Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Imam Syafi'i Yang Paling Terkenal

Kitab Imam Syafi'i | Imam Syafi'i merupakan sosok seorang ulama yang dikenal sebagai salah satu dari empat Imam Madzhab yang paling populer hingga saat ini.

Download Kitab Imam Syafi'i Yang Paling Terkenal

Kehebatan beliau dibidang ilmu agama sudah tidak diragukan lagi, sehingga predikat sebagai mujtahid muthlaq beliau sandang, merupakan salah satu bukti kecerdasan dan kealimannya.

Namun tidak banyak yang mengenal Imam Syafi'i, sebagian besar masyarakat hanya mengenal beliau sebatas pendiri madzhab Syafi'i, padahal banyak hal yang bisa kita teladani dari sejarah kehidupannya.

Karya-karya yang dihasilkan Imam Syafi'i, sedikit banyak menjadi Inspirasi bagi generasi berikutnya, serta menjadi salah satu cikal-bakal lahirnya disiplin ilmu yang sangat penting yakni Ushul Fikih.

berbicara tentang karya beliau, kali ini Galeri Kitab Kuning, kembali hadir memberikan sebuah informasi yang mungkin sangat anda butuhkan, karena kali ini kami akan berbagi kitab-kitab Imam Syafi;i yang sangat populer dan terkenal.

Namun sebelumnya, ada baiknya jika kami sedikit menyinggung biografi seorang Imam murid dari Imam Malik ini.

Sejarah Singkat Imam Syafi'i

Memiliki nama aslinya Muhammad bin Idris  Al-Abbas bin Utsman bin Syafi' Bin Saib, Dia lahir dalam lingkungan keluarga yang agamis dan religius serta berasal dari kabilah Quraisy, tepatnya masuk dalam golongan Bani Muthallib.

Beliau lahir di Gaza [ada pula versi yang mengatakan beliau lahir di Asqalan, atau di Yaman], pada tahun 150 H, tepatnya saat al-Imam  Abu Hanifah al-Nu'man [Pendiri Madzhab Hanafi] wafat.

Meski lahir dalam keadaan Yatim, Syafi'i kecil tetap mendapatkan perhatian dan bimbingan khusus dari ibundanya yang berasal dari Kabilah Azd [sebuah kabilah terhormat dari Yaman]

Perhatian Ibundanya tersebut dapat dilihat dari sejarah masa kecil Imam Syafi;i yang dibawa ke Yaman, agar dia bisa mempelajari ilmu agama dengan baik.

Dibawah bimbingan berbagai ulama Yaman, Imam Syafi'i mulai belajar al-Quran, hingga akhirnya kecerdasan beliau mulai tampak, dengan bukti telah menghafal al-Quran pada usia tujuh tahun.

Memiliki kecerdasan yang luar biasa, menjadi bekal utama saat beliau mulai berkelana menuntut Ilmu diluar Yaman sejak memasuki usia baligh.

Semangat menuntut ilmu tersebut dibuktikan dengan perjalananya menyusuri satu negara kenegara yang lain, misalnya beliau sempat belajar di mekah, di Madinah, dan lain-lain.

Hingga akhirnya, keberhasilan sebagai pejuang ilmu agama, beliau buktikan dengan mengarang dan menulis berbagai macam karya.

Lantas apasaja karya Imam Syafi'i yang paling terkenal? berikut ini kami bagikan :

  1. Kitab al-Risalah [Kitab berkenaan dengan ushul Fikih], silahkan download DISINI atau DISINI
  2. Kitab al-Umm [Kitab ini mengulas tentang fikih, dan menjadi salah satu karya saat beliau masih berada di Baghdad, sehingga pendapat-pendapatnya yang tertuang di dalamnya dikenal dengan Qoul Qadim], minat? silahkan dowload DISINI
  3. Diwan al-Syafi'i [merupakan kitab yang berisi sajak-sajak dan Sya'ir Imam Syafi'i], apakah ingin membaca gubahan syairnya? silahkan download versi PDFnya DISINI

Nah, itulah kitab-kitab paling populer karya Imam Syafi'i yang bisa kami bagikan. Sebenarnya beliau masih memiliki karya lain, namun tidak begitu familiar, salah satunya kitab al-Hujjah.

Sebagai tambahan, jika anda kebetulan tertarik mendalami bagaimana isi dari fikih Madzhab Syafi'i tersebut? silahkan anda download kitab-kitab Fikih Madzhab  Syafi'i yang sudah kami tulis sebelumnya.

Semoga informasi ini bisa memberikan inspirasi dan tentunya pengetahuan untuk kiita teladani berasama, dan semoga bermanfaat. [Jika tulisan ini bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentarnya ya ]

1 komentar untuk "Download Kitab Imam Syafi'i Yang Paling Terkenal"

  1. Tahniah dan terima kasih atas usaha pelbagai pihak dalam menyajikan wadah ilmu untuk rujukan

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini