Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Kitab Sirajut Thalibin, Karya Syekh Ihsan Jampes Yang Mendunia

Salah satu karya Ulama Nusantara yang mendunia adalah kitab Sirajut Thalibin, karya ulama asal kediri bernama Syekh Ihsan Muhammad Dahlan Jampes.

Kitab ini merupakan penjelasan / Syarh dari kitab Minhajul Abidin karya Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali/ Imam Ghazali [wafat 1111 M]

Kitab Sirajut Thalibin, Karya Syekh Ihsan Jampes Yang Mendunia

Seperti yang telah diketahui bahwa Imam Ghazali memiliki tiga kitab Tashawwuf yang paling terkenal, yaitu Bidayatul Hidayah yang selanjutnya di syarkh oleh Syekh Nawawi Banten dengan karyanya Muraqi Ubudiyah. Ihya' Ulumiddin yang disyarakh oleh Syekh Muhammad Murtadha al-Zabidi dengan kitabnya "Ithaf Sadah al-Muttaqin". Dan ketiga adalah Kitab "Minhajul Abidin" yang kemudian disyarakh oleh Syekh Ihsan Jampes dengan kitabnya Sirajut Thalibin.

Kitab Sirajut Thalibin sendiri merupakan kitab yang menjelaskan / Syarakh Kitab "Minhajul Abidin" dan paling populer dan beredar luas dikalangan umat Islam.

Terbukti, Kepopuleran kitab Sirajut Thalibin kitab, hingga detik ini menjadi salah satu rujukan otoritatif kajian bidang tashawwuf, dan bahkan menjadi salah satu materi wajib diberbagai perguruan tinggi Islam terkemuka.

Yang lebih mencengangkan, ternyata kitab Sirajut Thalibin yang berisi lebih dari 1000 halaman ini, ditulis oleh Syekh Ihsan Jampes tidak kurang dari delapan bulan.

Informasi tersebut termuat dalam kolofon, yang menyebutkan bahwa karya agung ini rampung penulisannya pada selasa siang hari, tepatnya tangga 29 Sya;ban 1351 H.

Siapakah Syekh Ihsan Jampes Itu?

Pengarang kitab Sirajut Thalibin, atau Syekh Ihsan Jampes merupakan ulama asal Jampes, Kediri. Lahir pada tahun 1901 M, putra dari seorang kiyai, pengasuh dan pendiri Pondok Pesantren Jampes, KH Dahlan bin KH Soleh.

KH. Soleh sendiri, berasal dari Bogor, beliau akhirnya memutuskan hijrah ke jawa timur, tepatnya ke kediri.

Syekh Ihsan, memiliki asik kandung yang juga alim, bernama KH Marzuqi Dahlan, yang kemudian menjadi menantu KH Abdul Karim, Lirboyo, dan akhirnya sempat menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo kala itu.

Meski Syekh Ihsan Jampes tidak pernah mengenyam pendidikan di Timur Tengah layaknya ulama lainnya, namun kemahiran beliau dibidang bahasa Arab sudah tidak diragukan lagi.

Ketinggian bahasa arab, dapat dilihat dari beberapa karya agung beliau lainya, misalnya Kitab Manhajul Imdad, sebagai syarakah atas kitab Irysadul Ibad [Karya Zainuddin al-Malibari], Tashrihul-‘Ibarat penjelasan kitab Natijah al-Miqat, kitab falak karya gurunya, yakni Syekh Muhammad Shalih ibn ‘Umar al-Jawi [Kiai Soleh Darat Semarang], Irsyadul Ikhwan fi Hukm Syarbil Qahwah wad Dukhan.

Bagi sahabat yang ingin mengoleksi, membaca, dan mengaji Kitab Sirajut Thalibin, karya Syekh Ihsan Jampes ini, silahkan download pada link berikut : Download Kitab Sirajut Thalibin Karya Syekh Ihsan Jampes

Demikian informasi berkenaan dengan kitab Sirajut Thalibin karya agung Syekh Ihsan Jampes, semoga bisa menjadi inspirasi, dan semnagat bagi generasi muslim Indonesia, untuk meneladani beliau. Amin.
Tag : Pojok Santri
0 Komentar untuk "Kitab Sirajut Thalibin, Karya Syekh Ihsan Jampes Yang Mendunia"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top