Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariah. 2 Pelajaran Berharga Dari Nabi Muhammad Saw Yang Wajib Di Ketahui



Galeri Kitab. Shalat termasuk salah satu ibadah yang langsung di terima oleh Rasulullah Saw tanpa perantara malaikat Jibril.

Shalat menempati rukun islam yang kedua setelah sahadat, itu artinya setelah seseorang itu bai'at maka ia sudah di wajibkan untuk melaksanakan shalat sampai ia hilang ingatan atau meninggal dunia.

Seblum melaksanakan shalat seseorang di wajibkan melakukan syarat-syarat shalat yang sudah di tentukan seperti wudlu, setelah itu ia berkewajiban shalat dengan mengerjakan rukun dan kesunnahan.

Dalam artikel ini admin akan memberikan informasi penting terkait tepuk tangan bagi wanita dalam shalat ketika imam melakukan kesalahan, serta membaca Subhanallah 3X bagi makmum laki-laki ketika menemukan imam melakukan kesalahan.


Baca Juga: 3 KRITERIA BERBOHONG TIDAK MENDAPATKAN DOSA 


Dalam kasus di atas ini ada landasan hukumnya yang langsung di ajarkan oleh Nabi Muhammad Saw serta asal mula hukum ini di ajarkan oleh nabi Muhammad Saw.

Singkatnya, ketika Rasulullah Saw mendamaikan putranya Sahabat Umar Bin Auf yang memiliki perseliahan dengan sahabat yang lain, sebelum pendamaian itu selesai Waktu shalat Ashar sudah masuk, lalu nabi berniat untuk untuk melaksakan shalat kemudian oleh sahabat yang lain di cegah, dengan alasan akan di beri suguhan terlebih dahulu.

Karena Nabi tak kunjung datang ke masjid, lalu sahabat Bilal mendatangi Sahabat Abu Bakar untuk mengimami sahabat yang sedang menunggu kedatangan Nabi, Bilal berkata, nabi Muhammad Saw tak kunjung datang, sedangkan sekarang sudah masuk waktu sahatab, apakah kamu mau mengimami para sahabat ini.

Lalu sahabat Abu bakar mengiyakan, kemudian Bilal iqhomah untuk shalat dan Abu Bakar maju untuk mengimami sahabatnya, lalu Abu Bakar bertakbir di ikuti oleh para jamaah shalat ashar, ketika itu Rasulullah Saw datang, sebagian jamaah yang belum bertakbir memberi tahu bahwa Rasululah Saw datang dengan bertepuk tangan.

Namun, Abu bakar tidak menghiraukan tepukan tangan sahabatnya, lalu sebagai besar jamaah juga bertepuk tangan, mengisarahkan bahwa Rasulullah datang, ketika itu Abu bakar menoleh dan faham bahwa Rasulullah datang, seketika itu Rasulullah Saw maju ke Shaf paling depan.

Dengan mengisarohkan Abu Bakar tetap menjadi, Abu bakar bertakbir kemudian membaca Alhamdulillah lalu mundur, melihat Abu bakar mundur dari posisi sebagai imam, lalu Nabi Muhammad Saw maju, selesai shalat Rasulullah Saw menghadap kepada sahabatnya, lalu bersabda:

Wahai para manusia, kenapa ketika dalam shalat ada kesalahan dari si Imam kalian bertepuk tangan, ketahuilah.. bahwa tepuk tangan itu untuk seorang wanita ketika imamnya melakukan kesalahan.

Kalau untuk laki-laki kalian di anjurkan mengucapkan Subhanallah, lalu kenapa Sahabat Abu bakar mundur menjadi imam, padahal saya sudah memberi Isyaroh agar kamu melanjutkan sebagai imam, lalu Abu Bakar berkata, Tidak pantas anaknya Abu Khuhafah shalat di depannya Rasulullah Saw.


Baca Juga: 3 Tingkatan Shalat Wajib. Penting Sekali Anda Ketahui


Pada artikel kali ini ada dua topik menarik yang wajib kita simak yakni pembelajaran nabi kepada umatnya, terkait imam yang salah ketika shalat, untuk laki-laki mengucapkan Subhanallah, sedangkan untuk wanita tepuk tangan.

Topik kedua di Muro'atul Adab Muqoddamun 'Ala Imtitsalil Awamir (melestarikan abad itu lebih di dahulukan dari pada menjalankan syariat), seperti Abu bakar ketika shalat mundur takkala Nabi Muhammad Saw datang.

Contoh lain laki-laki yang bukan mahrom di larang bersentuhan kulit dengan lawan jenisnya, ini syariat, sedangkan ketika siswa siswi berslaman dengan gurunya meskipun bukan mahromnya boleh kerena adab seorang murit pada gurunya.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan semoga memberi kemanfaatan bagi sahabat semua. aminn..


Dapat Juga Koleksi Terbaru Versi Galeri Kitab

10 GAUN PENGANTIN MUSLIMAH MODERN WARNA PINK TERBAIK 2018










Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariah. 2 Pelajaran Berharga Dari Nabi Muhammad Saw Yang Wajib Di Ketahui"

close
Banner iklan disini