#InfoIslam. 5 Kajian Kitab Kuning Yang menjadi Keistiqomahan Pesantren Jawa Timur



Sahabat Galeri Kitab. Kitab kuning merupakan salah satu karangan ulama salaf yang sering di kaji di dalam pesantren, tanpa kajian kitab kuning, berarti bukan pesantren namanya, tapi, kos-kosan.

Dalam artikel ini kita akan di bawa untuk membahas masalah kajian kitab yang menjadi tradisi hataman di pesantren, seperti contoh pesantren Ploso, meskipun pesantren ploso memiliki santri sangat banyak dan terlama, ternyata pesantren ini memiliki ciri khas dalam kajian kitab.


Baca Juga: Kitab Kuning Yang Paling Sering Dipelajari Di Pondok Pesantren


Yakni selalu mengkaji kitab fathil qorib dan selalu mengulang kitab ini di kala sudah hatam di kaji, ternyata kajian ini  tetap istiqomah sampai sekarang ini.


Kajian Kitab Kuning Yang menjadi Keistiqomahan Pesantren


Berbicara tentang kitab kuning yang di pelajari di Pondok Pesantren, ternyata pesantren juga memiliki ciri khas kajian yang menjadi pembeda dari pesantren-pesantren yang lain.

Meskipun pesantren mengistiqomahkan satu kajian kitab, dari berbagai macam kitab, ternyata di dalam pesantren tersebut juga masih mengkaji berbagai macam kitab, Namun, ciri khas yang paling terlihat adalah kajian khususnya, mungkin lebih banyak waktunya atau memang sudah menjadi misi pesantren yang sudah di dokumentasikan.

Nah, Kajian Kitab Kuning Yang menjadi Keistiqomahan Pesantren ini di antaranya:



Pesantren Ploso Mojo Kediri



Pesantren ini di dirikan oleh Kyai Achmad Djazuli Ustman, sejak beliau mendirikan pesantren dan banyak santri yang berdatangan dari berbagai penjuru untuk mengkaji ilmu kepada beliau, ternyata beliau sangat menyukai kitab fathil qorib sejak beliau masih nyantri di berbagai pesantren.

Ternyata kecintaan beliau terhadap Kitab Fathil qorib ini, menjadikan kitab ini menjadi kajian utama pesantren Ploso Mojo Kediri sampai sekarang ini.

Pesantren Darussalam Blogagung Banyuwangi


Pesantren yang kedua ini di asuh oleh Kyai Hasyim Syafaat yang beralamat di Jl. PP Darussalam Blokagung, Karangmulyo, Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pesantren ini memiliki kapasitas santri yang sangat banyak dan alumninya tersebar di seluruh provinsi Indoensia dengan title berbacam-macam.

Selain memiliki santri yang beribu-ribu, pesantren ini juga memiliki kajian istiqomah mulai dari pendiri sampai pengasuh yang sekarng ini yakni kajian kitab Ihya' Ulum Ad-din.


Raudlatul Ulum I Ganjaran Gondanglegi Malang


Pesantren Raudlatul Ulum I yang di dirikan oleh Kyai Yahya Bin Syabrowi beralamat di desa ganjaran nomer 127  kecamatan gondanglegi kab. malang.

Saat ini pesantren Raudlatul Ulum I di asuh oleh putra beliau yakni Kyai Mukhlis Bin Yahya, masing-masing pesantren memiliki kajian khsusus, salah satunya pesantren ini, yakni mengkaji Kitab Nahwu Dan Ahklaq.

Alasan beliau mengistiqomahkan  kitab nahwu yakni salah satu alat untuk menggali suatu ilmu, kalau tidak ada  alat ini, maka sulit sekali untuk bisa menggali ilmu di dalam kitab kuning. maka pertama kali santri di tekan untuk mengkaji kitab nahwu. seperti Kitab Jurumiyah, Amrty dan Al-fiyah Ibn Malik.

Setelah ilmu nahwu sudah berjalan selanjutnya mengkaji kitab ahklaq, agar ilmu dan akhlaq bisa berjalan seitringan.

Tambak Beras Jombang, Jawa Timur


Pesantren Tambak Beras jombong yang di asuh oleh Kyai Wahab Hasbullah merupakan salah satu  pesantren yang memiliki pendidikan formal yang sangat baik, bahkan pendidikan di jombang ini bisa melanjutkan pendidikan ke Negara arab dan Al-Azhar Kairo.

Nah, agar semakin berkah Yuk Download Kitab Imam Syafi'i Yang Paling Terkenal yang sering di kaji Di Pesantren Jawa Timur.

Selain pendidikan formal yang sangat baik, pondok Tambak Beras Jombang yang bernama Pesantren Bahrul Ulum ini juga memiliki kajian kitab kuning yang sampai sekarang tetap istiqomah yakni kajian dalam bidang hadits.

Demikianlah  5 Kajian Kitab Kuning Yang menjadi Keistiqomahan Pesantren Jawa Timur, yuk tunggu apa lagi ikutin pengajian kitab kuning di pesantren di atas ini. semoga dengan adanya pengajian di pesantren ini menjadi perubahan besar bagi warga negara Indonesia. aminn
















Info Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning ConversionConversion EmoticonEmoticon