Portal Informasi Islam Dan Download PDF

#Konsultasi Syariah. Mitos Atau Fakta 7 Hari Setelah Kematian Ruh Keluarga Berpamitan


Sahabat Galeri Kitab yang selalu di berikan kesehatan sehingga kita  masih di beri kenikmatan untuk mencicipi nikmatnya bulan suci ramadlan pada tahun ini. 

Sebelum bulan suci ramadlan ini usai, tidak ada salahnya admin galeri kitab memberikan ilmu yang mugkin memberikan kemanfaatan untuk sahabat-sahabatku.

Terkat isu yang berkembang di pedesaan atau mungkin ada d sebagian kota mempercayai bahwa ketika ada orang terdekat kita meninggal dunia pas memasuki hari ketujuh biasanya a berpamitan mungkin dengan isyarat seperti memecahkan piring, gelas ada benda-benda lain atau bisa saja menampakan diri atau leat mimpi.




Nah, terkait isu yang beredar di masyarakat apakah memang  ada dalil dalam hadits atau fatwa para imam mazhab orang meninggal berpamian usai tujuh hari dari kematiannya.

kalau melihat dalil dari hadist dan fatwa ulama tidak terdapat dalil yang menyatakan bahwa mayit tidak bisa berpamitan kepada keluarganya setelah 7 hari setelah kematian.

Sebab menurut Imam Syaikh Abdurrahman bin Nashir Al-Barrak dalam salah satu fatwanya bahwa

"Seseorang setelah meninggal, dia menghilang dari kehidupan dunia ini, dan berpindah ke alam akhirat. Dan ruhnya tidak kembali ke keluarganya, dan tidak mengetahui semua keadaan keluarganya. 

Kabar yang menyebutkan bahwa ruh kembali ke keluarga selama 40 hari adalah khurafat, yang sama sekali tidak memiliki dalil. Demikian pula mayit, dia tidak mengetahui keadaan keluarganya, karena dia tidak ada di tengah-tengah mereka. Mereka sibuk dalam kenikmatan atau adzab".

Semoga keluarga kita yang sudah meninggal mendapatkan nikmat kubur. aminn..

Meskipun tidak ada dalil yang mendasarinya kita tetap yakin bahwa Allah Swt pasti memberikan kewenangannya kepada mayit siapapun yang ia kehendaki untuk berpamitan atau mendatangi kekeluarganya.

Sebab, kebanyakan masyarakat telah mengalami hal demikian ntah itu memang kebetulan atau memang benar adanya tentang arwah keluarga berpamitan saat 7 Hari Setelah Kematian. kita hanya menyakini saja bahwa ada alam yang tidak bisa kita jangkau secara kasat mata, terkait hal demikian kita kembalikan semuanya kepada dzat yang menciptakan.

Yang penting kita sama-sama mendoakan arwah keluarga kita agar selalu di beri kenikmatan di alam ahirat nanti.

demikian yang dapat kami informasikan semoga bermanfaat untuk sahabat-sahabat semua. aminn..








0 Komentar untuk "#Konsultasi Syariah. Mitos Atau Fakta 7 Hari Setelah Kematian Ruh Keluarga Berpamitan"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top