#InfoIslam. Inilah Alasan Wanita Haram Berpuasa Saat Datang Bulan, Tinjauan Ahli Medis



Galeri Kitab Kuning. Wanita merupakan salah satu perhiasan dunia yang harus di jaga, selain mempunyai predikat perhiasan dunia, wanita tetap sebagai wanita biasa yang memiliki kekurangan seperti halnya haid, nifas yang tiap bulan pasti terjadi.

Selain memiliki kelebihan wanita juga memiliki kekurangan dalam hal ibadah seprti halnya larangan untuk shalat, thawaf dan puasa, jika wanita mengalami haid atau nifas.

Yang menjadi pertanyaan besar kenapa wanita haid tidak di perbolehkan untuk berpuasa oleh Syariat islam, ini berlandaskan hadits dan ijma' ulama.




Alasan wanita haid tidak di perbolehkan puasa dalam syariat sudah jelas bahwa dalam hadits melarang, selain meninjau dalam hadits, dalam ilmu kesehatan juga di bahas alasan wanita tidak boleh puasa.

Di tinjau dari segi ilmu kesehatan, bahwa ketika seorang wanita mengalami haid,  seorang wanita akan mengalami banyak kekurangan, seperti halnya kekurangan darah, sel darah putih. dari kekurangan darah ini di prediksi wanita akan mengalami imunitasnya berkurang.

Selain imunitasnya berkurang wanita haid juga akan kehilangan banyak hormon, Nah, salah satu kegiatan yang harus di jaga selama masa haid yakni di anjurkan mengkonsumsi makanan yang gizi agar tetap sehat.

Perlu di ketahui saat wanita haid pasti mengalami banyak kehilangan darah, akibat yang paling nampak pada wanita yang banyak  kehilangan darah yakni gampang lelah, gampang sensitif, emosi naik dan rentan sekali terkena penyakit anemia.

Dari hal atas ini, maka seorang wanita harus menjaga kondisi badannya, agar tetap stabil dan sehat, para apakar keilmuan wanita yang mengalami darah haid sangat di anjurkan beristirahat yang cukup, memakan makanan yang bergizi, alasannnya, agar zat dalam tubuh tidak terbuang sia-sia seprti Zat Besi, Magnesium.

Dari penjalasan di atas ini kita sudah faham betul, kenapa agama islam melarang wanita haid untuk berpuasa, yang pertama ada laranagn dari Nabi Muhammad Saw, yang kedua agama islam melarang wanita haid berpuasa semata-mata untuk menjaga kondisi kesehatan wanita.

Dapat kita bayangkan seumpama wanita tetap wajib menjalankan puasa ketika mengalami haid, pasti wanita akan menanggung beban yang sangat berat seperti halnya kehilangan banyak darah, darah putih dan hormon, jika tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari wanita akan merasa payah, emosi memuncak, apalagi masih mengurusi suami anak dan pekerjaan rumah tangga.




Alangkah indahnya agama islam, selain memerintah menjalankan syraiat islam, agama islam juga  memperhatikan kondisi kesehatan hambanya.

Inilah alasan wanita haid di larang untuk berpuasa, yang pertama karena ada larangan dalam hadist nabi Muhammad Saw, yang kedua agama islam memberi kemurahan hukum untuk wanita haid untuk tidak berpuasa ini semata-mata menjaga kondisi  kesehatan seorang wanita.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan semoga dengan hadirnya artikel ini menambah wawasan keilmuan kita.



Info Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning ConversionConversion EmoticonEmoticon