Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariah | Inilah Hukum Uang Masjid untuk Buka Puasa

Konsultasi Syariah | Saat bulan Ramadhan tiba, banyak orang-orang yang memberikan takjil gratis.  Di pinggir jalan atau di masjid/ musholla. Orang  yang membagikan makanan untuk takjil akan membantu musafir yang belum sampai pada rumahnya. Mereka akan merasa terbantu dengan amal tersebut.

Hukum Uang Masjid untuk Buka Puasa

Hampir setiap masjid selalu menyediakan takjil dan buka puasa gratis. Apalagi masjid yang besar. Setelah sholat jamaah disilahkan makan di area teras masjid dengan tetap menjaga kebersihan. Atau dibawa pulang ke rumah masing-masing.

Buka dan takjil bisa berasal dari pemberian orang atau memang dari uang kas masjid itu sendiri. Karena hampir semua masjid juga memiliki uang kas yang banyak yang disimpankan dari kotak amal, atau donasi dari orang.

Hal itu dilakukan dengan tujuan selain mengharap keridloan Alloh, juga bertujuan masjid makin banyak jamaahnya. Musafir juga banyak yang mampir untuk jamaah di masjid sebagai tambahan jamaah.

Pertanyaan: bagaimana hukum menggunakan uang masjid untuk menyediakan berbuka puasa?

Jawaban: diperbolehkan, jika hal tersebut dapat menarik masyarakat untuk datang ke masjid. Dan masjid juga memiliki kelonggaran keuangan. Misalnya tidak digunakan untuk pembangunan masjid.

Nah, itu tadi ulasan yang membahas tentang Hukum Uang Masjid untuk Buka Puasa menurut pandangan islam. Semoga yang Galeri Kotab Kuning bagikan ini bermanfaat dunia akhirat, amin.

Sumber keterangan:


Bughyah al Mustarsyidin, hal 132

Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariah | Inilah Hukum Uang Masjid untuk Buka Puasa"

close
Banner iklan disini