Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariah. Alasan Doa Tidak Terkabul. 7 Perkara Ini Alasannya

Doa Tidak Terkabul

Doa Tidak Terkabul. Allah Swt memerintahkan semua manusia untuk meminta kepadanya, dengan permintaan dari seorang hamba, niscaya Allah Swt akan memenuhi permintaannya. 

Seperti dalam ayat al-qur'an yang berbunyi:


وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ 


Namun, banyak manusia yang berdoa kepada Allah Swt selalu merasa putus asa, lantaran doa yang berbulan-bulan atau bertahun-tahun di minta selalu tidak pernah terkabul. padahal Allah swt telah memerintah kepada hambanya untuk berdoa, setelah berdoa akan di kabulkan.


Baca Juga: HUKUM POSTING FOTO DI FACEBOOK


Keluhan seperti ini sering terlontarkan bagi mereka yang selalu putus asa, kenapa doa mereka tidak terkabul, mungkin bisa melihat tanda-tanda yang akan admin sebutkan di bawah ini, mungkin saja doa sahabat tidak terkabul karena 7 faktor ini. semoga bisa memberi kemanfaatan:


1. Selalu membuat Allah Murka

Sesungguhnya di antara mereka itu telah membuat murka terhadap Allah Swt dan tidak pernah mencari ridlo darinya, dalam artian mereka melakukan sesuatu yang dapat membuat Allah Swt murka.

Selain membuat Allah Swt murka ia tidak bertobat, tidak merasa bersalah atas apa yang mereka lakukan, dengan kondisi seperti ini, secara logika apakah berhak Allah Swt mengabulkan doa mereka, sedangkan mereka melakukan sesuatu yang Allah Swt tidak di sukai.


2. Status Tidak Sesuai Prilaku

Mereka berkata, "Kita termasuk hamba Allah Swt", namun mereka tidak melakukan sesuatu yang mencerminkan seorang hamba.

Maksudnya Seorang hamba itu melakukan sesuatu yang di perintah oleh tuannya dan tidak pernah membantah apa yang selalu menjadi kewajiban dari tuannya.


Baca Juga: 3 CIRI ORANG MUNAFIK. NO 2 SERING ORANG SALAH FAHAM


Namun, kenyataanya selalu membangkang, tidak mau tahu, apakah yang seperti ini doanya mau di kabulkan.


3. Hanya Membaca Al-qur'an

Mereka semua membaca al-qur'an, namun, tidak meneliti perhurufnya, maksudnya ia membaca al-qur'an, namun, ia tidak meresapi ayat demi ayat yang ia baca, tidak mengagungkan dan juga tidak mengamalkan setiap ayat yang mengandung perintah.

Perkara seperti ini juga menghambat terkabulnya permintaan, oleh karena itu di samping membaca al-qur'an juga meresapi ayat demi ayat yang di baca serta mengamalkan setiap perintah Allah Swt, selama perintah itu mampu di lakukan (Perintah Sunnah).

Kalau memang menginginkan permintaan kita terkabul?


4. Hanya mengaku Umat Nabi

Setiap manusia yang hidup zaman sekarang ini pastinya mengaku umatnya Nabi Muhammad Saw, karena itu perintah, Namun, di balik itu semua, apakah kita sudah melakukan sunnah nabi?

Kalau kita mengaku umatnya Nabi Muhammad Saw pastinya melakukan perintah Nabi Muhammad Saw (menjalankan sunnah Nabi), kalau mau mengamalkan perintah Nabi seperti memakan makanan yang haram, memakan barang subhad.

Apakah tidak malu mengeluh  kepada Allah Swt karena permintaan kita tidak di kabulkan, sedangkan kita sendiri enggan melakukan perintah Nabinya.


5. Cinta Dunia

Mereka berkata, "Dunia ini di hadapan Allah Swt tidak ada harganya seperti halnya sayapnya seekor nyamuk, Namun, mereka masih saja mencari kesenangan dunia sesuai keinginan hawa nafsunya.


6. Tahu, Tapi Tidak Merasa

mereka semua berkata, "Dunia ini tidak kekal, untuk itu jangan terlalu bersenang-senang hidup di dunia ini, Namun, kenyataannya, mereka semua mencari harta untuk kesenangan sesaat sampai lupa pada  akhiratnya.

Dan juga mereka berkata, "Sesungguhnya akhirat itu lebih baik dari pada dunia, Namun, mereka enggan bersungguh-sungguh mencari kesenangan di akhirat yang kekal dan mereka lebih memilih kesenangan dunai yang sesaat dari pada kesenangan akhirat yang kekal.


Baca Juga: HUKUM MENULIS KALIMAT TOYYIBAH DI BENDERA


Ketiga di atas ini termasuk salah satu perkara yang bisa menghambat terkabulnya doa, untuk itu mari kita bersama-sama memperbaiki diri agar doa demi doa yang kita panjatkan bisa terkabul..

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan semoga bisa menambah wawasan, ilmu yang manfaat. aminn, untuk kesempurnaan terkait tentang doa bisa komentar di bawah ini..


Refrensi Kitab  Tanbihul Ghofilin, Bab Do'a  Hal 160





Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariah. Alasan Doa Tidak Terkabul. 7 Perkara Ini Alasannya"

close
Banner iklan disini