Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

Subhanallah. Ada 3 Tempat Di Akhirat. Berikut Penjelasannya

 3 Tempat  Di Akhirat. Berikut Penjelasannya
Al-A'rof


Sejak kita masa kanak-kanak, kita sering mendengarkan penjelasannya guru, bahwa di akhirat itu tempatnya hanya ada 2, kalau tidak di neraka, pastinya ada di surga.

Dan penjelasannya itu tetap sama, meskipun berbeda guru dan itu pasti, nah, itu tidak perlu kita salahkan karna memang kulitas masing-masing manusia sudah di tentukan kapasitasnya.

Di dalam al-qur'an terdapat surat yang bernama al-a'rof, dan ternyata nama surat itu termasuk salah satu di antara tempat di akhirat nanti, setelah surga, neraka dan tempat al- a'rof.


Seperti yang di sebutkan di dalam firmannya Allah yang artinya:


"Dan di antara keduanya (penghuni surga dan neraka) ada batas; dan di antara batas tu bernama A'raaf itu ada orang-orang yang mengenal masing-masing dari dua golongan itu dengan tanda-tanda mereka. Dan mereka menyeru penduduk surga: "Salaamun 'alaikum". Mereka belum lagi memasukinya, sedang mereka ingin segera (memasukinya).


Baca Juga:

Makam Ahli Hadist Al-Hafidz Ibnu Hajar
Game PUBG Di Haramkan Majlis Ulama Indonesia
Bacaan Talqin Mayit Singkat, Lengkap 


Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu".

Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu".

Dan orang-orang yang di atas A'raaf memanggil beberapa orang (pemuka-pemuka orang kafir) yang mereka mengenalnya dengan tanda-tandanya dengan mengatakan: "Harta yang kamu kumpulkan dan apa yang selalu kamu sombongkan itu, tidaklah memberi manfaat kepadamu".

(Orang-orang di atas A'raaf bertanya kepada penghuni neraka): "Itukah orang-orang yang kamu telah bersumpah bahwa mereka tidak akan mendapat rahmat Allah?". (Kepada orang mukmin itu dikatakan): "Masuklah ke dalam surga, tidak ada kekhawatiran terhadapmu dan tidak (pula) kamu bersedih hati". (Al-'A`rāf: 46-49)

Para ulama ahli tafsir berbeda pendapat tentang A'rof ini. Menurut sebagian ulama ada yang berbentuk gunung. Menurut yang lain adalah berupa gapura.

Siapa yang menempati A'rof ini? Al-Hafidz Ibnu Katsir berkata:


ﻭاﺧﺘﻠﻔﺖ ﻋﺒﺎﺭاﺕ اﻟﻤﻔﺴﺮﻳﻦ ﻓﻲ ﺃﺻﺤﺎﺏ اﻷﻋﺮاﻑ ﻣﻦ ﻫﻢ؟ ﻭﻛﻠﻬﺎ ﻗﺮﻳﺒﺔ ﺗﺮﺟﻊ ﺇﻟﻰ ﻣﻌﻨﻰ ﻭاﺣﺪ ﻭﻫﻮ ﺃﻧﻬﻢ ﻗﻮﻡ اﺳﺘﻮﺕ ﺣﺴﻨﺎﺗﻬﻢ ﻭﺳﻴﺌﺎﺗﻬﻢ، ﻧﺺ ﻋﻠﻴﻪ ﺣﺬﻳﻔﺔ ﻭاﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﻭاﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﻭﻏﻴﺮ ﻭاﺣﺪ ﻣﻦ اﻟﺴﻠﻒ ﻭاﻟﺨﻠﻒ ﺭﺣﻤﻬﻢ اﻟﻠﻪ


Para ulama ahli tafsir berbeda pendapat tentang siapa penghuni A'rof ini? Keseluruhan pendapat hampir sama, yaitu orang yang sama antara pahala dan dosanya. Hal ini dijelaskan oleh Sahabat Hudzaifah, Ibnu Abbas, Ibnu Mas'ud dan banyak ulama Salaf dan Khalaf. Semoga Allah merahmati mereka.

Menurut sebagian riwayat, pada akhirnya penghuni A'rof ini akan masuk surga setelah semua makhluk telah rampung berada di tempat masing-masing, surga atau neraka.

Setelah kita membaca artikel di atas ini, maka akan ada kesimpulannya yakni, tempat yang bernama al-a'rof tersebut adalah tempat di antara neraka dan surga, ia tidak berada di neraka juga tidak berada di surga, siapa mereka yang akan tinggal di tempat ini.

Ada yang mengatakan anak kecil yang meninggal sebelum usia baligh dan ada juga yang mengatakan umat islam yang timbangan amal baik dan buruknya sama. Hanya Allah yang lebih tahu..

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan semoga bisa memberi kemanfaatan bagi umat islam. amin

Sumber: Facebook

Tag : Info Islam
0 Komentar untuk "Subhanallah. Ada 3 Tempat Di Akhirat. Berikut Penjelasannya"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top