Portal Informasi Islam Dan Download PDF

#Konsultasi Syariah. 5 Keagungan Surat Al-Ikhlas Yang Sangat Mencengangkan



Galeri Kitab Kuning. Al-qur'an merupakan  salah satu mu'jizat nabi Muhammad Saw yang paling agung, serta  al-qur'an di turunkan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai pedoman bagi umatnya, agar bisa menapaki jalan di dunia ini dengan selamat.

Al-qur'an termasuk salah satu pedoman umat islam yang di dalamnya banyak bercerita tentang kisah-kisah para nabi terdahulu, agar bisa di ambil pelajaran, serta menceritakan banyak kejadian yang tidak bisa di cerna oleh akal pikiran seperti terbentuknya janin, terbelahnya bulan dan banyak yang telah terkupas.

Di dalam al-quran terdapat 114 surat dari 6666 ayat, Nah, ternyata di dalam al-qur'an ada salah satu surat yang sangat menakjubkan untuk kita kupas, yakni surat al-Ikhlas.


Baca Juga: Teks Kedasyatan Hisb Bahar Karangan Syeikh Abu Hasan As-Syadzily


Surat al-ikhlas merupakan surat yang ke 112 dalam al-qur'an dan juga salah satu surat yang di turunkan di Makkah. dengan jumlah 4 ayat, surat al-ikhlas ini  menegaskan bahwa keesaan Allah sembari menolak segala bentuk penyekutuan terhadap-Nya.

Dalam satu  Hadist Nabi surat al-ikhlas terdapat di setiap sayap malaikat keterangan ini di riwayatkan oleh Imam Abdullah Bin Abbas, bahwa  Rasulullah Saw pernah bersabda, "ketika Saya di Isra'kan ke Sidratul Muntaha.

"Saya melihat Arsy di atas 360.000 sendi di mana jarak tempuh antara satu sendi ke sendi yang lain yakni di tempuh selama perjalanan 300.000 tahun..

Pada tiap-tiap sendi terdapat padang sahara sebanyak 12.000 dan luasnya dari satu padang sahara seluas  dari timur hingga ke barat, pada setiap padang sahara terdapat  80.000 malaikat, ke semua malaikat membaca surat al-ikhlas.

setelah selssai membaca surat al-ikhlas  malaikat berkata, "wahai Tuhanku, pahala surat al-iklhas ini kami berikan kepada orang-orang yang membaca surat al-iklhas baik laki-laki atau perempuan", dari sabda nabi Muhammad Saw ini para sahabat sangat kagum akan keagungan surat al-ikhlas.

Setelah nabi Muhammad Saw menyampaikan hadits, beliau lalu bersabda lagi, "Demi Allah Swt yang jiwaku di kuasai,  sesunngunhnya Qul huwa allaahu ahad tertulis di sayapnya malaikat jibril As, allaahus shshamad tertulis di sayapnya malaikat Mikail, lam yalid walam yuulad tertulis pada sayapnya malaikat Izrail, walam yakullahu kufuwan ahad tertulis pada sayapnya malaikat  Israfil, Barang siapa umatku membaca surat al-ikhlas maka ia akan di beri pahala membaca kitab injil, taurat, dan al-qur'an".



Baca Juga: Penting, Nasihat Umat islam Yang Akan Menunaikan Ibadah Haji


Setelah nabi bersabda demikian, lalu nabi meneruskan sabdanya wahai Sahabatku, "Demi Allah yang jiwaku selalu di kuasainya, Sesungguhnya Qul huwa allaahu ahad tertulis di dahinya Abu Bakar,  allaahus shshamad tertulis di dahinya Umar Bin Khattab, lam yalid walam yuulad tertuilis di dahinya Usman Bin Affan, walam yakullahu kufuwan ahad tertulis di dahinya Ali Ra". oleh karena itu barang siapa yang membaca surat al-ikhlas maka akan di beri pahala Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali",


Kedasyatan Surat Al-Ikhlas 


Nabi Bersabda: "Barang siapa di waktu sakit membaca surat al-ikhlas lalu meninggal dunia, maka jasadnya tidak akan membusuk di dalam kubur, selamat dari himpitan kubur dan malaikat akan membawanya dengan sayap mereka  dan melintasi titisan Syiratol Mustaqim lalu menuju ke surga,"


Ketika Rasulullah saw bersabda kepada sahabatnya, "Wahai sahabatku siapa di antara kalian yang mampu menghatamkan al-qur'an dengan waktu singkat, para sahabat nabi terdiam, lalu Sayyidina Ali pada waktu itu masih kecil mengacungkan jarinya kemudian membaca surat al-ikhlas 3 kali,

Melihat Ali membaca surat Al-Ikhlas 3 kali, nabi lalu tersenyum dan berkata: "ketahuilah membaca 1 kali surat al-ikhlas pahalanya sama dengan membaca al-qur'an 10 jus, Nah, ketika membaca surat al-ikhlas 3 kali, maka sudah mendapatkan pahala menghatamkan al-qur'an 30 jus. oleh kerena itu surat al-ikhlas ini lebih agung di banding surat-surat yang lainnya.

Kejadian yang menggambarkan agungnya surat al-ikhlas


Di riwayatkan oleh Sahabat Anas Bin Malik, ketika Rasulullah Saw hendak mengikuti perang tabuk cahaya matahari seakan-akan mau redup, lalu datanglah malaikat jibril, kemudian Nabi Muhammad Saw bertanya mengenai prihal meredupnya matahari, lalu malaikat jibril berkata, ketahuilah redupnya matahari ini karena adanya sayap malaikat yang di utus oleh allah Swt untuk mendatangi sahabat nabi yang meninggal dunia di madinah.


Baca Juga: Membaca Doa Ketika I'tidal 30 Malaikat Saling Berebut, Inilah Doanya


Ketahuilah sahabat ini ketika hidupnya selalu membaca surat al-ikhlas sehingga Allah Swt mengutus ribuan malaikatnya untuk memulyakan shabat Nabi yang meninggal dunia , ini menunjukkan betapa agungnya membaca surat al-ikhlas.


Demikianlah Kedasyatan membaca surat al-ikhkas, semoga kita tidak lengah untuk istiqhaman membaca surat al-ikhlas ini, agar kita semua selamat di dunia dan akhirat. amin..
0 Komentar untuk "#Konsultasi Syariah. 5 Keagungan Surat Al-Ikhlas Yang Sangat Mencengangkan"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top