Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariah. Boleh Mengeluh Karena Sakit. Baca Selengkapnya



Galeri Kitab Kuning. Manusia pastinya sangat menginginkan badan dan rohaninya sehat, agar bisa beraktifitas dengan lancar, Namun, terkadang keinginan itu hanya menjadi harapan belaka, karena sakit yang sangat.

Seseorang yang mengalami sakit pastinya sangat tidak suka dengan sakit yang di derita, namun, apa boleh buat kalau tuhan yang maha kuasa berkendak demikian, kita sebagai seorang hamba harus ikhlas dan sabar.



Baca Juga: Nabi Ibrahim Berkurban. 4 Hikmah Yang Kita Dapat Ambil


Kita sebagai seorang hamba di anjurkan untuk bersabar ketika menghadapi ujian seperti sakit, lalu ukuran orang bersabar ketika mengahadapi sakit seperti apa, agar orang-orang bisa memahami batas sabar ketika sakit.

Sering kita lihat, ketika seorang sakit ia marah terhadap dirinya atau marah pada keluarganya dengan berbagai alasan, bahkan di antara mereka sampai bunuh diri lantaran penyakit yang ia derita tak kunjung sembuh.

Di dalam hadist di sebutkan batasan orang itu sabar ketika mengalami sakit, yakni sabar yang di maksud disini menerima dengan ikhlas penyakit yang oleh Allah Swt di ujikan kepadanya, meskipun ia mengeluh sakit yang ia derita, sebab, keluhan karena sakit itu memang naluri atau kodratnya manusia.

Yang tidak di perbolehkan oleh syara' yakni mengeluh serta tidak menerima ujian yang Allah Swt berikan kepadanya, kalau hanya keluhan karena sakit, bukan karena tidak menerima ujian dari Allah Swt maka tidak mengapa?

Orang yang sabar ketika mengalami sakit sangat beruntung sekali, kenapa sakit bisa beruntung, sebab, ketika orang sakit akan di ambil 3 perkara darinya, yang pertama rasa, kekuatan dan dosa.

Kalau ia menjalani ujian dari Allah Swt dengan sabar lalu ia sembuh dari sakitnya, maka Allah swt akan mengembalikan 3 perkara tersebut di antaranya, rasa dan kekuatan kecuali dosa, dengan demikian seseorang yang sembuh dari sakit dan sabar, maka dosa-dosanya terhapus, ulama menafsiri yakni dosa kecil.


Baca Juga: 3 Ancaman Pelaku Zina. Nomer 3 Banyak Terjadi Di Masyarakat


Dari penjelsan di atas ini dapat kita ambil kesimpulan bahwa orang yang mengalami sakit lalu mengeluh karena sakitnya, bukan karena tidak menerima ujian dari Allah Swt, maka boleh

Kalau mengeluh karena sakit dan tidak menerima ujian dari Allah Swt, maka syara' melarang.

Demikianlah yang dapat kami bagikan semoga bisa memberi kemanfaatan. aminn




Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariah. Boleh Mengeluh Karena Sakit. Baca Selengkapnya"

close
Banner iklan disini