Contoh Khutbah Jumat Bulan Muharram, Tema Hakikat Orang Bangkrut

Khutbah Jumat Muharram | Saat memasuki bulan Muharram, biasanya umat Islam akan memasuki bulan pertama dalam kalender hijriyah.

Khutbah Jumat Bulan Muharram, Tema Hakikat Orang Bangkrut

Selain itu, Bulan Muharram termasuk Asyhurul Hurum [Bulan-bulan yang diharamkan berperang], sebab bulan ini dinilai memiliki keistimewaan tersendiri.

Pada bulan ini pula, Umat Islam sangat dianjurkan untuk menjauhi segala macam kejelekan, dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Keutamaan Bulan Muharram

Setidaknya ada tiga alasan utama, mengapa bulan Muharram memiliki nilai istimewa dibandingkan dengan bulan lainnya, yaitu :

1. Masuk dalam Kategori Asyhurul Hurum

Bulan Muharram masuk dalam kategori bulan-bulan yang disucikan, dilarang adanya peperangan, serta umat Islam sangat dianjurkan untuk menjauhi kejelekan dan larangan Allah swt.

Dahulu, jika datang bulan Muharram, maka sebagai penanda adanya genjatan senjata dari berbagai golongan yang berperang.

Seperti yang ditegaskan oleh al-Imam al-Thabari dalam Tafsirnya, saat beliau mengutip pendapat  dari Ibnu Abbas r.a. : "Allah swt. telah  menjadikan bulan-bulan [Asyhurul Hurum] sebagai bulan-bulan yang suci, mengagungkan kehormatannya serta menjadikan dosa yang dilakukan pada bulan tersebut lebih besar [dari pada bulan lainnya], dan [sebaliknya] menjadikan amal shalih pada bulan ini juga lebih besar, dibandingkan bulan-bulan lainnya.

2. Ditinjau dari Historis / Sejarah

Dalam sejarah peradaban Islam, diketahui bahwa Rasulullah saw, pernah melakukan Hijrah dari kota Mekah ke Kota Madinah [yang saat itu masih bernama Yastrib], dan kejadian bersejarah tersebut, ditandai sebagai bulan Muharram

3. Ditinjau dari Amalan Ibadah Di Dalamnya

Setidaknya ada dua amal ibadah yang utama yang disunnahkan dalam bulan ini, yakni Puasa Tasu'a dan 'Asyura'.

Dari ketiga keutamaan diatas, maka wajar jika banyak Umat Islam merayakan kehadiran Bulan Muharram setiap tahunnya.

Tidak terkecuali, biasanya mereka melangsungkan berbagai macam acara, yang didalamnya disisipi ceramah agama.

Berbicara tentang tema ceramah, atau Tema  Khutbah, masih banyak kita temukan tema yang disampaikan masih bersifat monoton, dari tahun ketahun.

Tidak banyak para muballigh yang memanfaatkan momen bulan Muharaam ini untuk menyampaikan tema yang relevan dengan kondisi masyarakat.

Akibatnya, banyak masyarakat yang relatif bosan dengan isi khutbah atau isi ceramah yang disampaikan.

nah, berkenaan dengan masalah diatas, kali ini team Galeri Kitab Kuning, akan membagikan salah satu contoh teks Khutbah Jumat khusus di Bulan Muharram dengan tema Hakikat Orang Bangkrut Menurut Islam. menarik bukan?

Contoh  Khutbah Jumat Bulan Muharram, Tema Hakikat Bangkrut

Selain puasa sunnah, baik Tasu'a dan Asyura', pada bulan ini tentu kita dianjurkan untuk memperbanyak shodaqoh, dengan tujuan mendapat Ridho Allah dan mendapat keutamaan dari bulan ini.

Selain itu, tujuan bersedekah juga agar kita tidak termasuk golongan-golongan orang yang bangkrut. Nah, berbicara tentang orang yang bangkrut, siapakah mereka? dan apa hakikat bangkrut yang sebenarnya? semuanya akan diulas dalam tema khutbah berikut ini.

Apakah anda berminat? Silahkan download teks khutbah jumat bulan muharram pada link berikut, silahkan tekan DISINI. Atau anda dapat dengan mudah membaca secara online tanpa harus repot-repot download, silahkan baca di bawah ini.


BACA ONLINE?:
CATATAN :
Tema Khutbah Bulan Muharram diatas, dapat anda kombinasikan, ditambah maupun dikurangi, silahkan dimodifikasi dan dikembangkan, untuk digunakan sebagai tema ceramah ataupun Kultum, Semoga bermanfaat.

Info Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »
Facebook comments

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning ConversionConversion EmoticonEmoticon