untuk memudahkan pencarian):

<b:widget id='HTML11' locked='false' title='JUDUL GADGET/ WIDGET' type='HTML'>
      <b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><!-- only display title if it's non-empty -->
  <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
    <h2 class='title'><data:title/></h2>
  </b:if>
  <div class='widget-content'>
    <data:content/>
  </div>
</b:if></b:includable>
    </b:widget>

  • 3) Perhatikan kode HTML tersebut diatas, silahkan pasang kode yang berwarna biru dan tambahkoan kode yang berwarna merah pada posisi yang tepat, kemudian simpan dan lihat hasilnya. 


Dengan cara ini sebenarnya anda telah memasang Iklan Google AdSense hanya pada homePage/ halaman utama, dan tidak pada halaman lain (baik halaman statis maupun halaman posting)


Dan berikut ini beberapa variasi yang bisa anda lakukan untuk menampilkan kode iklan pada halaman tertentu yang lain, caranya kalian cukup mengganti kode berwarna merah dengan kode-kode dibawah ini sesuai kesukaan anda.


  • Menampilkan Iklan pada seluruh halaman, kecuali halaman statis
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
  • Menampilkan Iklan pada seluruh halaman kecuali halaman postingan
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
  • Menampilkan Iklan hanya pada postingan tertentu
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;alamat-postingan&quot;'>
  • Menampilkan Iklan hanya pada halaman postingan
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>


  • Menampilkan Iklan hanya pada halaman statis

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>..........</b:if>

Nah, demikianlah cara memberikan variasi tampilan Iklan Google AdSense pada halaman HomePage tidak pada halaman dan sebaliknya. Semoga penjelasan ini bisa menambah kreasi kalian dalam menempatkan iklan lebih strategis.
Tag : Tips Blogger
10 Komentar untuk "Cara Menampilkan Iklan Google Adsense Di HomePage, Tidak Di Halaman Dan Sebaliknya"

Wah ide bagus nih, boleh di coba nih, makasihya gan

saya senang berkunjung kesini jadi tambah pengetahuan saya tentag blog dan adsense

Sama-sama gan.. silahkan di coba dan dinikmati hasilnya.. hehehe

Ya kang, blog ini malah berubah jadi blog gado-gado hahaha

Makasih infonya. sangat bermanfaat

Sama-sama kang selamat mencoba

Kang ane mau tanya
apakah kalau menampilkan iklan di halaman statis seperti privacy policy akan melanggar tos ya?

Sejauh yang saya ketahui tidak melanggar, asal dalam satu kali tampilan page, tidak lebih dari tiga iklan gambar, dan dua iklam link

Terima kasih gan sudah saya praktekan dan JOSS hasilnya

Semoga penghasilan adsensenya bertambah mas

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top