Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Diskusi Ilmiah Antara Izzuddin bin Abdissalam dan Ibnu Sholah Tentang Shalat Raghaib

Perdebatan diantara ulama, hingga melahirkan khilafiyah sebenarnya sudah terjadi sejak lama, dan aktifitas diskusi Ilmiah ini bukan justru menjadi aib, melainkan menjadi salah satu aktifitas keiilmuan yang indah, dan memperkuat khazanah ke-ilmuan.

Buku Diskusi Ilmiah Antara Izzuddin bin Abdissalam dan Ibnu Sholah Tentang Shalat Raghaib

Salah satunya adalah diskusi dan perdebatan ilmiyah yang terjadi antara ulama ahli Hadith al-Imam Ibnu Sholah 557-643 H dengan Ulama bergelar Sulthan Ulama Izzuddin bin Abdissalam 577-660 H berkenaan dengan tradisi dan amalan di Bulan Rajab, yakni Shalat Raghaib.

Pasalnya, Shalat Raghaib ini menjadi tradisi di Baitul Maqdis pada hari kamis pertama di bulan Rajab tiap tahunnya.

Meski Imam Ibnu Sholah berkali-kali awalnya menegaskan Shalat Raghaib ini termasuk bid'ah, namun ternyata di pada akhirnya pengarang Muqaddimah Ibnu Sholah ini nyatanya tetap memerbolehkan pelaksanaannya.

Fatwa-fatwa Ibnu Sholah tersebut, ditentang dan dikritik oleh Izzuddin bin Abdissalam, yang juga ulama besar pengarang kitab Maqashid al-Quran dan beberapa karya lainnya, dan akhirnya menyusun kitab berjudul "al-Targhib 'An Shalat al-Ragha'ib al-Maudhu'ah"


Perdebatan sehat dan ilmiah ini-pun akhirnya memunculkan aktifitas akademik, debat ilmiah. terbukti, Imam Ibnu Sholah mengomentari dan mengkritik balik pendapat rivalnya dengan menyusun kitab "al-Radd 'Ala al-Targhib"

Tidak sampai disitu, Imam Izzuddin bin Abdissalam juga kembali menanggapi balik pendapat-pendapat Ibnu Sholah dalam "al-Radd 'Ala al-Targhib", dengan menyusun kitab "Tafni al-Radd".

Nah bagi sahabat yang ingin tahu bagaimana suasana perdebatan dan diskusi Ilmiyah tersebut, silahkan download saja kitab yang berjudul asli "Musajalah Ilmiyah Baina al-Imamaini al-Jalilaini Izzuddin bin Abdissalam wa Ibni Sholah"

Nama Kitab : Musajalah Ilmiyah Baina al-Imamaini al-Jalilaini Izzuddin bin Abdissalam wa Ibni Sholah "Perdebatan Ilmiah Antara Izzuddin bin Abdissalam dan Ibnu Sholah"
Penulis : Abu Bakar
File : PDF
Ukuran : 1 MB
Halaman : 86
Cetakan : Ke- II
Percetakan : Maktab Islami - Beirut dan Damasuks
Tahun : 1405 H

Posting Komentar untuk "Buku Diskusi Ilmiah Antara Izzuddin bin Abdissalam dan Ibnu Sholah Tentang Shalat Raghaib"

close
Banner iklan disini