Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariah. Inilah Hukum Berbekam Saat Puasa Ramadlan Yang Perlu Di Ketahui



Galeri kitab Kuning. Islam telah mengatur semua aktifitas yang di kerjakan oleh manusia, mulai masalah akad transaksi, pernikahan, masalah ibadah dan juga kriminal.

Selain itu islam juga mengatur pola kehidupan agar manusia bisa hidup dengan sehat dan bugar, salah satunya berbekam. apa itu bekam?

Berbekam merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan darah kotor lewat pori-pori kulit atau lewat pembuluh darah.

Fashdu adalah mengeluarkan darah lewat pembuluh darah vena yang di dalamnya bisa terdapat penyumbatan-penyumbatan merugikan untuk tubuh.

Nah, bagaimana kalau berbekam saat puasa, apakah dapat membatalkan puasa atau tidak? di kesemapatan yang lalu admin pernah membahas masalah Perkara Yang Membatalkan Puasa.

Yakni perkara yang membatalkan puasa yakni, makan, minum, bersetubuh, keluar mani dengan sengaja, nifas, haid dan murtad, selain yang tidak di sebutkan, maka tidak membatalkan puasa seperti berbekam.

Sebab, berbekam tidak memasukkan benda ke dalam tubuh, melainkan, mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh.

Perlu di ketahui meskipun berbekan atau Fashdu tidak membatalkan puasa, Namun, sebagian ulama menyarankan untuk tidak berbekam saat puasa, sebab, tubuh akan menjadi lemas, larangan ini berlaku untuk orang yang meminta berbekam dan orang yang membekam.

Keterangan ini di ambil dari kitab Mughni Al-Muhtaj

) يستحب (أن يحترز عن الحجامة) والفصد ونحوهما؛ لأن ذلك يضعفه فهو خلاف الأولى كما في المجموع وإن جزم في أصل 
الروضة بكراهته. وقال المحاملي: يكره أن يحجم غيره أيضا ـ مغني المحتاج


Dari penjelasan di atas ini  dapat di simpulkan bahwa, berbekam saat berpuasa itu tidak membatalkan puasa, Namun ada sebagian ulama menghukumi makruh, alasannya karena, berbekan saat perut sedang kosong mengakibatkan lemah.

Demikian yang dapat kami bagikan semoga sahabat dapat mengambil manfaat dari artikel ini. aminn



Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariah. Inilah Hukum Berbekam Saat Puasa Ramadlan Yang Perlu Di Ketahui"

close
Banner iklan disini