Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#InfoIslam. Tradisi Bulan Maulid Di Dunia Yang Paling Unik Untuk Di Ketahui

Tradisi Maulid Nabi. Maulid termasuk salah satu kegiatan untuk memperingati kelahiran Baginda Nabi Besar Muhammad saw, Sebab, seseorang yang bahagia menyambut hari besar tersebut, maka Allah Swt akan Meringankan beban di akhirat.

Tradisi Bulan Maulid Di Dunia Yang Paling Unik


Seperti dalam hadits Shohih Bukhori, "bahwa Abu Lahab yang di nas di dalam al-qur'an sebagai orang yang masuk neraka, di sebabkan tidak mau mengakui Nabi sebagai Utusan Allah Swt, Ia masih  mendapatkan keringanan di neraka pada hari senin, kerena bahagia mendengar Nabi Muhammad Saw telah lahir, kebahagian itu ia luapkan dengan memerdekakan budaknya yakni Tsuwaibah.

Baca Juga: Bacaan Maulid Nabi

Dari kisah ini kita sebagai umat islam yang beriman pasti bahagia mendengar hadits ini, yang pertama kita di takdirkan sebagai orang islam yang beriman kepada Nabi Muhammad Saw, Yang kedua orang kafir yang bahagia mendengar kelahiran Nabi Muhammad Saw di beri keringanan, lalu bagaimana dengan kita?

Nah, bentuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Saw di dunia pasti berbeda, oleh karena itu admin ingin membagikan seputar Tradisi Bulan Maulid Di Dunia Yang perlu di ketahui:

Arab Saudi

Arab Saudi termasuk salah satu negara yang mempertingati Perayaan Maulid Nabi (kelahiran nabi Muhammad Saw),  Dengan cara pawai ke Ibu Kota di iringi dengan pembacaan solawat nabi, dan syair-syair yang memuji Nabi Muhammad Saw.

Di negara Arab Saudi ketika hari kelahiran Nabi Muhammad Saw telah tiba, semua masyarakat bahu membahu memsang lampu-lampu  hias di sapanjang jalan, ini bentuk syukur dan kebahgian negara Arab Saudi menyambut maulid nabi.

Afrika

Perayaan maulid Nabi di afrika ini paling berbeda dengan perayaan maulid nabi di belahan dunia, dari segi nama perayaan tersebut dan juga tradisinya juga berbeda.

Afrika termasuk salah satu negara paling antusia menyambut hari kelahiran nabi Muhammad Saw, bahkan di negara ini semua media masa ikut meliput segala macam tradisi yang di selenggarakan,

Di negara ini acara maulid nabi di selenggarakan 7 hari berturut-turut, acara yang di selenggarakan salah satunya, perlombaan seni tilawah, menerjemahkan kitab-kitab klasik ke dalam bahasa Afrika, mendendangkan rebana sambil bersyair dan memuji kemulyaaan Nabi Muhammad Saw.

Brunai Darussalam

Brunai Darussalam termasuk negara yang mayoritas warganya beragama islam, jadi tidak mengherankan kalau di negara ini perayaan hari besar islam, hari raya dan maulid nabi, masih kental sekali dengan islam.

Ketika maulid nabi telah tiba semua warga di negara Brunai Darussalam ini menggelar pembacaan Rawi Maulid Syaroful Anam. yang di selenggarakan di istana Nurul Imam.

Pagi harinya semua laki-laki berkumpul di di alun-alun bersama sultan Brunai Darussalam, dengan di iringi shalawat dan puji-pujian kepada Nabi Muhammad Saw,  momen seperti ini jarang sekali di adakan di negara-negara islam lainnya, dengan perayaan seperti ini sampai-sampai menjadi nama ‘Perarakan Agung’.

Amerika Serikat

Amerika Serikat termasuk negara yang mayoritas warganya berada kristen, hanya sebagian kecil saja warganya yang beragama islam, untuk  menunaikan ibadah saja, pemerintah setempat membatasi ruang gerak mereka, sehingga mereka merasa kesulitan untuk menunaikan ibadahnya.

Namun, terlepas dari itu semua masyarakat yang beragam islam  mengekspresikan kegembiraan mereka menyambut kelahiran Baginda Nabi Muhammad saw. dengan perayaan dan acara-acara seremonial.

Acara yang di selenggaran di negara Amerika Serikat ini  kebanyakan diisi dengan Tema Maulid Yang Menarik, serta beberapa rangkaian acara formal, seperti sambutan-sambutan dari para tokoh terkemuka, ceramah keagamaan, dialog, dan jamuan makan.

Hong Kong

Tradisi yang berikut ini terletak di negara Hong Kong. Hong Kong termasuk salah satu negara non muslim, Namun, dengan hadrinya para TKW atau sebagian warga negara hong kong yang beragama islam, dikit demi sedikit banyak warganya yang memeluk agama islam.

Untuk perayaan maulid nabi biasanya sebagian kaum muslim berkumpul di tepi jalan sambil mendendangkan rebana untuk membaca shalawat dan pujian kepada Nabi Muhammad Saw setelah itu di lanjutkan dengan tukar makanan yang mereka bawa sebelum acara.

Baca Juga: Tradisi Muludan Di jawa

5 Negara ini termasuk salah satu negara yang merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad Saw, dengan pesta  yang terbilang unik, dan masih banyak negara yang tidak kami sebutkan, karena memang perayaanya sama.

Nah, demikianlah artikel yang dapat kami bagikan semoga bisa menambah wawasan dan yang pasti artikel ini bermanfaat untuk sahabat semua. aminn

Posting Komentar untuk "#InfoIslam. Tradisi Bulan Maulid Di Dunia Yang Paling Unik Untuk Di Ketahui"

close
Banner iklan disini