#Konsultasi Syariah. Hukum Menyegerakan Makan Sahur Yang Perlu Kita Ketahui

Makan Sahur

Galeri Kitab. Bulan ramadlan memang sangat di nantikan oleh kaum muslimin khususnya di Negara Indonesia, ntah karena ingin segera merayakan hari raya atau memang ingin mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Sebelum umat islam menjalankan ibadah puasa pada siang hari ada kesunnahan yang harus di lakukan oleh umat islam pada malam hari, apa itu? Yakni makan sahur.




Makan sahur merupkan salah satu kesunnahan yang harus di lakukan, Namun, makan sahur terkadang menjadi kendala bagi orang yang mau melakukan ibadah puasa yakni bangun dari tidur di sepertiga malam atau sahur ketika mau menjelang terbitnya fajar.

Terkadang masyarakat mencari solusi agar bisa makan sahur meskipun makan sahurnya sebelum tengah malam atau makan sahur sebelum tidur, ini di lakukan agar bisa makan sahur, kalau tdur kebiasaannya bangun setelah imsyak.

Dengan kondisi seperti ini apakah makan sahur yang di lakukan sebelum tengah malam tetap mendapatkan kesunnahan, mengingat kesunnahan makan sahur di lakukan sepertiga malam bahkan lebih afdolnya ketika mau terbit fajar.

Perlu di ketahui bahwa makan sahur yang di lakukan sebelum sepertiga malam atau sebelum tidur tidak di katakana makan sahur, bahkan tidak mendapatkan kesunnahan.

Lalu di katakan apa makan sahur sebelum sepertiga malam atau sebelum tidur, menurut orang jawa di namakan Nekos hhh

Keterangan yang ada di dalam kitab-kitab klasik bermadzhab syafi’i seperti Syarh Muhadzab, Qulyubi Wa umara Dan I’anatut thalibin orang yang makan sahur sebelum tengah malam atau sebelum tidur bukan di katakana makan sahur dan juga tidak mendapatkan kesunnahan.

Admin kutib satu keterangan saja yang ada di dalam kitab I’anatut Thalibin.

“Masuknya waktu sahur yakni setelah tengan malam, adapun makan sahur sebelum tengah malam tidak di katakan makan sahur dan tidak mendapatkan kesunnahan.

Adapun  sahur yang utama yakni mendekati terbitnya fajar ukurannya membaca 50 ayat al-qur’an dengan santai. 




Untuk itu kita harus berusaha untuk makan sahur yang sesuai dengan tuntutan syariat agar mendapatkan kesunnahan, banyak cara yang kita lakukan agar bangun setelah tengah malam, yakni jangan tdur terlalu malam dan sediakan jam alerm.

Kenapa kita di haruskan makan sahur, ternyata di balik anjuran tersebut  ada hikmah yng terpendam Baca Selengkapnya Hikmah Makan Sahur

Demikian yang dapat admin bagikan semoga apa yang admin bagikan selama bulan ramadlan ini bermanfaat untuk umat islam khususnya, serta menjadikan amal kebaikan kelak di ahir penghitugan amal. aminn


Info Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning ConversionConversion EmoticonEmoticon