Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

Kumpulan Refrensi Kitab Studi Hadits Paling Terkenal

Studi Hadith, berbicara tentang studi hadith tentu tidak asing khususnya bagi para santri yang belajar di lembaga-lembaga Islam, atau para mahasiswa dan dosen yang berkecimpung di perguruan tinggi Islam.

Kumpulan Refrensi Kitab Studi Hadits Paling Terkenal

Sebab, Hadith yang banyak didefinisikan sebagai "perketaan, perbuatan dan persetujuan Rasulullah saw" ini mendapat banyak perhatian untuk dipelajari.

Hadith sendiri [baca: Sunnah], dalam istinbath hukum menempati posisi nomor dua setelah al-Quran, sehingga posisinya bisa sebagai penguat dari al-Quran, atau penjelas bahkan juga sebagai pencetus hukum secara mandiri.

Kajian tentang Hadith, tidak hanya terbatas pada konten atau isi, seperti definisi hadith, pembagiannya berdasarkan kategori kualitas dan kuantitas rowi, bahkan juga pada sejarah serta kritik konten hadith itu sendiri.

Memang secara umum, meninjau kuantitas periwayat hadith, terbagi menjadi hadith Mutawatir dan Ahad. Sementara jika ditinjau dari sisi Kualitas perwai itu sendiri, hadith terbagi menjadi tiga, yakni Shahoih, Hasan dan Dhaif.

Disisi lain, memang tidak mudah untuk mendapatkan rujukan yang tepat dalam mempelajari hadith dari berbagai sisi, sehingga para peneliti dan pengkaji Islam banyak yang membutuhkan refrensi outentik sebagai bahan pembelajaran.

Kitab Rujukan Studi Ilmu Hadith

Dalam dunia akademik, kajian keilmuan tidak terlepas dari sumber dan rujukan, tidak terkecuali dalam bidang Ilmu Hadith ini.

Biasanya para dosen sedini mungkin untuk mrngumpulkan ragam literasi sebagai sumber primer dan sekunder untuk bahan ajar.

Sesuai dengan judul diatas, kali ini kami akan berbagi sejumlah kitab yang biasa digunakan sebagai sumber referensi studi hadith.

1. Mabahits Fi Ulum al-Hadits, Karya Manna' Qaththan
2. Irsyad Thullab Haqaiq Fi Ma'rifati Sunan Khoiril Kholaiq, Karya Imam Nawawi
3. Taqrib wa Taisir, Karya Imam Nawawi
4. Ulum Hadith, Karya Imam Ibnu Sholah
5. Taisir Mushthalah Hadith, Karya Mahmud Thohan
6. Taisir Ulum Hadits Lil Mubtadi'in, Karya 'Amr bin Abdul Mun'im
7. al-Mabadi' al-Asasiyah Fi Ulum al-Hadits, Karya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki
8. Ushul Takhrij Wa Dirasat Asanid al-Muyassarah, Karya Dr. Imad Ali Jum'ah
9. Manhaju al-Naqdi Fi Ulum al-Hadits, Karya Dr Nuruddin 'Itr
10. Manhalul Lathif, Karya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki
11. Nadzam Baiquni

Untuk terjemahan Ilmu Hadits,  anda juga bisa gunakan beberapa buku berikut ini, antara lain Terjemah Ilmu Hadits, Karya Mahmud Thohan.

Tentu saja masih banyak sekali koleksi buku dan kitab sebagai rujukan dalam mempelajari Ilmu Hadits, setidaknya harapan kami buku dan kitab diatas dapat membantu anda. semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Kumpulan Refrensi Kitab Studi Hadits Paling Terkenal"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top