Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariah. Lakukan, 5 Obat Penawar Hati



Manusia pasti menginginkan jalan yang benar, mudah dan tentram, tapi, semuanya itu harus di sertai syarat tertantu agar hati menjadi tenang dan jernih , karena jernih itu pula semua anggota akan mudah untuk melakukan amalan-amalan yang baik.

Sedangkan hati yang di di kuasai oleh sifat dengki, sifat hasut, iri hati, sombong, maka semua anggota tubuh akan mudah melakukan pelanggaran-pelanggaran, untuk menerima nasihat pun akan sulit di terima oleh hati.

Sifat dengki, sifa hasut, iri hati, sombong merupakan kotoran hati yang harus di bersihkan, kalau hati bersih, sudah jelas hati akan mudah melakukan kebaikan-kebaikan dan juga mudah tersentuh.

Lalu dengan apa hati harus bersihkan ?

Yang Pertama, Membaca al-qur’an


 al-qur’an merupakan salah satu penawar hati, lebih-lebih membaca al-qur’an mengerti makna yang terkandung di dalamnya, kalau hanya membaca, maka ia hanya mendapatkan apa yang ia baca, tidak mendapatkan kandungan yang terdapat di dalam al-qur’an

Yang Kedua mengosongkan perut 


maksudnya, isi perut tidak terlalu kenyang, ini merupakn salah satu penawar hati, agar hati selalu bersih dari kotoran, hati akan merasa tenang, terhindar dari penyakit, mudah melakukan ibadah. Ada  juga hadits  yang di sebutkan oleh Imam As-Suyuti dalam kitab Lubabul Hadits, “Pemimpinnya amal adalah lapar”. Sabdanya Nabi Muhammad Saw, “Paling dekatnya kalian kepadaku kelak di hari kiamat, yaitu orang-orang yang paling banyak merasakan kelaparan, maksudnya orang-orang yang menahan nafsunya dengan mengosongkan perutnya, bukan lapar karena tidak memiliki makanan. Dan juga orang-orang yang bertafakkur.

banyak hadits yang menerangkan keutamaan perut lapar, seperti kalau seseorang  mengosongkan perutnya, maka kelak di akhirat akan terus merasa kenyang, 





Yang Ketiga Melakukan ibadah di waktu malam


seperti shalat tahajjud, berdzikir lalu membaca al-qur’an sampai menjelang waktu subuh, paling afdlolnya ibadah malam yaitu sebelum di waktu subuh masuk kira-kira 15 sebelum fajar.

Yang Ke Empat Berdo’a


Seorang msulim senjata paling ampuh ada berdo’a, berdoa disini yaitu berdo’a untuk menahan nafsunya agar tidak bergerak melakukan perbuatan-perbuatn yang bisa mendatangkan murka Allah Swt


Yang Kelima bergaul Dengan Orang Shaleh


Sabda Nabi Muhammad Saw, “barang siapa mendatangi orang sholeh, para ulama, maka ia seakan-akan mendatangiku, Barang siapa yang mencium tangannya para ulama, orang sholih, para asatidz, maka ia sekan mncium tanganku, barang siapa duduk bersama para ulama, para kyai, para asatidz, maka ia seakan duduk bersamaku di dunia, dan barang siapa yang duduk bersama ku di dunia, maka akan aku dudukkan ia bersamaku di akhirat, ini merupakan sabda Nabi Muhammad Saw, 

Kenapa kita harus bergaul dengan orang shaleh, karena kalau kita bergaul tanpa kita sadari perbuatan-perbuatan yang di lakukan oleh orang shaleh tersebut akan mudah kita lakukan, dan apa yang di bicarakan oleh orang sholeh tidak lepas dari ilmu-ilmu Allah Swt.

Inilah obat mujarab untuk mengobati hati yang selalu lalai, mengobati hati yang terus di goda oleh sifat-sifat tercela, memberishkan hati dari kotoran, kalau hati tidak di obati, sudah barang tentu hati akn merasa sakit, kalau sakit, akan mudah syaitan membujuk.

Semoga artikel ini bermanfaat.


Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariah. Lakukan, 5 Obat Penawar Hati"

close
Banner iklan disini