#InfoHaji | 5 Cara Mendaftar Paspor Umroh Online Versi Lengkap

Info Haji | Saat ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang ingin bepergian ke luar negeri, baik dengan tujuan pekerjaan, wisata, atau juga melaksanakan ibadah haji dan umroh.

Cara Mendaftar Paspor Umroh Online

Akibatnya, banyak kantor Imigrasi yang selalu penuh dengan masyarakat yang ingin membuat paspor, sehingga dibutuhkan cara yang lebih efisien, dan mudah.

Untuk mengatasi hal tersebut, kini pemerintah telah membuat sistem yang bisa mempermudah, khususnya bisa menanggulangi antrian panjang saat pembuatan paspor tersebut.

Cara yang dimaksud adalah melalui pembuatan paspor secara online, artinya, kita tidak akan lagi menunggu antrian panjang dan berdesak-desakan.

Pada kesempatan kali ini, melalui InfoHaji, kembali kami akan berbagi informasi tentang cara membuat paspor umroh online.

Cara Membuat Paspor Umroh Secara Online

Dengan adanya sisitem pembuatan paspor secara online, diharapkan dapat mempermudah dan memangkas antrian panjang yang biasa terjadi di kantor-kantor Imigrasi.

Yang perlu dicatat pada cara membuat paspor online untuk umroh adalah, ada beberapa hal yang perlu anda siapkan sebelum nanti pada proses pendaftaran. Mengapa?

Agar proses pembuatannya lebih cepat, dan anda tidak perlu lagi menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat proses pembuatan paspor berlangsung.

Baca Juga : Bisakah Paspor Biasa Untuk Umroh?

1. Persiapkan Dokumen-dokumen Sebelum Pembuatan Paspor

Sebelum melakukan pendaftaran, sebaiknya persiapkan dahulu dokumen-dokumen berikut, dan pastikan tidak ada perbedaan. baik nama maupun tempat tanggal lahirnya. ada dokumen-dokumen yang dimaksud adalah :
    • a. KTP (Kartu Tanda Penduduk e-KTP)
    • b. KK (Kartu Keluarga, yang sesuai dengan KTP)
    • c. Akte Kelahiran
    • d. Buku Nikah [bagi yang sudah menikah] atau ijazah
    • e. Paspor lama, bagi yang ingin memperpanjang paspor
    • f. Surat Rekomendasi dari Travel Umroh [anda bisa dapatkan surat ini dari pihak penyedia jasa pemberangkatan umroh]
    • g. Surat Rekomendasi Dari Kantor Kementrian Agama setempat
    • Materai 6000 an 2 lembar
    • Map berwarna Hijau
    • Persiapkan biaya pembuatan paspor Umroh Rp 355.000
CATATAN PENTING :
Untuk pembuatan paspor umroh, tidak seperti paspor biasa, khususnya untuk nama. Pada Pspor Umroh dibutuhkan tiga suku nama. Jika nama anda hanya terdiri dari suku kata, anda bisa menambahkan nama orang tua dan kakek.

2. Daftar Melalui Aplikasi Atau Browser

Cara mendaftar paspor online untuk umroh tentu memerlukan media, dan media yang sudah dipersiapkan bisa melalui Aplikasi yang bisa anda unduh langsung secara gratis melalui Playstore DISINI atau App Store DISINI, atau melalui browser di alamat : https://antrian.imigrasi.go.id/

Buka aplikasi, lalu masukkan email dan nomor Hp, lalu tunggu sesaat sampai anda menerima email berisi konfrmasi, silahkan masukkan kode konfirmasi ke dalam aplikasi tersebut.

Selanjutnya, adalah tahapan pengisian formulir pada aplikasi, silahkan isi seluruh data yang diminta, sesuai dengan indentitas anda.

Sebelum anda melanjutkan, pastikan terlebih dahulu bahwa data yang anda masukkan benar-benar telah sesuai dengan identitas diri anda.

Selanjutnya, pilih menu disebelah kiri pojok atas, dan pilih alamat atau wilayah kantor Imigrasi. Disini, anda benar-benar harus paham betul lokasi kantor Imigrasi harus sesuai dengan domisili anda.

Sebelum proses pengajuan pembuatan paspor, anda pilih terlebih dahulu waktu kunjungan ke kantor Imigrasi, anda bisa memilih waktu antara Pagi, Siang dan Sore.

Pastikan anda memilih waktu yang tepat, baik hari maupun waktunya, agar anda bisa tepat waktu untuk datang ke kantor Imigrasi tersebut.

Setelah semua data terisi, silahkan anda tekan tombol terkahir, untuk melakukan pengajuan, dan tunggu beberapa saat, anda akan menerima email berupa file PDF.

Download file tersebut, dan print-out. File inilah, yang nantinya harus anda bawa ke kantor Imigrasi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

3. Datang Ke Kantor Imigrasi Untuk Wawancara

Sebelum berangkat menuju Kantor Imigrasi, pastikan dokumen-dokumen yang telah kami sebutkan diatas, termasuk KTP plus Fotokopinya, KK dan Fotokopinya, Kartu Nikah / Ijazah Plus Fotokopinya, Akta Kelahiran dan Fotokopinya, dan terakhir file PDF yang sudah diprint-out, harus semua anda bawa serta ke kantor Imigrasi.

Persiapkan seluruh berkas diatas, dan masukkan dalam Map berwarna hijau, selanjutnya anda tunjukkan file PDF yang telah diprint-out kepada petugas Imigrasi. Lalu tunggulah sejenak untuk proses wawancara.

4. Proses Pembayaran

Setelah anda melakukan wawancara, anda akan diminta untuk membayar pembuatan paspor umroh melalui transfer Bank.

Adapun biaya pembuatan Paspor Umroh, adalah Rp 355.000, segera lakukan transfer, dan simpan struk pembayarannya/ transfernya.

Anda juga akan mendapatkan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai, biasanya lama pembuatannya antara 4-7 hari kerja.

5. Ambil Paspor Umroh

Setelah anda selesai melalukan pembayaran melalui transfer, dan sudah mendapatkan jadwal pengambilan, silahkan anda datang ke kantor Imigrasi tersebut untuk mengambil paspor umroh.

Jangan lupa untuk membawa bukti transfer / struk pembayaran, dan tunjukkan kepada petugas Imigrasinya.

Nah demikianlah 5 Cara Daftar Paspor Online Untuk Umroh yang bisa kami bagikan, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa mempermudah anda dalam pembuatannya. Amin

Info Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »
Facebook comments

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning ConversionConversion EmoticonEmoticon

Ingin Langganan?

Kami akan kirim informasi terkini melalui email anda, secara gratis!

Cek Inbox Email untuk Konfirmasi