#InfoIslam | Klarifikasi Pembongkaran Makam Syekh Nawawi Banten Oleh Arab Saudi

Sebelumnya netizen sempat dihebohkan dengan beredarnya video Pembongkaran makam Syekh Nawawi Banten oleh Arab Saudi, bahkan berita itu sampai-sampai menyeret nama besar Nahdhatul Ulama.

Klarifikasi Pembongkaran Makam Syekh Nawawi Banten Oleh Arab Saudi

Banyak yang mengklaim PBNU kurang memiliki peran aktif untuk mengawal kebijakan pemerintah Arab Saudi berkenaan dengan pembongkaran ulama bergelar Sayyidul Hijaz  tersebut.

Video yang tersebar tertangal 08 januari 2018 melalui akun media sosial facebook tersebut, sejatinya cepat sekali menyebar, hingga membuat masyarakat khususnya wargha Nahdhiyyin resah.

Namun akhirnya, tiga hari berselang terdapat postingan yang memberikan klarifikasi jelas, kondisi terkini pemakanan syekh Nawawi Banten.

Status tersebut memberikan klarifikasi dan validasi bahwa tidak benar telah terjadi pembongkaran terhadap makam Syekh Nawawi Banten.

Dan berikut ini klarifikasi Akun Abdul Malik, tertanggal 11 Januari 2018.

Tidak Benar Makam Syeh Nawawi Al Bantani Di Bongkar Di Makkah
Riyadh, LiputanBMI - Ketua Forum Silaturrahim Warga Negara Indonesia Riyadh (FSWNIR), Abdul Malik An-Namiri membantah dugaan telah dibongkarnya makam Syeikh Nawawi Al Bantani.
Dugaan itu berawal dari sebuah video viral yang diunggah akun Abdurrahman Naufal Al-magribi pada Senin, (08/01) pukul 20:17 dengan judul “Makam Syeikh Nawawi Al Bantani Al Jawi telah Dibongkar Misterius”.
Saat mendapati video viral yang menuai ragam komentar miring itu, Gus Lik, demikian ia biasa disapa, melakukan kros cek dengan menghubungi koleganya, Ade Miftahuddin dan H. Holil di Makkah untuk segera meluncur ke pemakaman Ma’la pada Rabu malam, (10/01/2018).
“Menurut mukimin yang mutaqodimin di Makkah, Syeikh Nawawi Al Bantani dikebumikan tidak jauh dari makam Sayyidatuna Khodijah (pemakaman lama) sedangkan penggalian yang viral sekarang berada di lokasi pemakaman baru,” papar Gus Lik melalui pesan singkat.
Lebih lanjut Gus Lik menegaskan, informasi yang beredar tersebut merupakan konspirasi dari pihak tertentu, faktanya sangat jauh dari kebenaran dengan apa yang diisukan bahwa yang dibongkar tersebut makam Syeikh Nawawi Al Bantani.
“Lokasi penggalian yang viral di medsos sekarang sangat jauh, sekitar 200 meter dari lokasi dimana Syeikh Nawawi dikebumikan,” imbuhnya.
Menurut Gus Lik pula, lubang makam yang disiapkan untuk penguburan di pemakaman di Arab Saudi, memiliki kedalaman lubang 1,5 meter dan biasanya ditutupi balok beton.
Ia mengira, penggalian tersebut hanya sekadar untuk pengalihan saja supaya para jamaah haji dan jemaah umroh tidak berziarah ke sana. Menyakapi hal itu Ia berharap agar masyarakat tidak menyebarkan berita-berita yang belum jelas keabsahannya.
“Saya mengimbau ke masyarakat umum supaya tidak tergesa-gesa untuk menyebarkan berita-berita yang belum jelas, karena hal tersebut meresahkan masyarakat umum dan ia menanggung dosa. Begitu juga kepada saudara-saudara semua jangan nge-share berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, karena ia (termasuk) berserikat dalam menyebarkan berita bohong,” pesan Gus Lik.
Gus Lik, yang juga merupakan Ketua Majelis Syuriah MWCINU Riyadh, menukil sebuah kalimat berbahasa Arab,
من أعان على معصية فهو شريك لها.
“Barangsiapa berserikat dalam (menyebarkan) maksiat, maka ia berserikat dalam berbuat dosa.” pungkasnya.
NB: Ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada, Liputan BMI, hususnya Gus Ade Miftahuddin & Gus Holil Al Maduri yang telah berkenan turun langsung ke lokasi sehingga dengan upaya kalian dapat menyelesaikan isu terkait dengan baik.

Dalam status tersebut juga diberikan beberapa fakta foto dan video kondisi makam syekh nawawi banten terkini.

Semoga kabar tersebut tidak dibesar-besarkan, dan semoga Allah tetap menjaga makam Sayyid Ulama Hijaz, sebagai salah satu ulama panutan umat Islam. Amin.

Info Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
17/1/18 1:00 PM ×

ooo, ternyata isu aja ya mas

Reply
avatar
18/1/18 11:33 PM ×

Ya betul hanya isu saja, tapi kalau dilihat dari videonya memang makam Syekh Nawawi sempat di bongkar, hanya bagian atas saja

Reply
avatar

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning ConversionConversion EmoticonEmoticon