Portal Informasi Islam Dan Download PDF

#InfoIslam. Bersalaman Saat Lebaran, Ternyata Ada Rahasia Besar Yang Perlu Kita Ketahui





Galeri Kitab Kuning. Tradisi di indonesia merupakan salah satu budaya yang selalu di lirik oleh negara Internasional, baik budaya yang bernuansa islami atau non islami.

Budaya yang mendarah daging dan di minati oleh Negara internasional yakni Reok Ponorogo, bahkan, oleh negara tetangga sempat di jadikan budaya yang berasal dari negaranya, padahal bukan.

Nah, Galeri Kitab kali ini akan membagikan kepada sahabat semua mengenai budaya atau tradisi yang selalu ada di saat lebaran Idul fitri atau idul adha apalagi kalau bukan bersalaman.


Baca Juga: Tradisi Melayat Ala Nusantara Yang Mencengangkan


Selain bersalaman menjadi bagian dari kehidupan Rasulullah di masa silam, ternyata bersalaman yang di ajarkan Rasulullah Saw dan menjadi Tradisi di negara Indonesia, ternyata di balik  bersalaman itu ada berbagai rahasia besar yang perlu  kita ketahui.

Yang Pertama, Seseorang yang berjumpa, mengucapkan salam dan bersalaman, maka dosa-dosanya akan di lebur, untuk itu sangatlah rugi kalau hari raya tidak meminta maaf dan bersalaman.

Yang Kedua bersalaman akan menjadi simbol perdamaian dan kerukunan, ini di contohkan saat Rasulullah Saw menyebarkan islam, beliau saat bertemu dengan sahabat atau sahabat yang memusuhi beliau, beliau selalu mengucapkan salam dan bersalaman, meskipun terkadang di tolak.

Dengan sikap yang di contohkan oleh Rasulullah Saw  sahabat yang tadi memusuhi beliau lambat laun sangat sayang kepada beliau melebihi rasa sayang pada dirinya.

Yang Terakhir menurut riwayat dari Al-Barra’ bin Azib dari Abu Dawud dan Tarmidzi, disebutkan bahwa mushafahah atau bersalaman dapat melebur dosa.

Dengan penjelasan di atas ini dapat di simpulkan bahwa bersalaman itu sudah di contohkan oleh Rasulullah Saw untuk mengikat dan mendamaikan antar sahabat dan suku.

Untuk itu kita jangan sampai melewatkan momen spesial itu, agar dosa yang kita perbuatan bisa luntur hanya dengan mengucapkan salam dan bersalaman.


Baca Juga: Batasan 40 Hari Panjangkan Kuku Agar Tetap Cantik Menurut Syariat Islam


Sebab, orang yang bersalaman terhadap orang lain ia telah menampakkan adanya rasa saling mencintai, saling memaafkan, menunjukkan rasa aman, kedamaian dan kasih sayang.

Demikian yang dapat kami bagikan untuk sahabat-sahabat semua, semoga apa yang admin Galeri Kitab Kuning bagikan selalu memberi kemanfaatan, baik untuk sahabat dan admin sendiri. aminn Ya Mujibas sailin..



Tag : Info Islam
0 Komentar untuk "#InfoIslam. Bersalaman Saat Lebaran, Ternyata Ada Rahasia Besar Yang Perlu Kita Ketahui"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top