Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariah I WAKTU BERSIWAK SAAT WUDLU’


Konsultasi Syariah I  Sabagai ummat islam kita harus mengetahui dimana waktu bersiwak yang tepat dan sekaligus mendapat pahala kesunnahan. 


#Konsultasi Syariah I  WAKTU BERSIWAK SAAT  WUDLU’


Sebagai contoh kesunnahan bersiwak saat akan melaksanakan shalat yakni dilakukan ketika akan takbiratul ihrom. Ad ketika akan membaca al-Qur’an yakni dilakukan sebelum membaca ta’awwudz dan basmalah. 

Dalam melakukan kesunnahan siwak dalam wudlu’ pada umumnya masyarakat islam kurang mengetahui lebih-lebih orang awam yang baru mengenal agama. Dalam berwudlu’ siwak disunnahkan setelah membasuh telapak tangan sebelum berkumur, dan jika lupa maka disunnhkan melakunnya di tengah wudlu’. 
Seperti penjelasan dalam kitab TUHFATUL MUHTAJ WAHAWASYI ASY-SYARWANI WAL UBBADI juz 1 hal.227

Kita diharuskan untuk jeli dalam menggunakan waktu kapanpun dan dalam keadaan apapun. Sebagaimana contoh di atas. Dalam berwudlu’ saja banyak sekali waktu dan tempat yang dapat kita gunakan sebaik mungkin. Juga banyak sekali hal-hal yang bisa menambah pahala yang termasuk dalam kesunnahan-kesunnahan yang harus dilakukan sebelum melaksanakan wudlu’. 

Sebelum melaksanakan wudlu’ juga banyak do’a-do’a yang mempunyai keafdhalan tersendiri yang perlu kita ketahui dan kita hafal. Tuntunan-tuntunan tersebut bisa kita pelajari dari kitab-kitab dasar yang dipelajari para pemula seperti  kitab BIDAYATUL HIDAYAH karangan imam ghazali yang dikenal dengan julukan hujjatul islam dan kitab-kitab yang lain. 

Dalam kitab tersebut selain menjelaskan tuntunan juga menjelaskan do’a do’a nya yang manfaatnya mencakup dunia sampai akhirat.
amiiin...

Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariah I WAKTU BERSIWAK SAAT WUDLU’"

close
Banner iklan disini