Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Khutbah Jumat Bulan Puasa, Memahami Hakikat Ibadah Puasa

Teks Khutbah Jumat Singkat - Bulan puasa merupakan bulan yang suci, penuh rahmat dan ampunan, serta segala ibadah yang dilakukan di dalamnya memiliki nilai dan pahala yang lebih besar dibandingkan dengan pada bulan-bulan lainnya.

Contoh Khutbah Jumat Bulan Puasa, Memahami Hakikat Ibadah Puasa

Namun, tidak banyak masyarakat yang mampu menangkap hakikat puasa itu sendiri. Akibatnya, banyak diantara mereka yang justru semakin malas beribadah, beraktifitas saat bulan puasa. Padahal. aktifitas dan pekerjaan kita saat bulan puasa justru memiliki nilai lebih.

Memang, banyak orang berfikir sebaiknya pebanyak tidur dan istirahat saat menjalankan puasa, mengingat asupan energi yang berkurang.

Padahal tidak demikian, Puasa sejatinya dapat melatih jiwa, hati dan jasmani untuk lebih fokus dalam beraktifitas.

Meski perut terasa lapar, terkadang diakibatkan karena belum terbiasa, dan bila sudah terbiasa maka seluruh tubuh akan beraktifitas normal dan baik-baik saja.

Selain berfungsi untuk melatioh jasmani, puasa juga memiliki nilai latihan mental dan rohani, oleh sebab itu orang yang berpuasa diharapkan dalam memiliki rasa empati pada orang lain, dan muncul rasa kasihan pada orang-orang miskin.

Dia akan merasakan bagaimana rasanya menahan lapar sepanjang hari, dan bagaimana orang miskin yang senantiasa menahan lapar sepanjang waktu.

Oleh sebab itu, saat bulan puasa datang, kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak sedekah kepada orang yang membutuhkan, termasuk juga diwajibkannya zakat fitrah.

Baca Juga : 

Dan pada kesempatan kali ini, perlu kiranya kami berbagi materi khutbah jumat singkat yang bisa digunakan pada saat bulan puasa.

Teks Khutbah Jumat Tentang Hakikat Puasa

Perlu kiranya masyarakat diberi pemahaman tentang esensi ibadah puasa, supaya mereka bisa lebih semangat menjalankan ibadah yang juga rukun ketiga dalam Islam ini.

Para muballigh, tokoh agama memiliki kesempatan yang tepat untuk menyampaikan materi tersebut, baik saat khutbah jum'at atau saat kultum yang biasa dilaksanakan pasca shalat tarawih maupun shalat subuh.

Dan bagi anda yang membutuhkan materi ini, berikut ini kami bagikan teks khutbah jumat secara gratis yang bisa anda modifikasi sesuai kebutuhan. 
BACA ONLINE?:
Atau anda bisa download DISINI

Semoga informasi tentang contoh khutbah jumat ini bermanfaat. Amin

1 komentar untuk "Contoh Khutbah Jumat Bulan Puasa, Memahami Hakikat Ibadah Puasa"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini