Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

#Kumpulan Kitab. Ini Dia 4 Kitab Wajib Bagi Penuntut Ilmu

4 Kitab Wajib Bagi  Penuntut Ilmu. Manusia di perintah oleh Allah Swt untuk menuntut ilmu, dengan perintah ini, maka wajib hukumnya bagi orang islam khususnya untuk menuntut ilmu, sebab dengan ilmu manusia bisa memilih jalan hidup yang lebih baik.

Kalai berbicara dengan ilmu pastinya kita akan berfikir anak remaja yang belajar di sekolah atau pesantren, sedangkan ketika sudah lulus dari lembaga ini, mencari ilmu sudah tidak lagi, sedangkan batasan mencari ilmu itu bukan lulus atau tua, melainkan sampai meninggal.



Ngaji Bareng Yuk..

Perlu di ketahui, bahwa Agama Islam sangat memahami kebutuhan pemeluknya, memiliki perhatian khusus tentang aktifitas sehari-hari. seperti ada aturan tentang jual-beli, tentang nikah, shalat, puasa, zakat, tata cara haji. menuntut dan adab mencari ilmu.


Dapatkan Juga Download Kitab Gratis: Kitab Hadits Paling Sering Dipelajari Di Pesantren


Dalam hal ini sampaai beberapa ulama mengarang berbagai macam kitab, yang didalamnya berisi berbagai keutamaan, cara mencari ilmu dan adab mencari ilmu tersebut. Kitab apa sajakah yang wajib bagi penuntut ilmu ? Yuks Kita baca Selengkapnya di bawah ini:


1.  Akhlaqul Lil Banin

Kitab di atas ini salah satu kitab akhlak yang di karang oleh Syeikh Amr Bin Abdul Jabar Ulama dari tanah haram yang berpindah ke Indonesia untuk mengembangkan keilmuan beliau, selain alim beliau juga suka menulis.

Kitab ini sangat menarik untuk di kaji oleh para mencari ilmu, dengan bahasa yang mudah faham serta kajian ilmu di dalamnya sangat berarti untuk di lakukan oleh para santri.

Kitab ini membahas Mulai akhlak kepada guru, kepada orang tua, sesama teman, fadilah mencari ilmu, fadilah jujur dan banyak akhlak yang terkumpul di kitab ini, sehingga kitab ini wajib di kaji oleh para pencari ilmu.


2. Kitab Ta'lim Muta'aalim

Syeikh Zarnuji termasuk salah satu ulama yang mengarang kitab ta'lim Wal muta'alim yang membahas masalah etika, cara mencari ilmu yang benar, serta membahas adab bagi orang mencari ilmu, agar ilmu yang di cari bisa bermanfaat.

Kitab ini kajian wajib bagi para pelajar, santri di pesantren, setiap pesantren pasti mengkaji kitab ini untuk membekali para santrinya dengan akhlak yang baik.


Dapat Juga  Kitab Gratis Kumpulan Kitab-kitab Ulama Terkenal Versi PDF


Kitab sangat menarik untuk di kaji di samping ada Sarh, juga ada nadlom yang sangat baik untuk di hafal, tentunya berkaitan dengan ilmu dan akhlak.


3. Kifayatul Atqiya'

Bagi dunia pesantren, kitab yang satu ini sudah tidak asing lagi para santri. Biasanya kitab ini di jadikan mata pelajaran di kelas ahir, tujuannya tak lain agar para pelajar membekali hatinya agar tidak mudah terpengaruh, istiqomah dan kuat keimanannya.


Kitab Kifayatul Atqiya' Selain pembahasan masalah  etika, tuntunan untuk hati dan membahas sifat wajiub Allah Swt, ternyata kitab ini juga menyuguhkan penjelasan lengkap tentang keutamaan seorang mencari ilmu dan mengajar ilmu.


4. Fathil Qorib

Selain 3 kitab di atas ini, seorang pelajar juga wajib mengkaji kitab Fathil Qorib, agar ibadah yang di wajibkan oleh Allah Swt, seperti shalat, puasa, zakat dan haji,  ketika akad  jual beli, melangsungkan akad nikah, semua benar sesuai Syariat.


Dapatkan Juga Kumpulan Kitab Fikih Madzhab Hanbali 


Semua kitab di atas ini sangat mudah anda dapatkan, sebab, di toko kitab yang berjejer rapi di pinggir jalan atau di internet semuanya menyediakan tinggal anda menyiapkan uang atau data paketan.

Mungkin hanya ini yang dapat kami bagikan tentang 4 Kitab Wajib Bagi  Penuntut Ilmu, semoga bisa memberi kemanfaatan, jangan lupa bagi para pelajar untuk mengkaji kitab di atas, agar hidup hanya sebentar ini bisa barakah. aminn


0 Komentar untuk "#Kumpulan Kitab. Ini Dia 4 Kitab Wajib Bagi Penuntut Ilmu"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top