Portal Informasi Islam Dan Download PDF

#InfoIslam. Subhanallah. 2 Bacaan Ini Mampu Menebus Dosa Orang Mati



Galeri Kitab Kuning. Umat islam  termasuk salah satu umat yang di jamin masuk surga, meskipun ada proses yang panjang ketika di hari penghitungan amal, kalau timbangan berat ke dalam kebaikan maka akan masuk surga begitu juga sebaliknya.

Banyak cara yang di lakukan oleh orang islam agar keluarga yang meninggal dunia mendapatkan ampunan dari Allah swt, mudah proses ketika di alam kubur, lebih-lebih ketika hari penghitungan amal, seperti contoh membaca tahlil selama 7 hari, mengeluarkan hartanya untuk sodiqah atas nama mayit, semua ini di lakukan agar keluarga yang meninggal dunia mendapatkan kemudahan.


Baca Juga: Penjelasan Lengkap Seputar Hewan Kurban


Mekipun amaliah ini di lakukan, tetap saja prioritas utama adalah amal kebaikan selama hidup di dunia, kalau di dunia berbuat semuanya tanpa melihat tuntunan syariat, baik yang di perbolehkan atau di larang, maka proses kemudahan akan sulit, begitu juga kalau di dunia hidupnya di buat berbakti kepada Allah swt, maka tanpa di minta kemudahan itu akan datang padanya.

Tapi, tidak menyalahkan kalau semisal membaca tahlil, yasin, atau apapun yang tujuan awalnya adalah membantu menyelamatkan mayit dari kesulitan setelah berpindah ke alam kubur (Barzah).

Dari sekian banyak tips untuk menyelamatkan mayit dari kesulitan di alam barzah dan alam akhirat , seperti membaca tahlil, istighosah, membaca yasin dan lain sebagainya yang pahala bacaan tersebut di hadiahkan kepada mayit, agar mayit bisa di permudah jalan menuju surga.

Berikut ini admin Galeri Kitab Kuning akan memberikan 2 macam bacaan yang bisa menebus dosa-dosa mayit, sehingga mayit tersebut bisa selamat dari kesulitan di alam akhirat.

Sebelum nya kita simak kisah seorang anak yang mampu menebus orang tuanya di neraka Penjelasan ini  admin ambil  di dalam  Syarh al-Futuhat al-Madaniyah.

Diriwayatkan bahwa syekh Abu al-Robi’ al-Malaqi, berada di jamuan makanan dan beliau telah berdzikir dengan mengucapkan Laa Ilaha Ilallah 70 ribu kali. Di jamuan tersebut terdapat seorang pemuda ahli kasyaf. Ketika pemuda itu akan mengambil makanan tiba-tiba ia mengurungkan mengambil makanan itu, lalu ia ditanya oleh para hadirin mengapa kamu menangis? ia menjawab, saya melihat neraka jahanam dan melihat ibu saya di dalamnya.


Baca Juga: Na'udzubillah. 6 Dosa Besar Yang Tidak Di Terima Taubatnya


Kata syekh Abu al-Rafi’, saya berkata di dalam hati, “Ya Allah, sungguh engkau mengetahui bahwa saya telah berdzikir Laa Ilaha Ilallah 70 ribu kali dan saya mempergunakannya untuk membebaskan ibu pemuda ini dari neraka”. Setelah itu pemuda tersebut berkata, “Alhamdulillah, sekarang saya melihat ibu saya telah keluar dari neraka, namun saya tidak tahu apa sebabnya”.

Pemuda itu merasa senang dan kemudian makan bersama dengan para hadirin. Dzikir Laa Ilaha Ilallah 70 ribu kali di namakan Dzikir Fida' kata fida yakni pembebasan.

Dzikir Fida'


Dzikir fida' sendiri merupakan salah satu wirid dengan bacaan tertantu dengan batas tertantu, bacaan yang sudah di tuntukan yakni membaca kalimat "La Ilaha 'Iallah" dan batas yang harus di baca yakni 70 ribu kali bacaan kalimat "La Ilaha 'Illah".

Membaca kalimat "La Ilaha 'Illah".berlandaskan hadist Nabi Muhammad saw


عَنْ عَائِشَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ قاَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قاَلَ لاَإِلهَ اِلاَّاللهُ اَحَدَ وَسَبْعِيْنَ اَلْفًا اِشْتَرَى بِهِ مِنَ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ وَكَذَا فَعَلَهُ لِغَيْرِهِ. (خزينة الاسرا 1884)

Diriwayatkan dari Aisyah ra. Ia berkata; Rasulullah bersabda: B"arang siapa yang membaca "La Ilaha 'Illah".sebanyak tujuh puluh satu ribu, maka berarti ia menebus siksaan dengan bacaan tersebut dari Allah ‘Azza Wajalla dan begitu juga hal ini bisa dilakukan untuk orang lain. Kitab Khazinah al-Asrar, halaman.188


Membaca Surat Al-Ikhlas

Surat al-ikhlas termasuk surat yang memiliki 4 ayat yang di turunkan dikota Makkah, meskipun surat ini di bilang surat paling pendek, ternyata surat ini memiliki kedasyatannya luar biasa yang mampu mengalahkan surat-surat yang lainnya.


Baca Juga: Subhanallah, Inilah 5 Benda Dari Surga Yang Ada Di Bumi


Di samping memiliki kedasyatan dan beberapa keutamaan, surat ini juga bisa menebus dosa orang-orang yang telah meninggal dunia.

Dasar membaca surat al-ikhlas dapat menebus dosa oran-orang yang telah meninggal dunia yakni berlandaskan hadits Nabi muhammad saw:

  Karya as-Sayyid Muhammad Haqqi an-Nazili:


وَأَخْرَجَ مُسْلِمٌ وَغَيْرُهُ وَفِي رِوَايَةٍ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ اْلاِخْلاَصِ بِإِخْلاَصٍ حَرّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلَى النّارِ اهـ

Imam Muslim dan lainnya meriwayatkan bahwa dalam sebuah riwayat, Rasulullah Saw. bersabda: “Barangsiapa membaca surat al-Ikhlas dengan hati yang ikhlas, Allah mengharamkan jasadnya dari api neraka.” Kitab Khazinat al-Asrar halaman 157, 159 dan 188.

Membaca dzikir Fida' atau membaca surat al-ikhlas bisa untuk diri sendiri bisa juga untuk orang lain, dan juga bisa di baca bersama jamaah di suatu majlis atau di cicil. seperti yang telah di jelaskan di dalam Kitab Tafsir ash-Shawi juz 4 halaman 498


ومنها: اَنَّ مَنْ قَرَأَهَا مِائَةَ أَلْفِ مَرَّةٍ فَقَدِ اشْتَرَى نَفْسَهُ مِنَ اللهِ, وَنَادَى مُنَادٍ مِنْ قِبَلِ اللهِ تَعَالَى فِىْ سَمَوَاتِهِ وَفىِ أَرْضِهِ: اَلاَ إِنَّ فُلاَناً عَتِيْقُ اللهِ, فَمَنْ كَانَ لَهُ قَبْلَهُ بِضَاعَةً فَلْيَأْخُذْهَا مِنَ اللهِ غَزَّ وَجَلَّ, فَهِيَ عَتَاقَةٌ مِنَ النَّارِ لَكِنْ بِشَرْطِ اَنْ لاَ يَكُوْنَ عَلَيْهِ حُقُوْقٌ لِلْعِبَادِ أَصْلاً, اَوْ عَلَيْهِ وَهُوَ عَاجِزٌ عَنْ أَدَائِهَا.


Sebagian dari keutamaan surat al-Ikhlas: Sesungguhnya orang yang membacanya 100.000 kali berarti dia telah membeli dirinya sendiri dari Allah Swt. Dan malaikat akan menyerukan di langit dan di bumi: 

“Ketahuilah, sesungguhnya si fulan adalah hamba yang dimerdekakan oleh Allah. Siapa saja yang mempunyai hak yang ditanggung fulan maka mintalah dari Allah.”Surat al-Ikhlas itu akan memerdekakan orang yang membacanya dari neraka, tetapi dengan syarat tidak mempunyai tanggungan pada orang lain, atau punya tanggungan tapi tidak mampu membayarnya.


Baca Juga: 5 Keagungan Surat Al-Ikhlas Yang Sangat Mencengangkan


Demikian artikel yang dapat kami bagikan semoga artikel ini dapat memberikan kemanfaatan kepada umat islam khususnya. Aminn..








Tag : InfoHaji
0 Komentar untuk "#InfoIslam. Subhanallah. 2 Bacaan Ini Mampu Menebus Dosa Orang Mati"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top