Kumpulan Contoh Khutbah Jumat Terbaru

Berdasarkan pengalaman, Saat ini khutbah jumat masih relatif monoton, materi yang disampaikan oleh seorang khotib di atas mimbar, acapkali tidak dicerna dengan baik oleh para jamaah shalat jumat.

Kumpulan Contoh Khutbah Jumat Terbaru

Mengapa demikian? ada kemungkinan sebab terbesar adalah, tema yang disampaikan memang tidk menyentuh pada solusi pada kebutuhan para jama'ah.

Terlebih di beberapa tempat khutbah jumat justru disampaikan menggunakan teks arab secara murni sejak awal hingga akhir pelaksanaan.

Maka tidak heran jika disebagian masjid, banyak jamaah yang ngantuk, bahkan tertidur, saat khatib menyampaikan khutbahnya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa memang seorang khatib harus memperhatikan rukun khutbah itu sendiri yang terdiri dari :

1. Memuji kepada Allah swt. pada kedua khutbah [khutbah pertama dan kedua]
2. Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Pada  kedua khutbah [khutbah pertama dan kedua]
3. Wasiat ketakwaan pada kedua khutbah [khutbah pertama dan kedua]
4. Membaca ayat suci al-Quran di salah satu dua khutbah [Baik khutbah pertama atau kedua]
5. Memanjatkan Doa untuk orang-orang mukmin di khutbah kedua [terakhir]

Jika salah satu rukun tersebut tidak terpenuhi, maka khutbahnya tidak sah, dan harus diulangi kembali.

Namun, seorang khatib juga perlu memperhatikan tema yang disampaikan, sebab jika tidak, maka hampir bisa dipastikan jama'ah tidak akan perduli dengan kandungannya.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Seorang Khatib

Tema khutbah, memang salah satu perkara yang perlu diperhatikan, dan secara garis besar ada empat hal yang perlu menjadi perhatian, yaitu :

1. Rukun-rukun Khutbah

Poin yang pertama ini, menjadi sangat urgen, sebab jika ada salah satu rukun saja yang tidak dlakukan, maka khutbahnya tidak sah.

2. Tema Khutbah

Materi Khutbah, atau tema, menjadi hal kedua yangperlu perhatian seorang khatib. Mengapa? sekali lagi, para jama'ah akan merasa bosan, jika isi dan kandungan khutbahnya bersifat monoton.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk menyampaikan materi khutbah sesuai dengan waktu dan kondisi masyarakat.

Contoh, saat ini banyak sekali masalah yang dihadapi Umat Islam khususnya, serta bangsa Indonesia pada umumnya.

Sehingga, diharapkan, materi yang hendak disampaikan ada kaitannya dengan problem yang dihadapi masyarakat, serta menjadi solusi.

Bukan justru menggunakan materi khutbah tahun-tahun sebelumnya, atau hanya menggunakan teks khutbah berbahasa Arab.

3. Alokasi Waktu

Hal yang ketiga yang perlu dipertimbangkan adalah alokasi waktu penyampaian khutbah. Setidaknya terlalu lama, sebab banyak diantara jama'ah shalat yang memiliki keperluan di luar shalat.

Banyak sekali contoh khutbah jumat singkat dengan doa yang bisa anda pergunakan untuk menyampaikan khutbah, agar tidak terlalu lama, salah satunya seperti yang akan kami bagikan di bawah ini.

4. Cara Penyampaian

Banyak khotib yang menyampaikan materi atau isi khutbahnya dengan cara yang membosankan, tidak menggunakan intonasi yang baik, serta sering gegabah.

Akibatnya, materi yang sudah dipersiapkan secara matang, tidak dapat dicerna dengan baik oleh para jama'ah yang mendengarkannya.

Khusus poin kedua diatas, menjadi alasan kami membagikan contoh khutbah jumat lengkap dan terbaru, dengan materi yang menarik, dan dapat disesuaikan dengan kondisi masyarakat.

Koleksi Khutbah Jumat Singkat Terbaru [Edisi Lengkap]

Dibawah ini kami bagikan materi khutbah jumat, secara lengkap sesuai dengan bulan hijriyah, yang bisa anda kombinasikan dengan mater-materi lain, sesuai dengan situasi dan kondisi.

1. Contoh Khutbah Jumat Bulan Muharram
2. Contoh Khutbah Jumat Bulan Safar
3. Contoh Khutbah Jumat Bulan Rabiul awal
4. Contoh Khutbah Jumat Bulan Rabiul akhir
5. Contoh Khutbah Jumat Bulan Jumadil awal
6. Contoh Khutbah Jumat Bulan Jumadil akhir
7. Contoh Khutbah Jumat Bulan Rajab
8. Contoh Khutbah Jumat Bulan Sya'ban
9. Contoh Khutbah Jumat Bulan Ramadhan
10. Contoh Khutbah Jumat Bulan Syawal
11. Contoh Khutbah Jumat Bulan Dzulkaidah
12. Contoh Khutbah Jumat Bulan Dzulhijjah

Catatan : Memang Contoh Teks Khutbah Jumat diatas tidak sepenuhnya lengkap, namun kami akan terus memberikan update terbarunya.

Sebagai Contoh khutbah jumat pertama dan kedua di beberapa bulan diatas mungkin tidak ada, yang kemungkinan bertepatan dengan adanya ibadah 'Ied, misalnya di bulan Dzul Hijjah.

Sehingga, anda juga bisa gunakan khutbah 'Ied Adha tersebut, sebagai materi khutbah jum'at di bulan dzul hijjahnya, dan demikian seterusnya.

Informasi sejumlah teks khutbah jumat pilihan akan terus kami update sehingga anda tidak perlu bersusah payah untuk mencari materi khutbah, contoh khutbah jumat singkat tentang sholat merupakan salah satu materi yang sangat penting untuk disampaikan. Mengapa?

Sebab banyak sekali contoh-contoh khutbah shalat jumat yang didalamnya justru tidak menyentuh hal-hal yang mendasar semacam materi masalah shalat tersebut.

Semoga tulisan ini nantinya bisa bermanfaat bagi segenap para khatib jumat, mauapun shalat ied, dengan cara mengudpate materi yang disampaikan, itu artinya akan sedikit banyak membantu para jamaah semakin dekat dengan Allah swt.




Info Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »
Facebook comments

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning ConversionConversion EmoticonEmoticon

Ingin Langganan?

Kami akan kirim informasi terkini melalui email anda, secara gratis!

Cek Inbox Email untuk Konfirmasi