Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

#Konsultasi Syariah. Fadlilah Paling Utama Membaca 5 Surat Setelah Shalat Fardlu



Sholat merupakan salah satu rukun islam yang ke 2 setelah shahadat, serta shalat termasuk salah satu ibadah yang langsung di peroleh oleh Rasulullah Saw tanpa melalui malaikat.

Oleh karena itu umat islam wajib hukumnya mengerjakan shalat dalam keadaan apapun, kecuali haid, nifas dan hilangnya akal, kalau tidak bisa mengerjakan pada waktunya, maka ada hukumnya di perlakukan seperti shalat qodlo'.

Umat islam di wajibkan shalat itu hanya 5 waktu yakni Dluhur, ashar, maghrib, isya' dan subuh, namun, ada kesunnahan bagi umat islam mengerjakan shalat sunnah, seperti shalat sunnah rawatib dan shalat sunnah yang lain.


Baca Juga: PENJELASAN SEPUTAR BULAN RAJAB 


Setelah mengerjakan shalat seseorang tidak di anjurkan meninggalkan tempat di mana ia shalat, sebab seseorang yang telah melakukan shalat  di anjurkan untuk melakukan wirid.

Wirid termasuk perintah untuk seorang hamba yang beriman seperti yang telah di firmankan oleh Allah Swt di dalam kitabnya  QS. An-Nisa: 103:

Manfaat dzikir itu kembali kepada orang yang mengerjakan dzikir tersebut seperti:

Di ampuni segala dosa-dosanya, mendapat 10 kebaikan, di hapus 1o kesalahan, di angkat 10 derajat dan terahir di jaga dari syaitan dan masih banyak manfaat ketika membaca dzikir yang tidak di ketahui jumlahnya.

Setelah dzikir seseorang juga di anjurkan membaca sesuatu yang telah di tentukan suratnya, serta waktu pelaksanaannya juga ada sebagian yang telah di tentukan, berikut surat yang di baca setelah shalat lima waktu:

Surat Yasin Setelah Shalat Subuh


Banyak di pesantren-pesantren besar setelah menunaikan ibadah shalat subuh, mereka semua serempak membaca surat yasin, apa manfaatnya?,

manfaat ketika istiqomah membaca yasin pada waktu subuh  dianggap membaca al-quran 10x, dapat memberikan syafaat bagi pembaca, serta dimudahkan segala kebutuhannya serta menolak bala. dengan ketika membaca surat yasin.

Surat Arrohman Setelah Shalat Dluhur


Seorang yang istiqomah membaca surat arrohman setelah shalat dluhur niscaya ia Allah Swt  akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya. di samping itu ketika seorang membaca surat Arrohman di waktu dluhur kemudian meninggal, maka ia akan tercatat sebagai orang mati syahid.

Surat Waqi'ah Setelah Shalat Ashar


Sudah bukan rahasia lagi bagi umat islam untuk mengetahui manfaat membaca surat al-waqiah, membaca surat al-waqiah hampir setipa umat islam mengamalkan surat ini, tujuan utamanya untuk mendapatkan ridlo dari Allah Swt, tujuan ibadah dan yang terahir ingin di permudah rejeki.

Surat Yasin Setelah Shalat Maghrib


Waktu shalat maghrib memang sebentar, namun, jangan salah di samping waktunya sebentar, waktu seteah shalat ,maghrib banyak manfaatnya Meningkatkan keberkahan hidup, Mendekatkan diri pada Sang Pencipta dapat memberikan syafaat bagi pembaca, serta dimudahkan segala kebutuhannya serta menolak bala ketika membaca surat yasin.

Surat Al-Mulk Setelah Shalat Isya'


Surat al-mulk termasuk salah satu surat yang banyak manfaatnya ketika di baca, namun, di pesantren-pesantren besar surat al-mulk ini di baca rutin setiap shalat isya.

Apa manfaat membaca surat al-mulk?, Di permudah keluarnya ruh, menjadikan hidup makmur dan tenang, menjadi benteng agar tidak terjerumus ke dalam kemaksiatan,

Di Dalam hadits yang di riwayatkan oleh Imam At-thirmidzi menyebutkan bahwa" Rasulullah Swt tidak pernah tidur malam, kecuali membaca surat Alif Lammim dan surat al-mulk".


Baca Juga:

DAHSYAT. MEMBACA SHALAWAT KEPADA RASULULLAH SAW 
4 GOLONGAN MANUSIA MENURUT SYEIKH ABDUL QODIR AL JILANI


Nah, bagi umat islam setelah membaca keutamaan surat di setiap shalat fardlu banyak mengandung keutamaan dan kemanfaatan, maka dari itu mari kita semua berlomba mengamalkan surat ini ketika selesai shalat fardlu.

Semoga artikel ini memberi kemanfaatan untuk umat islam khususnya. aminn











0 Komentar untuk "#Konsultasi Syariah. Fadlilah Paling Utama Membaca 5 Surat Setelah Shalat Fardlu"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top