Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariah. 5 Berkahnya Sahur Yang Wajib Kita Ketahui


Sahabat Galeri Kitab Kuning. Sahur merupakan salah ibadah yang berupa memakan makanan yang di lakukan  setelah tengan malam tujuannya untuk melakukan ibadah puasa. Selain untuk menambah kekuatan sahur juga untuk memperoleh kesunnahan.



Baca Juga: Hukum menyegerakan makan sahur


Selain memperoleh kesunnahan sahur, ternyata di dalam sahur ada beberapa keberkahan yang perlu di ketahui oleh umat islam, seperti yang telah di riwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim dari Anas bin Malik Bhwa Rasulullah Bersabda:

“Makan sahurlah kalian semua, niscaya kalian akan mendapatkan keberkahan di dalam sahur tersebut”.

Ulama ahli tafsir dan pendapat beberapa ulama mengenai keberkahan yang ada di dalam hadits di atas yakni:

Balasan berupa pahala ada juga yang berpendapat sahur hanya untuk menguatkan bagi orang yang berpuasa, tambah giat, menghilangkan berat saat berpuasa.

Mendapat manfaat bangun di  waktu sahur dengan berdoa dan membaca istighfar sebab bangun pada waktu sahur mmerupakan waktu istijabah, seperti yang telah di jelaskan di dalam kitab Dalilu al Falihin.

“Keberkahan Sahur yakni adakalanya balasan dan juga pahala, ada juga yang berpendapat keberkahan sahur yakni menambah kekuatan saat berpuasa, menambah semangat, terhindar dari beban berpuasa, ada juga yang berpendapat keberkahan sahur yakni menjadikan orang bangun di tengah malam sehingga ada waktu untuk berdoa, sebab, berdoa d waktu sahur, doanya istijabah.

Menurut Imam Nawawi Dalam Kitab Syarh Muslim bahwa yang paling dekat dengan benarnya penafsiran kata berkah sahur yakni untuk menambah kekuatan saat berpuasa, serta  menambah kesintaan puasa sebab hiangnya beban berat berpuasa.

Pendapat ini merupakan pedapat yang kuat landasannya sehingga bisa di buat pegangan untuk makna keberkahan sahur.

Selain ada keberkahan di dalam sahur ternyata ada manfaat nya juga yakni dalam rangka mengikuti sunnah, pembeda dengan puasanya ahlu kitab, emnguatkan ibadah, dzikir dan bisa berdoa di waktu sahur.

Baca Juga: Hukum Mandi Jinabat Kemasukan Air Tidak Membatalkan Puasa.


Di katakana Oleh salah satu Imam dalam kitabnya bahwa keberkahan sahur itu bisa di raih dari beberapa arah yang pertama bisa menambah kuatnya berpuasa, mengharap kesunnahan, untuk membedakan puasanya ahlu kitab dan untuk mengantissipasi lupanya niat puasa.

Demikianlah artikel yang bisa admin bagikan kepada sahabat galeri Kitab semoga bermanfaat dan selalu mendapatkan pertolongan dan di beri pahala kelak di hari pembalasan. Aminn..


Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariah. 5 Berkahnya Sahur Yang Wajib Kita Ketahui"

close
Banner iklan disini