Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#InfoHaji | Jangan Ceroboh, Lakukan 9 Hal ini Saat Hendak Pulang dari Haji dan Umroh

Info Haji | Memiliki kesempatan berangkat ke mekah untuk melaksanakan Ibadah Haji dan Umroh adalah idaman setiap umat Islam.

 Jangan Ceroboh, Lakukan 9 Hal ini Saat Hendak Pulang dari Haji dan Umroh

Dengan adanya lembaga atau penyelenggara haji dan umroh, diharapkan para jemaah dapat melaksanakan ibadahnya di kota suci tersebut dengan khidmat dan khusyuk.

Harapannya, selain meraih haji atau umroh yang mabrur, perjalanan selama keberangkatan hingga pulang, dapat terlaksana dengan baik dan aman.

Jadi jangan sampai, karena kecerobohan sedikit justru berakibat fatal dan mengganggu proses perjalanan baik berangkat maupun pulanbg dari Haji dan Umroh.

Dan berikut ini ada semilan tips, yang perlu diperhatikan jamaah saat akan pulanbg dari tanah suci. Apa sajakah itu?

Dilansir dari okezone, dr. Nirwan, selaku Penanggung Jawab Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), berbagi tips bagi jamaah haji agar mereka tetap nyaman dan aman saat di pesawat.


  1. Saat akan take off, mintalah permen ke pramugari dan kunyah agar mulut tetap terbuka waktu perubahan tekanan udara menuju ketinggian.  Sebab, perbedaan tekanan dengan udara tertutup bagi sebagian orang bisa menyebabkan rasa sakit pada gendang telinga.
  2. Gunakan posisi tempat duduk senyaman mungkin, dan bawa barang bawaan secukupnya saja ke kabin pesawat.
  3. Berusahalah melakukan gerakan ringan tiap dua jam duduk, agar badan tidak kaku, agar terhidnar dari resiko Deep Vein Trombosis (DVT)  atau tersumbatnya pembuluh darah vena akibat lepasnya bekuan-bekuan dinding pembuluh darah.
  4. Jangan terbiasa menahan buang air kecil selama anda dalam penerbangan. Jika tidak tahu, minta tolonglah kepada teman atau pramugari untuk memberi tahu bagaimana cara memakai toilet saat di pesawat.
  5. Jangan ceroboh atau lali makan setiap jadwal makan tiba, dan telah disediakan oleh maskapai. Jangan ditunda-tunda jadwal makan, dan habiskan seluruh makanan, sebab porsi yang diberikan sudah sesuai dengan anjuran dokter.
  6. Jangan buang-buang waktu untuk melihat film, atau ngobrol dengan teman, tapi gunakanlah waktu tidur secara cukup dan cermat. agar kebugaran tubuh tetap terjaga
  7. Hindari minuman berkafein seperti kopi, dan cukup mengonsumsi air putih, jus buah, dan makanan secukupnya selama di pesawat. Sebab minuman berkafein dikhawatirkan dapat meningkatkan rasa cemas.
  8. Gunakan selalu sabuk pengaman selama di dalam pesawat, baik dalam keadaan terjaga maupun tidur.
  9. Terakhir, Jangan lupa berdoa untuk keselamatan semua dan ikuti semua arahan awak kabin pesawat.

Jadi mulai sekarang, jangan ceroboh, perhatikan kesembilan tips diatas, agar perjalanan pulang anda dari Haji dan umroh lebih aman. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "#InfoHaji | Jangan Ceroboh, Lakukan 9 Hal ini Saat Hendak Pulang dari Haji dan Umroh"

close
Banner iklan disini