Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariah. 6 Adab Menunaikan Shalat Jum’at Tuntunan Ulama Salaf

5 Adab  Menunaikan Shalat Jum’at Tuntunan Ulama Salaf


Agama islam merupakan agama yang benar, ini bagi yang sadar dan percaya, sedangkan orang yang tidak sadar dan tidak percaya, maka agama yang di anutnya yang benar.

Dalam islam semua tingkah laku manusia ada peraturan-peraturan dan tuntunan yang harus di taati, seperti tuntunan jual beli yang benar, dalam pernikahan juga ada tuntunannya dan juga dalam kriminalisasi juga ada, tinggal manusianya yang harus sadar.

Begitu juga ketika akan menghadiri shalat jum’at, islam juga memberi tuntunan yang benar, agar tahu mana yang benar-benar beribadah dan mana yang munafik. Di antaranya:

Mandi Karena Ingin Shalat Jum’at


Semua orang muslim pastinya melakukan tuntunan yang pertama ini yaitu mandi jum’at, untuk waktunya mulai terbitnya fajar sampai tergelincirnya matahari atau sudah habis waktu shalat jum’at.

Keutamaan mandi karena hendak shalat jum’at, dari sebagian hadits mengtakan seseorang yang mandi kerena hndak menunaikan ibadah jum’at, maka ia akan di ampuni dosa-dosanya (Dosa Kecil)

Niat Mandi hari jum’at

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى


Membaca Do’a Ketika Keluar Rumah


Setelah selasai mandi, lalu berangkat, Nah sebelum berangkat, terlebih dahulu membaca doa keluar rumah, agar ketika berngkat ke masjid tidak terjadi sesuatu yang tidak di harapkan.

Do’a Keluar Rumah

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه


Berjalan Di Belakang Orang Tua


Ketika berjalan menuju masjid, lalu bertemu dengan orang tua yang juga menuju masjid, hendaknya tidak mendahulunya, dan senantiasa sabar berjalan di belakang orang tua tersebut, ini etika yang di ajarkan oleh Sayyidina Ali Karamallahu Wajhah.


Melepas Sandal Kaki Kiri 


Etika yang selanjutnya ketika hendak memasuki Masjis terlebih dahulu melepas Sandal atau sepatu, ini berlaku di negara asia tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Brunai Darussalam dan Singapore.

Etika melepas sandal di awali sandal bagian kiri, ini berlaku kalau melepas sandal, selanjutnya melepas sandal bagian kanan, posisi kaki diam di atas sandal yang sudah di lepas tadi.

Mendahulukan Kaki Sebelah Kanan Saat Masuk Masjid

Setelah melepas sandal dan posisi kaki di atas sandal, maka selanjutnya melangkahkan kaki bagian kanan ke lantai masjid.

Untuk keluar dari masjid dahulukan kaki bagian kiri, ini semata-mata untuk mengagungkan rumah yang selalu di turunkannya rahmad Allah Swt.

Ada Kisah Imam Sufyan As-Tsauri ketika mendahulukan memasuki masjid mendahulukan kaki kirinya, lalu ada Suara tanpa rupa memanggil dengan mana, “Hai As-Tsauri, dahulukan kaki kananmu jangan kau dahulukan kaki kirimu, arti kata As-Tsauri (Banteng).


5 Adab  Menunaikan Shalat Jum’at Tuntunan Ulama Salaf

Membaca doa masuk masjid


Dalam kitab di sebutkan bahwa di sunahkan membaca do’a ketika kaki  kanan melangkah menaiki lantai Masjid dan juga di sunnahkan membaca doa ketika keluar Masjid saat kaki kiri meletkkan ke lantai luar masjid

Doa Masuk Masjid

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Yang artinya, “ Ya Allah Swt bukakan untukku pintu rahmadmu”. 

Doa Keluar Dari Masjid

اَللّهُمَّ اِنِّيْ أسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Yang artinya, “Ya Allah Swt sesungguhnya aku meminta anugrahmu ajunan”.

Ber’tikaf Di Dalam Masjid


Sebelum masuk ke dalam masjid terlebih dahulu berniat i’tikaf, i’tikaf sendiri iyalah berdiam diri di dalam masjid semata-mata mengharap ridlo dari Allah Swt.

Niat I’tikaf

نَوَيْتُ اَنْ اِعْتِكَفَ فِى هَذَا المَسْجِدِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Demikiaanlah artikel yang dapat kami informasikan semoga bermanfaat





Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariah. 6 Adab Menunaikan Shalat Jum’at Tuntunan Ulama Salaf"

close
Banner iklan disini