Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

#Konsultasi Syariah. Penjelasan Seputar Bulan Rajab "Bulan Kemulyaan Umat Islam"



Sahabat Galeri Kitab. Umat islam termasuk salah satu umat yang sangat beruntung di dunia, kenapa begitu, sebab, amalan-amalan umat islam sangatlah banyak, salah satunya amalan puasa, baik yang wajib atau amalan puasa sunnah.

Kalau seorang muslim melakukan alaman puasa wajib ataupun puasa sunnah, maka Allah Swt sendiri yang akan memberi pahala, tanpa malaikat jibril, kenapa tanpa malaikat, sebab, Allah Swt sangat senang terhadap puasa, oleh karena itu Allah sendiri yang akan memberikan pahala, di samping itu dari besarnya pahala puasa sampai Allah Swt yang memberikan.


Baca Juga: 



Nah, hari jum'at tanggal 08 bulan maret 2019 ini, umat islam mendapatkan bulan yang penuh kemulyaan yakni bulan Rajab, apa itu bulan rajab? 

Bulan Rajab merupakan bulan yang sangat di mulyakan dari kemulyaan itu Allah Swt melarang hambanya untuk berbuat maksiat, dan memerintahakn kepada hambanya untuk memperbanyak amala ibadah, amalan apa yang di maksud disini?

Amalan apapun yang nilainya ibadah karena Allah Swt, seperti puasa, bersedekah, menyantuni anak yatim dan banyak lagi amalan-amalan yang lain.

Agar penjelasannya lebih semakin menarik seperti yang di jelaskan oleh Imam Syafi’i dalam kitab Al Umm (juz I halaman 264, cetakan tahun 1990, Daar al Fikr.


Beliau berkata:


وبلغنا أنه كان يقال: إن الدعاء يستجاب في خمس ليال في ليلة الجمعة وليلة الاضحى وليلة الفطر وأول ليلة من رجب وليلة النصف من شعبان


"Telah sampai kepada kami riwayat bahwa sesungguhnya doa dikabulkan pada lima malam: malam Jum'at, malam Idul adha, amalam Fithri, malam awal bulan Rajab, dan malam Nishfu Sya'ban.”


DO'A MALAM PERTAMA BULAN RAJAB


اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَم رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ هِلاَلَ رُشْدٍ وَخَيْرٍ


"Allahumma ahlilhu 'alayna bil-amni wal-imani was-salamati wal-islami, Robbi wa RobbukAllahu, hilala rusydin wa khoirin]

“Ya Allah, Jadikanlah bulan ini kepada kami dalam kondisi aman dan hati kami penuh dengan keimanan, dan jadikanlah pula bulan ini kepada kami dengan kondisi selamat dan hati kami penuh dengan keislaman. Rabb ku dan Rabb mu Allah. Bulan petunjuk dan bulan kebaikan.” (HR. Turmudzi).


Kitab Dalilul Falihin Syarh Kitab Riyadussolihin


اللهم بارك لنا فى رجب وشعبان وبلغنا رمضان وحصل مقاصدنا برحمتك يا ارحم الراحمين

[Allahumma barik lana fi rojaba wa sya'bana, wa ballighna romadhona wa hashshil maqoshidana, bi rohmatika ya Arhamar Rohimin]

Ya Allah, Berkahkanlah kami di bulan rajab dan sya'ban ini, sampaikanlah kami pada bulan ramadhan, dan hasilkanlah maksud maksud kami, dengan rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Pengasih.

Demikian artikel yang dapat kami bagikan semoga bisa memberikan kemanfaatan kepada kita semua, khususnya kepada kamum muslimin.

Sumber: Facebook
1 Komentar untuk "#Konsultasi Syariah. Penjelasan Seputar Bulan Rajab "Bulan Kemulyaan Umat Islam""

terima kasih atas infonya,artikel ini sangat bermanfaat sekali terutama untuk saya sendiri.

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top