Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Teks Bacaan Ratib al-Haddad Susunan al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad

Ratib al-Haddad | Ratib al-Haddad merupakan salah satu wirid yang dinisbatkan kepada penyusunnya, yakni al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad.

Seperti bacaan wirid yang lain, Ratib al-Haddad memiliki urutan dan susunan tertentu, namun diantara beberapa wirid yang beliau susun, Ratib al-Haddad merupakan bacaan wirid yang paling masyhur.

Makam Penyusun Ratib al-Haddad

Di Indonesia sendiri, wirid ini banyak dibaca oleh kalangan Nahdhiyyin, khususnya para santri di berbagai macam pesantren, salah satunya di Pondok Pesantren Darullughah Waddakwah, Pesantren Langitan dan lain sebagainya. Bahkan, bukan hanya dari kalangan santri, nyatanya wirid ini juga dibaca di berbagai majlis taklim.

Tidak heran, sebab memang wirid ini memiliki khasiat yang luar biasa, seperti halnya berbagai macam wirid yang lain.

Sejarah Wirid Ratib al-Haddad.

Secara historis, latarbelakang Wirid Ratib al-Haddad disusun, disebabkan adanya permintaan dari salah satu muridnya yang bernama Amir [keturunan Bani Sa'ad, yang bertempat tinggal di Syibam, masuk daerah Hadramaut Yaman].

Permintaan tersebut, disebabkan Amir ingin adanya pembacaan wirid dan dzikir di daerahnya, agar penduduk daerah tersebut dapat terhindar dan terjaga  dari ajaran-ajaran sesat yang saat itu sedang berkembang.

Awalnya, memang Ratib al-Haddad ini hanya dibaca oleh penduduk setempat [Syibam], kemudian setelah mendapat Ijazah dari penyususn [al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad], banyak masyarakat yang membaca dan mengamalkan.

Bahkan, Ratib al-Haddad dibaca dengan semarak dan istiqamah di Masjid beliau sendiri, yakni Masjid al-Hawi yang berada di kota Tarim.

Dapatkan : 11 Kitab Karya al-Habib Abdulla bin Alawi al-Haddad

Lambat laun, dengan seizin Allah swt, banyak sekali penduduk yang merasakan manfaatnya, dan banyak yang selamat dari ajaram-ajaran sesat tersebut.

Waktu Pembacaan Ratib al-Haddad.

Sebagai sebuah wirid, dzikir dan doa, di mada al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad, wirid Ratib al-Haddad biasa dibaca setelah Isyak.

Namun, saat bulan Ramadhan tiba, wirid ini biasanya dibaca setelah shalat maghrib, guna mengisi waktu senggang menunggu shalat isyak dan tarawih.

Tesk Bacaan Ratib al-Haddad

Bacaan Ratib al-Haddad sangat ringan dan mudah sekali diingat, sebab memang bacaan doa yang diambil dari ayat-ayat al-Quran yangt biasa kita baca, seperti ayat kursi, surat al-Ikhlash dan lain sebagainya.

Nah, bagi sahabat yang ingin mendapatkan teks bacaan Ratib al-Haddad, silahkan download ada link yang telah kami siapkan berikut ini.


Semoga wirid Raitbul Haddad semakin semarak dibaca, dan kita bisa mengambil manfaatnya, amin. Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Teks Bacaan Ratib al-Haddad Susunan al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top