Selasa, 12 Maret 2019

Buku Terjemah Nahwul Qulub Karya Imam Qusyairi

Buku Karya Imam Qusyairi - Diantara sahabat galeri pastinya pernah dengar nama sosok ulama bermdzhab syafi'i, yang dikenal dengan Imam Qusyairi.

Salah seorang ulama ahli tashawuf, yang juga telah menorehkan banyak karya tersebut juga dikenal memiliki banyak gelar kehormatan.

Buku Terjemah Nahwul Qulub Karya Imam Qusyairi

Baca selengkapnya tentang beliau : Koleksi Kitab Karya Imam Qusyairi

Dan pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi informasi tentang salah satu karya Imam Qusyairi yang berjudul Nahwal Qulub yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Buku Terjemah Nahwul Qulub

Nahwul Qulûb adalah suatu cara agar dapat mengucapkan perkataan terpuji berdasarkan hati (al-Qashdu ila hamîd al-Qaul bi al-Qalb). Perkataan terpuji tersebut tidak lain merupakan dialog manusia dengan Allah (al-Haqq) melalui bahasa kalbu. Dengan cara memanggil Allah (al-munâdâh) dan merasakan kehadiran-Nya (al-munâjâh).

Kitab ini membuktikan penulisnya, Imam al-Qusyairi (986―1072 M), sebagai ahli tasawuf yang juga menguasai ilmu nahwu. Beliau telah membimbing para salik agar mengerti hakikat bahasa Tuhan yang penuh makna tersembunyi.

Buku Terjemah Nahwul Qulub Karya Imam Qusyairi

Buku syarat makna ini akan menjauhkan kita dari salah memahami Allah swt. lewat bahasa kalbu. Menjadi dekat dengan Allah, seorang hamba hendaknya menata hatinya, sebagai kunci menemukan hakikat kehadiran Tuhan.
Lumrah disalahpahami oleh para pejalan (salik): berlebihan dalam beribadah dan mengutamakan yang lahir. Sementara ketetapan sufi ada pada kemantapan hati. Melalui puluhan karyanya, Imam al-Qusyairi berhasil memisahkan mana yang haq dan yang batil. Kitab ini salah satu yang penting dipelajari.

Kandungan Buku Nahwul Qulub


  1. Sosok al-Qusyairi memperkuat pandangan bahwa setiap ulama besar seperti dia tidak pernah mengabaikan urgensi disiplin keilmuan bahasa Arab
  2. Nahwu secara bahasa berarti tujuan (al-Qashdu). Setiap manusia memiliki prinsip dan tujuan yang berbeda-beda. Ada sebagian orang yang menjadikan kefasihan lisan sebagai tujuannya mencari ilmu. Ada juga sebagian orang yang menjadikan kesucian hati sebagai tujuan utama.
  3. Setelah tingkatan tamyîz seorang hamba telah sempurna, Allah swt. akan mempersiapkannya untuk memperbaiki keadaan hamba-hamba-Nya yang lain.
  4. Seorang ‘ârif senantiasa menghadap Allah swt. dalam memperbaiki keadaannya dan berusaha menyamarkan dirinya agar tidak dikenal. Sehingga relasinya dengan Allah senantiasa berlangsung dan selalu terjaga karena dia menyembunyikan, menyamarkan, dan menutupinya dari orang lain.
  5. Jazm adalah sifat seorang hamba meninggalkan jalan suluk yang sedang dia lalui. Oleh karena itu, jika seorang hamba selamat dari sikap menilai amalnya sendiri dan sikap meninggalkan jalan al-Haqq, maka derajatnya akan naik di sisi Allah.
  6. jika kamu telah memulai suatu hal yang bersifat ‘ubûdiyyah, maka kesempurnaannya terletak pada fokusmu untuk menjaga apa yang telah kamu mulai.


Deskripsi Buku Nahwul Qulub Karya Imam Qusyairi

Judul Asli : Nahwul Qulub نحو القلوب
Pengarang : Imam al-Qusyairi
Genre : Tasawuf. Bahasa
Judul         : Nahwul Qulub, Pandangan Sufistik Mengenai Tata Bahasa
Penerjemah : Kiai Supirso Pati
Editor : Erik Erfinanto & H. Asmara Edo Kusuma, Lc., M.Ag.
Halaman : 224 Halaman
Ukuran : 14x21 Cm
Cover : Soft Cover
ISBN : 978-623-90042-2-4
Penerbit : Wali Pustaka
Cetakan : Pertama, Februari 2019

Harga : Rp. 57.500

Dapatkan juga : Buku Terjemah Sejarah Imam Syafi'i Karya Imam Ar-Razi

Demikin uraian tentang Buku Terjemahan Nahqul Qulub Karya Imam Qusyairi, apakah anda tertarik memilikinya? beli sekarang juga, dengan cara hubungi kami di Kontak

Adalah Admin dan Kontributor Aktif di Web Galeri Kitab.

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning
EmoticonEmoticon