Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariah | Ternyata Mengajar Anak TPQ di Masjid Jadi Haram Jika Begini

Konsultasi Syariah | Sisi lain dari fungsi utama masjid sebagai pusat tempat  ibadah, masjid juga sering digunakan untuk mengajar anak-anak mengaji dan ilmu-ilmu agama. Berupa kitab kuning atau lainnya.

Pengajaran yang bertempat di masjid tersebut ada yang berupa TPQ atau madrasah diniyah. Semua pelajaran yang diajarkan bernuansa islam seperti belajar baca Al-qur’an, ilmu hadith, hukum fiqih dan semacamnya.
Mengajar anak TPQ di masjid

Rata-ata yang menjadi murid adalah anak-anak. Namanya juga anak-anak. Sering membuat gaduh, dan sering mengotori masjid. Bahkan juga memungkinkan ada yang membawa najis. Dan hal tersebut juga dapat mengganggu kekhusyukan orang sholat.

Murid yang mengaji memang terkadang tak berjumlah sedikit. sehingga untuk mengontrol per satu anak akan kesulitan. Apalagi anak-anak memiliki tingkat kebandelan yang menggemaskan.

Pertanyaan: Bagaimanakah hukum mangajar anak TPQ di masjid dengan pertimbangan di atas?

Jawaban: hukum tersebut diperinci sebagai berikut,

1. Haram,  jika siswa TPQ yang diajar belum tamyiz dan dikhawatirkan akan mengotori masjid dan mengganggu orang sholat.

2. Sunnah, jika siswanya sudah tamyiz. Selama tidak mengotori masjid atau mengganggu orang sholat. Jika demikian maka hukumnya sama saja, haram.

Nah, demikian ulasan hukum tentang Mengajar anak TPQ di masjid menurut pandangan islam yang dapat Kami bagikan. Semoga bermanfaat dunia akhirat, amin.

Sumber keterangan:

Al Fatawi al Kabir, juz 1, hal 187
Asna al Mutholib, juz 2, hal 451

Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariah | Ternyata Mengajar Anak TPQ di Masjid Jadi Haram Jika Begini"

close
Banner iklan disini