Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariah. 4 Keutamaan Memberi Nafkah Yang Sangat Penting Di Ketahui



Keutamaan Memberi Nafkah. Nafkah merupakan salah satu pemberian yang berupa benda kepada orang lain untuk kebutuhannya, sedangkan sodaqoh adalah memberikan sesuatu kepada orang lain, baik berupa benda atau selainnya, tujuannnya untuk mengharap ridlo dari Allah Swt.

Nafkah termasuk salah satu perkara yang di perintah oleh Allah Swt, nafkah ini bisa di lakukan oleh orang tua kepada anaknya, atau suami kepada istrnya, kesimpulannya nafkah itu cakupannya luas, baik yang memberi atau yang menerima.


Baca Juga: HUKUM MEMINDAH STATUS HARTA WAKAF


Pada artikel kali ini membahas Keutamaan Memberi Nafkah kepada orang lain:

Kepada siapa harta yang di nafkahkan lebih besar pahalanya, Harta yang di nafkahkan di jalan Allah Swt, harta yang di nafkahkan kepada budak perempuan, harta yang di nafkahkan kepada orang miskin, atau harta yang di nafkahkan kepada keluarga, menurut hadist ini harta yang di nafkahkan kepada keluarga lebih besar pahalanya.

Perlu di ketahui ada ayat yang memberi pengertian terhadap orang miskin dan orang kaya. untuk orang miskin memberi nafkah kepada keluarganya cukup dengan apa yang ia usahakan, untuk orang kaya jangan terlalu pelit memberi nafkah kepada keluarganya.

Lebih baiknya sodaqah ialah harta yang melebihi kebutuhannya, semisal kebutuhan untuk biaya hidup dirinya beserta keluarganya sehari menghabiskan uang 100, sedangkan penghasilannya sehari bisa mencapai 300, maka sisa dari kebutuhannya lebih baik semisal di sedekahkan.

Harta yang di sedekahkan kepada orang lain, sedangkan harta tersebut sangat ia sukai, maka sedekah yang ia keluarkan termasuk salah satu perbuatan yang sangat di sukai oleh Allah Swt.

Demikianlah artikel tentang keutamaan bersedekah yang wajib di ketahui, agar bisa bersedekah sesuai dengan anjuran Rasulullah Saw.

Semoga artikel ini memberi kemanfaatan bagi sahabat Galeri Kitab Kuning. aminn..









Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariah. 4 Keutamaan Memberi Nafkah Yang Sangat Penting Di Ketahui"

close
Banner iklan disini