Portal Informasi Islam Dan Download PDF

#Konsultasi Syariat. Inilah Hukum Anak Kecil Puasa Ramadlan



Sahabat Galeri Kitab Kuning. Puasa tinggal 1 hari lagi itu kalau ada ketentuan dari Kemenag hari raya jatuh pada hari jum’at, kalau ketentuannya jatuh pada hari sabtu berarti puasa kurang 2 hari lagi.

Tapi, pada kesempatan hari ini admin Galeri tidak membahas masalah waktu hari raya, Namun, akan membahas masalah puasanya anak kecil yang belum baligh.

Di Negara Indonesia banyak anak kecil yang sudah kuat untuk menunaikan ibadah puasa , namun, ada juga anak kecil yang belum kuat untuk menunaikan ibadah puasa sehari Full. Untuk pembelajaran biasanya anak kecil puasa setngah hari.

Ini tips untuk melatih anak kecil agar kuat menjalankan ibadah puasa, lalu bagaimana hukum anaknya kecil yang berpuasa?

Menurut Imam malik  anak kecil tidak wajib untuk berpuasa, lalu berapa batasan anak kecil wajib untuk berpuasa?

Dalam hal ini ulama berbeda pendapat ada yang mengatakan umur 7 tahun, ada juga yang berpendapat umur 10 tahun dan juga ada yang berpndapat 12 tahun. 

Perbedaan pendapat ini karena melihat kekuatan kondisi si anak, ada yang berusia 7 tahun sudah kuat menjalankan puasa sehari, lalu ada anak umur 10 tahun belum kuat untuk menjalankan ibadah puasa.

Maka dari itu meskipun anak tidak kuat untuk menjalankan puasa sehari full di anjurkan bagi walinya untuk melatih anak agar puasa setengah hari, meskipun puasa setengah hari ini tidak ada landasannya. Namun, ini di lakukan semata-mata untuk pembelajaran.

Toh meskipun puasa  sebelum usia baligh pahala puasa akan di peroleh oleh walinya sendiri, bahkan semua ulama sepakat bahwa anak kecil yang belum baligh tidak di wajibkan untuk  berpuasa.

Namun, sunnah untuk memerintah anaknya agar berpuasa, dengan cacatan anak tersebut di rasa mampu berpuasa.

Baca Juga: Doa Orang Menerima Zakat Fitrah


Nah, dari paparan di atas ini dapat di simpulkan bahwa anak kecil yang belum baligh tidak di wajibkan untuk berpuasa, namun, sunnah memerintah anaknya untuk berpuasa, ini di lakukan untuk melatih anak serta untuk menanamkan rasa taat kepada Allah St.

Lalu kalau anak berpuasa di usia belum baligh pahala puasanya kembali kepada walinya.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan semoga dengan artikel ini anak-anak bangsa Indonesia bisa berpuasa dengan baik serta ada niatan mendekatkan diri kepada Allah Swt. Amin..

0 Komentar untuk "#Konsultasi Syariat. Inilah Hukum Anak Kecil Puasa Ramadlan"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top