Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

#Konsultasi Syariat. Bacalah. 3 Penyesalan Yang Sangat Berat Di Akhirat



Di akhirat kelak tempat yang di sediakan hanya 2 tempat,  yakni kalau tidak di surga berarti di neraka, semua manusia yang berakal pasti menginginkan tempat yang terbaik yakni surga, meskipun tingkah laku semasa di dunia tidak sesuai dengan kemauan.

Surga yang di rindukan oleh orang-orang yang beriman yakni surga yang bertabur kenikmatan yang tidak mampu di bayangkan oleh manusia  di dunia.


Baca Juga: MURKA ALLAH UNTUK ORANG TIDUR DAN TERTAWA


Neraka yang mengerikan bagi orang-orang yang melanggar aturan Allah Swt yakni tempat nya bermacam-macam siksaan yang pedih, bahkan siksaan yang di anggap paling ringan yakni ketika api sebesar lubang jarum di letakkan di bawa kaki, maka otak akan mendidih.

Nah, nanti ada 3 macam orang yang sangat menyesal di akhirat, siapa orang tersebut yang sangat menyesal di akhirat, berikut penjelasannya:

Seorang budak muslim yang masuk ke surga sedangkan sayyidnya masuk neraka, ini merupakan salah satu penyesalan yang sangat besar.

Meskipun teks hadits yang di riwayakan oleh sahabat ini berbunyi budak dan sayid, tapi, secara pemahamannya sangat luas seperti guru dan murit, antara orang tua dan anak, istri dan suami. 

Penyebab masuknya budak ke surga, sedangkan  sayyidnya ke neraka,  yang umum di sebutkan di beberapa hadits yakni, sayyid tersebut terus mengajarkan tata krama, memberitahukan perintah-perintah Allah Swt yang harus di kerjakan atau di larang, sedangkan sayid tersbut tidak melakukan apa yang Allah perinthkan.


Baca Juga: HUKUM PENGANTIN WANITA TAMPIL SAAT PESTA PERNIKAHAN


Sedangkan budak tersebut selalu melakukan apa yang telah ia dapat dari sayidnya, baik berupa ilmu atau tentang akhlak.

Seseorang yang hidupnya terus mengumpulkan  hartanya, tapi ia enggan mengeluarkan hartanya untuk zakat, setelah ia meninggal dunia, ahli warisnya menafkahkan harta peninggalannya untuk fakir miskin.

Dengan perbuatan seperti itu ahli waris tersebut selamat, dalam artian ia masuk ke dalam surga Allah Swt, karena telah menafkahkan harta warisnya untuk mematuhi perintah Allah Swt, sedangkan orang yang sibuk mengumpulkan harta di dunia tanpa mengeluarkan zakat ia masuk ke dalam neraka.

Orang laki-laki yang alim tetapi jelek akhlaknya, ia mengajarkan ilmunya kepada orang lain, maka orang yang menerima ilmu dari orang laki-laki tersebut selamat, dalam artian ia masuk surga, sedangkan orang yang menyampaikan ilmunya kepada orang lain, justru masuk ke dalam neraka.

Ini menandakan ilmunya tidak di lakukan, orang jenis ketiga ini kelak di akherat akan merasa menyesal, karena di dunia sibuk  memberikan ilmu kepada orang lain, malah dirinya masuk keneraka.


Baca Juga: KHUTBAH JUMAT TENTANG MENYIKAPI BENCANA ALAM


Dari kutipan di atas ini mendorong kita agar apa yang kita pelajari harus di lakukan, kenapa, karena ketika ilmu yang kita sampaikan di lakukan orang lain, pahala ilmu yang kita sampaikan tadi, akan tersu mengalir, sampai orang tersebut mengamalkamn ilmu yang kita ajarkan.

Semoga kita semua terhindar dari sifat di atas ini, dan selalu mendapatkan perlindungan dari Allah Swt dan di permudah jalan menuju surga yang di rindukan. aminnn





0 Komentar untuk "#Konsultasi Syariat. Bacalah. 3 Penyesalan Yang Sangat Berat Di Akhirat"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top