Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariah | Inilah Cara Memakai Akik yang Paling Utama

Konsultasi Syariah | Memakai cincin memang menjadi salah satu kesunahan bagi laki-laki atau perempuan. Baik itu dengan menggunakan akik atau tanpa akik, hukumnya tetap sunah. Namun, ada hal yang lebih utama dalam pemasangan akik pada salah satu dari sepuluh jari yang kita miliki.
Cara Memakai Akik yang Paling Utama

Banyak orang yang hanya memakai cincin akik tanpa memperhatikan betul yang mana yang lebih utama. Memang dipakai di jari manapun tetapsunah, tapi ada satu cara yang lebih utama.

Dan cara memakai akik yang lebih utama masih banyak orang yang belum mengetahui. Bagi orang yang sangat mengidolakan Nabi, akan melakukan cara-cara sunah yang paling utama. Mulai dari ibadah sampai hal seperti memasang cincin.

Cincin adalah aksesoris yang dipakai untuk memperindah jari tangan dan akan terlihat lebih keren dengannya. Apalagi dengan mengetahui tata cara kesunahannya. 

Pertanyaan: Bagaimana tata cara memakai cincin akik yang lebih utama menurut syariah?

Jawaban: Cara memakai cincin akik yang lebih utama adalah dengan memasangnya pada jari kelingking tangan kanan. Kemudian posisi batu akik berada pada bagian perut jari (bagian telapak tangan). Bukan seperti yang banyak dilakukan oleh orang dengan memposisikan batu akik pada punggung jari.

Namun bagi laki-laki, makruh memakai cincin akik pada selain jari kelingking. Dan memakai cincin akik lebih utama dengan akik daripada tanpa akik meski hukumnya tetap sunah.

Nah, demikian ulasan hukum tentang cara memakai akik menurut pandangan syariah. Semoga yang Kami bagikan ini bermanfaat dunia akhirat, amin.

Sumber keterangan:

Al Majmu’, juz 4hal 394
Hasyiyah al Bujairomy, juz 2 hal 42
Hasiyah I’anah al Tholibin, juz 2 hal 26
Al Fatawy AlFiqhyah, juz 1 hal 366

Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariah | Inilah Cara Memakai Akik yang Paling Utama"

close
Banner iklan disini