Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hebat, Santri Asal Sidoarjo Hafal al-Quran, Alfiyah, Bulughul Maram, Dzurratun Nashihin

PojokSantri, Santri memang sangat erat kaitannya dengan Kitab Kuning, sebab pelajaran yang disampaikan di Pondok Pesantren memang memiliki ciri khas tersendiri, yakni menggunakan kitab klasik yang ditulis dalam bentuk kitab dengan latar kertas berwarna kuning.

Dari sekian Kitab-kitab Kuning yang di Pelajari di Pesantren, tidak semua santri mampu menguasai, namun terus berusaha mendalami, sebab semakin didalami, para santri akan semakin merasa kurang (bodoh).

Oleh sebab itu, santri akan terus memperbaharui dan mengayakan pengetahuannya pada kitab-kitab yang lebih besar. Semisal, dalam bidang Nahwu, mereka biasanya belajar mulai dari kitab paling kecil, yaitu Matan Jurumiyah, dilanjutkan dengan Nadzam Imrithi, Kitab Mutammimah / Kawakib,dan Alfiyah Ibnu Malik (yang terdiri lebih dari 1000 bait).

Itu khusus untuk Ilmu gramatika arab saja, lain disiplin Ilmu yang lain, semisal Tafsir, Hadith, Tauhid, Fiqih, Balaghah, Manthiq dan masih banyak yang lain.

Nah, siapa sangka, dalam rangka Hari Santri Nasional 22 Oktober tahun 2017, yang bersamaan dengan Resolusi Jihad tersebut, ternyata ada santri cilik, asal Sidoarjo yang kini tercatat sebagai santri Yanbu'a, Kudus, telah menghafal banyak kitab-kitab yang notabene khusus senior.

Selain Nadzam Alfiyah 1000 Bait, Bisma yang lahir pada 10 April 2007 ini, nyatanya telah mampu menghafal al-Quran, Bulughul Maram, bahkan Dzurrotun Nashihin.

Dengan kecerdasannya tersebut, KH. Makruf Amin yang didampingi sejumlah kiai, memberikan Cinderamata berupa Kitab Tafsir Murahul Labid / Tafsir Munir Karya Syaikh Nawawi Banten, dengan harapan Bisma juga mampu menghafal kitab tafsir tersebut.

Berikut ini Video detik-detik Bisma, Santri Kudus, Berumur 10 tahun mendapatkan Hadiah kitab Tafsir Munir dari KH. Makruf Amin. Selamat menyaksikan.

Nah, bagaimana apakah sahabat galeri ingin punya ponakan, anak seperti bisma ini? Tunggu apalagi, segera masukkan mereka ke Pondok pesantren. Bingung memilih pesantren? di jawa timur, ada kok 20 pesantren terbaik, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Hebat, Santri Asal Sidoarjo Hafal al-Quran, Alfiyah, Bulughul Maram, Dzurratun Nashihin"

close
Banner iklan disini