Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Mantiq Karya Syaikh Ibrahim al-Bajuri

Dalam Ilmu Manthiq ada banyak sekali pembahasan utama yang dibahas, antara lain tentang Dilalah, kata dan kalimat, definisi, susunan silogisme, hujjah dan lain sebagainya.

Kitab Mantiq Karya Syaikh Ibrahim al-Bajuri

Pembahasan yang dimuat tersebut, pada hakikatnya bertujuan agar dapat memperbaiki cara berfikir seseorang dan menjaganya dari kesalahan.

Wajar, para ulama berbeda pendapat tentang hukum mempelajari Ilmu Manthiq itu sendiri, sebab pada nyatanya, ada Manthiq yang tercampur dengan pembahasan filsafat ketuhanan dan ada yang murni membahas hakikat sebuah kata.

Namun, pendapat mayoritas dan yang terkuat menegaskan, Ilmu Mantiq secara umum boleh-boleh saja dipelajari, terutama bagi seseorang yang memang sudah memiliki bekal akidah yang cukup.

Kitab Syarah Ilmu Manthiq, Karya Ibrahim al-Bajuri

Dikalangan pesantren sendiri, banyak sekali karya ulama yang kerap dijadikan bahan pengajaran Manthiq, dan yang paling terkenal adalah Assullam al-Munawraq.

Sullam Munawraq sendiri terdiri dari susunan syair, yang disusun oleh Syaikh Abdurrahman al-Ahdhari, dan telah mendapat banyak apresiasi dari para ulama lainnya.

Terbukti, tidak sedikit ulama yang mensyarah Nadzam-an susunannya tersebut, salah satunya adalah Syaikh Ibrahim al-Bajuri.
Berikut ini kami akan bagikan sebuah karya yang menjelaskan secara lebar dan luas tentang kandungan Ilmu Manthiq Sullam Munawraq.

Kitab ini merupakan syarah [penjelasan lebih luas], yang disusun oleh ulama yang juga menyusun kitab Hasyiyah Bajuri, yakni Syaikh Ibrahim al-Bajuri.

Nama Kitab : Hasyiyah Bajuri Ala Matan Sullam Munarwaq
Penulis : Syaikh Ibrahim al-Bajuri
Percetakan : Darussalam - Kairo - Mesir
Tahun : 2011
Cetakan : Pertama
Halaman : 230
File : PDF
Ukuran : 11 MB
Rujukan : Maktabana
Sumber : Pustaka Online
BACA ONLINE?:
Atau silahkan download DISINI

Posting Komentar untuk "Download Kitab Mantiq Karya Syaikh Ibrahim al-Bajuri"

close
Banner iklan disini