Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariah. 7 Keutamaan Shalawat Kepada Nabi Muhammad Saw

7 Keutamaan Shalawat Kepada Nabi Muhammad Saw
Keutamaan Memaba Shalawat


Setiap orang muslim di perintah oleh Allah Swt untuk selalu membaca shalawat kepada makhluk yang paling mulya yakni Nabi Muhammad saw, ini menandakan semua makhluknya Allah baik yang ada di langit, seperti malaikat atau yang ada di bumi seperti manusia, sama-sama membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Maka, sudah selayaknya kita umat islam untuk membaca shalawat kepada nabi muhammad Saw, seperti perintah yang terdapat di dalam kitab al-qur’an


إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا


“Allah Swt beserta malaikatnya membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw, Bagi orang yang beriman di perintah juga untuk membaca shalawat”

Sebagian ulama manafsiri ayat “نَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ” bahwa kalau Allah Swt membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw berarti yang di maksud Allah Swt memberikan rahmad, sedangkan para malaikat yang membaca shalaawat berarti yang di maksud memintakan ampunan.

Nah, sedangkan manusia membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw, semata-mata mengharap syafaatnya Nabi Muhammad Saw kelak di akhirat.

Lalu dengan adanya perintah dari Allah Swt untuk membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Saw, adakah keutamaan yang terkandung di dalam shalawat bagi orang yang membacanya.

Banyak keutamaan-keutamaan yang di jelaskan di dalam kitab-kitab mu’tabarah yang banyak di kaji oleh para santri, untuk sama-sama memberikan kemanfaatan kepada semua lapisan manusia, maka, sudah selayaknya admin galeri kitab kuning menyebutkan keutamaann-keutamaaan shalawat Nabi.



Yang pertama


Semua makhluk memintakan ampunan

Barang siapa yang memperbanyak membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Saw, maka, Allah Swt akan memerintah kepada seluruh makhluknya untuk memintakan ampunan kepada orang yang membaca shalawat sebelum ia meninggal dunia.

Yang Kedua


Shalawat Menjadi Penerang

Barang siapa yang memperbanyak membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Saw, maka kelak bacaan shalawat tersebut akan menjadi penerang di alam kuburnya, menjadi penerang baginya saat melintasi jembatan Syirathal Mustaqim dan juga menjadi penerang kelak di dalam surga.


Yang Ketiga

7 Keutamaan Shalawat Kepada Nabi Muhammad Saw
Bidadari Surga


Di Perbanyak Istri Di Surga

Barang siapa yang paling banyak membaca shalawat kepada nabi Muhammad Saw, maka kelak ia akan lebih banyak istrinya di surga, oleh sebagian ulama hadits ini di nilai marfu’.

NB: menurut sebagian ulama kelak seseorang akan menempati sebuah kota di surga, di kota tersebut ada istana yang di sediakan untuknya, dan di dalam istana tersebut  sudah tersedia 4 ribu kamar, setiap  kamar ada 4 ribu ranjang, setiap ranjangnya ada 4 ribu bidadari yang siap untuk  melayani.

Lalu bagaimana jika ada orang yang paling banyak membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw?


Yang Keempat


Keterimanya Doa Kerena Shalawat

Ada sebuah hadits dari Sayyid Ali Karamallahu Wajhah, “Semua doa yang di sampaikan kepada Allah swt terhalang, kecuali dalam doa tersebut di bacakan shalawat”.

Ulama menyikapi hadits ini banyak terjadi ikhtilaf, ada yang mengatakan ini perkataan Sayyid Ali Bin Abi Thalib, ada ulama yang lain mengatakan ini sabda Nabi Muhammad Saw.

Karena hadits ini di nilai dloif oleh sebgian ulama, kemudian oleh Syeikh al-Bani di kuatkan dengan pendapatnya beliau, bahwa, “Hadits mauquf perkataan Sayyidina Ali ini dihukumi sebagai sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena keterangan semacam ini tidak mungkin disampaikan berdasarkan ijtihad.

Walaupun demikian ini bukan sabda Rasulullah Saw, mengingat kalimat di atas tidak mungkin disampaikan oleh para sahabat berdasarkan ijtihad mereka, maka para ulama menghukuminya sebagai sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Yang Kelima


Terbebas Dari Api Neraka

Barang siapa bershalawat kepadaku satu kali saja, maka allah Swt akan memberikan 10 rahmad kepadanya, kalau bershalawat 10 kali kepadaku Allah Swt akan memberikan 100 Rahmad kepadanya, kalau membaca shalawat 100 kali kepadaku, maka Allah Swt akan memberikan 1000 rahmad kepadanya, lalu kalau membaca shalawat 1000 kali kepadaku sudah selayaknya orang tersebut terbebas dari api neraka.

Yang Keenam


Berkumpul Dengan Para Syuhada’

“Barang Siapa membaca shalawat kepadaku 1 kali, maka Allah Swt akan memberikan 10 rahmad  kepadanya”,

“Barang siapa membaca shalawat 10 kali kepadaku, maka Allah Swt akan memberikan 100 rahmad kepadanya”,

“Barang siapa membaca shalawat kepadaku 100 kali, maka Allah swt akan mencatat orang tersebut terhindar dari sifat munafiq, terbebas dari api neraka dan akan di kumpulkan dengan para orang-orang yang gugur dalam menegakkan agama Allah.

Yang Ketujuh


Terhapusnya Dosa Kecil

Nabi Bersabda kepada para sahabatnya, “Bacalah shalawat kepadaku, niscaya kamu akan terhapus dosa-dosanya dan mintalah kepada Allah untukku wasilah”. Para sahabat bertanya: “apakah wasilah itu?” beliau menjawab: “derajat yang paling tinggi di surga yang hanya seorang saja yang akan memperolehnya dan aku berharap semoga akulah orang yang memperolehnya.

Ulama menafsiri hadits ini yang di maksud terampuni dosa ialah dosa-dosa kecil, untuk dosa-dosa besar tidak cukup dengan membaca shalawat harus dengan sebenar-benarnya bertaubat, seperti merasa menyesal, memiliki keinginan yang kuat untuk tidak mengulangi kesalahan dan lain sebaginya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai 7 keutamaan bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw, semoga kita di permudah di luas hati kita untuk selalu membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Saw.

NB: Seajatinya membaca shalawat yakni hanya mengharap ridlo dari Allah Swt dan mengharap syafaat bukan mengharap keajaiban ketika membaca shalawat tersebut, sebab, ketika seorang mengharap keajaiban dari shalawat yang ia baca, maka, ketika ia tidak mendapatkan keajaiban tersebut ia akan mudah malas dan meninggalkan membaca shalawat.



Semoga bermanfaat untuk semuanya.. aminn
























Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariah. 7 Keutamaan Shalawat Kepada Nabi Muhammad Saw"

close
Banner iklan disini